Sukses


Juventus Vs Real Madrid: Siapa yang Unggul soal Statistik?

Bola.com — Juventus dan Real Madrid akan saling berhadapan pada pertandingan final Liga Champions 2016-2017, di Stadion Millenium Cardiff, Wales, Sabtu atau Minggu (4/6/2017) dini hari WIB. Kedua klub dianggap memiliki peluang sama kuat untuk menjadi kampiun, mengacu terhadap statistik.

Akan tetapi, siapa yang lebih baik di antara kedua klub tersebut? Saat ini, Real madrid dianggap sebagai salah satu klub dengan barisan depan terbaik di Eropa, sementara Juventus telah membuktikan memiliki pertahanan tangguh yang sulit ditembus klub-klub lawan.

Real Madrid melangkah ke partai puncak setelah mengalahkan Atletico Madrid pada semifinal, sedangkan Juventus menyingkirkan AS Monaco. Bagi Real Madrid, ini adalah kesempatan mereka mencatat sejarah sebagai klub pertama yang mampu mempertahankan gelar.

Meski kedua klub memiliki ambisi besar, hasil laga tentunya akan bergantung terhadap performa para pemain di dalam lapangan. Setidaknya ada lima statistik kunci. Siapa yang unggul? Berikut ini adalah penjelasannya seperti dirangkum dari Marca dan UEFA, Kamis (1/6/2017):

Gol

Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Celta Vigo pada lanjutan La Liga di Balaidos stadium, Vigo, Rabu (17/5/2017). Madrid menang 4-1. (AP/Lalo R. Villar)

Pada Liga Champions 2016-2017, tidak ada pemain yang melepaskan tendangan ke arah gawang lebih banyak dari Cristiano Ronaldo dan Gonzalo Higuain. Kedua pemain tersebut tercatat melepaskan total 79 tembakan, baik yang tepat mengarah ke gawang atau tidak.

Dari 12 pertandingan, Cristiano Ronaldo melepaskan 25 tembakan akurat dan 24 tendangan melenceng. Sementara itu, 17 percobaan bintang asal Portugal tersebut dapat ditepis kiper lawan.

Gonzalo Higuain lebih sedikit melakoni pertandingan ketimbang lawannya di Real Madrid. Dari 11 laga, penyerang asal Argentina tersebut melepaskan 17 tendangan akurat dan 10 tembakan yang tidak menemui sasaran. Sementara itu, delapan tendangannya juga tercatat berhasil ditepis kiper lawan.

Statistik: Cristiano Ronaldo 10 - Gonzalo Higuain 5

2 dari 3 halaman

Umpan Silang

Umpan silang menjadi salah satu hal fundamental kedua klub saat menyerang. Menariknya, dua pemain kunci kedua klub, yakni Dani Alves dan Toni Kroos memiliki statistik sama. Sementara Dani Alves tercatat melepaskan 25 kali umpan silang, demikian halnya dengan Toni Kroos.

Akan tetapi, bagaimana dengan akurasi umpan silang kedua pemain tersebut? Dalam hal ini, Dani Alves lebih unggul karena menorehkan tatistik tersebut hanya dari 52 percobaan, sedangkan Toni Kroos membutuhkan 59 kali upaya.

Statistik: Dani Alves 25 - Toni Kroos 25

Dilanggar

Striker Juventus Paulo Dybala (Alessandro Di Marco/ANSA via AP)

Setiap klub tentunya akan memperhatikan pergerakan Cristiano Ronaldo jika menghadapi Real Madrid. Namun, statistik mencatat, pemain yang paling sering dilanggar di dalam lapangan adalah bintang Juventus, Paulo Dybala.

Paulo Dybala tercatat telah 28 kali menjadi objek pelanggaran pemain lawan. Sementara itu, Crstiano Ronaldo, bersama Casemiro, masing-masing telah dilanggar sebanyak 25 kali.

Statistik: Paulo Dybala 28 - Cristiano Ronaldo dan Casemiro 25

3 dari 3 halaman

Pelanggaran

Bicara soal pelanggaran, pemain Juventus, Dani Alves menjadi pemain yang paling sering melakukan hal tersebut sepanjang Liga Champions 2016-2017. Pemain asal Brasil itu tercatat telah 20 kali melakukan pelanggaran kepada para pemain lawan.

Sementara itu, Casemiro menjadi pemain Real Madrid yang paling sering melakukan pelangggaran dengan 16 kali Jumlah itu sama dengan yang dicatatkan bek Juventus, Giorgio Chiellini.

Statistik: Dani Alves 20 - Casemiro 16

Daya jelajah

 Cristiano Ronaldo (CR7) memborong tiga gol pada laga leg pertama semifinal Liga Champions melawan Atletico Madrid di Santiago Bernabeu, Rabu (3/5). CR7 berharap fans Madrid tak lagi mencemoohnya dengan siulan. (AFP Photo)

Bomber Real Madrid, Cristiano Ronaldo tercatat sebagai pemain dengan daya jelajah tertinggi, yakni 114.627 meter, sementara dalam kubu Juventus, Miralem Pjanic (106.774 meter).

Statistik: Miralem Pjanic 106,744 m - Cristiano Ronaldo 114,627 m

Sumber: Marca, UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer