Sukses


Gagal Juara, Juventus Masih Bisa Tersenyum kepada Real Madrid

Bola.com, Turin - Juventus, diberitakan Football Italia, Minggu (4/6/2017), meraup keuntungan 109 juta euro (Rp 1,63 triliun) selama berkiprah di Liga Champions 2016-2017. Jumlah itu mengungguli pendapatan sang juara, Real Madrid.

Juventus takluk 1-4 dari Real Madrid pada laga final Liga Champions, di Stadion Millennium, Cardiff, 3 Juni 2017. Andai Si Nyonya Besar menang pada pertandingan tersebut, mereka bakal mendapat hadiah uang sebesar 113 juta euro (Rp 1,68 miliar).

Meski demikian, hasil negatif itu sejatinya tidak membuat Juventus mengalami kerugian dari sisi finansial. Mereka justru dikabarkan mengungguli pendapatan setiap kontestan yang berlaga di Liga Champions musim lalu. 

Juventus pun menjadi klub pertama yang memecahkan rekor pemasukan tertinggi sepanjang sejarah Liga Champions. Sang jawara, yakni Real Madrid, bahkan hanya mendapat keuntungan 80,9 juta euro (Rp 1,21 triliun). 

Jumlah uang yang didapat Juventus itu berasal dari UEFA, sponsor, hak siar TV, dan penjualan tiket. Seluruh faktor pendapatan tersebut, dalam dunia marketing, dikenal dengan istilah market pool.

Selain itu, pendapatan mereka mengalami kenaikan signifikan karena hanya Napoli satu-satunya wakil Italia yang menemani Juventus di Liga Champios 2016-2017.

Apalagi, langkah Napoli terhenti dari Real Madrid pada 16 besar. Secara matematis, market pool yang diperuntukkan untuk wakil Italia beralih kepada Juventus.

Sumber: Football Italia

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer