Sukses


10 Jersey Anyar Klub-klub Eropa: Juventus, Barcelona, hingga MU

Bola.com — Beberapa klub raksasa Eropa mulai mempersiapkan musim 2017-2018, termasuk dengan merilis jersey-jersey anyar yang bakal mereka kenakan pada musim depan. Juventus, Barcelona, Bayern Munchen, Manchester United, hingga Paris Saint-Germain, telah melakukan hal tersebut.

Sebenarnya, sejak akhir Mei, beberapa media Inggris telah "membocorkan" desain jersey yang bakal dikenakan klub-klub besar Eropa. Namun, saat itu, status jersey tersebut masih bersifat tentatif lantaran klub-klub yang bersangkutan belum mengumumkan secara resmi.

Juventus menjadi klub terakhir yang mengumumkan jersey baru mereka ke publik. Skuat asuhan Massimiliano Allegri mengumumkan hal tersebut tak lama setelah mengalami kegagalan di ajang Liga Champions karena kalah 1-4 dari Real Madrid, pada partai final.

Lantas, seperti apa penampakan desain jersey beberapa klub besar Eropa yang bakal dikenakan pada musim depan. Berikut ini adalah penjelasannya, seperti dilansir Bola.com dari berbagai sumber, termasuk Sky Sports, Mirror, hingga Daily Mail:

1. Juventus

Juventus resmikan seragam kandang baru untuk musim 2017-18. (doc. Juventus)

Perubahan desain dalam jersey kandang anyar Juventus terlihat mencolok lantaran logo baru yang akan mereka kenakan pada musim depan. Secara umum, jersey, yang diproduksi perusahaan perlengkapan olahraga asal Jerman, Adidas, masih didominasi warna hitam-putih.

Selain itu, perubahan juga terdapat pada bagian kerah jersey. Setelah pada musim lalu menggunakan desain kerah kaos, kini para pemain Juventus akan mengenakan jersey dengan kerah berkancing. 

2 dari 5 halaman

Barcelona dan Bayern Munchen

2. Barcelona

Jersey Barcelona pada musim depan akan terlihat berbeda lantaran pergantian sponsor, Qatar Airways ke Rakuten, salah satu perusahaan asal Jepang. Sementara itu, desain strip pun akan sedikit berbeda dengan musim-musim sebelumnya.

Nike, selaku sponsor pembuat jersey Barcelona, mengatakan, perubahan desain strip tersebut merupakan interpretasi dari sejarah jersey yang pernah dikenakan Barcelona. Beberapa bintang Barca pun mengaku senang dengan perubahan dalam jersey mereka.

"Ini terlihat dan terasa seperti seragam olahraga yang modern," ujar penyerang Barcelona, Neymar, seperti dilansir Sky Sports.

3. Bayern Munchen

Jersey anyar Bayern Munchen musim 2017-2018. (Sky Sports).

Jersey kandang anyar Bayern Munchen masih diproduksi Adidas. Perbedaan dengan musim lalu adalah strip pada bagian utama jersey, yang terinspirasi dari desain seragam Bayern Munchen era Franz Beckenbauer dan Gerard Muller pada 1970-an.

Selain itu, Adidas juga memasukkan moto Bayern Munchen, "Mia San Mia" (Kami tahu dari mana kami berasal, siapa kami, dan apa tujuan kami) pada bagian kerah dalam jersey. 

3 dari 5 halaman

Manchester United dan Inter Milan

4. Manchester United

Manchester United baru merilis jersey tandang yang akan Juan Mata dan kawan-kawan kenakan pada musim depan. Jersey tandang Setan Merah masih didominasi warna hitam dan putih, seperti musim-musim sebelumnya.

Pada bagian dasar jersey, Adidas menggunakan corak khusus yang terinspirasi dari strip jersey Manchester United pada awal 1990-an. Menurut Sky Sports, jersey ini akan dikenakan para pemain Manchester United saat melakoni tur pra musim.

5. Inter Milan

Jersey kandang anyar Inter Milan musim 2017-2018. (Syk Sports).

Inter Milan masih setia dengan warna kebesaran mereka, yakni hitam-biru pada musim 2017-2018. Perbedaan mencolok kini terdapat pada bagian strip, yang diberitakan Sky Sports, terinspirasi dari desain arsitektur kota Milan.

Pada bagian lengan didominasi warna hitam. Sementara itu, pada bagian dalam leher belakang, Nike pun memasukkan slogan "Nerazzurri", sementara pada bagian kaos kaki terdapat tulisan "Inter".

4 dari 5 halaman

PSG dan Liverpool

6. Paris Saint-Germain

Edinson Cavani menjadi model utama saat Paris Saint-Germain merilis jersey kandang untuk musim 2017-2018. Secara umum, tidak ada perubahan mencolok dari jersey anyar PSG dengan jersey-jersey yang mereka kenakan pada musim lalu.

Hanya saja, kali ini, Nike, selalu sponsor utama, mengubah strip merah pada bagian tengah jersey menjadi lebih kecil. Selain itu, perusahaan perlengkapan olahraga asal Amerika Serikat tersebut juga menuliskan "Paris" pada bagian kaos kaki.

7. Liverpool

Liverpool merilis seragam untuk memeriahkan HUT ke-125. (Liverpool).

Liverpool bisa dibilang menjadi salah satu klub yang paling cepat merilis jersey kandang anyar musim 2017-2018. Skuat asuhan Jurgen Klopp melakukan hal tersebut bertepatan hari jadi ke-125 pada April lalu.

Nuansa klasik pun terasa dalam jersey yang akan dikenakan Philippe Coutinho dan kawan-kawan. Pada bagian logo klub, misalnya, yang terdapat tambahan keterangan tahun "1892" dan "2017", serta keterangan "125 Years".

Secara umum, New Balance, yang menjadi sponsor utama, terinspirasi terhadap jersey bersejarah Liverpool saat berhasil memenangi Piala Eropa (sekarang Liga Champions) di Roma, Italia, pada 1984.

5 dari 5 halaman

AC Milan, Dortmund, AS Roma

8. AC Milan

AC Milan merilis jersey anyar yang terinspirasi dari kesuksesan mereka pada era 1950 hingga 1990-an. Tidak ada perubahan mencolok dalam desain utama jersey yang akan Jose Sosa dan kawan-kawan kenakan pada musim depan karena masih didominasi warna merah dan hitam.

Para pemain AC Milan telah mengenakan jersey kandang anyar ini pada pertandingan terakhir Serie A 2016-2017 melawan Bologna, di San Siro, 21 Mei lalu. Skuat asuhan Vincenzo Montella menang tiga gol tanpa balas dalam laga tersebut.

9. Borussia Dortmund

Jersey anyar Borussia Dortmund untuk musim 2017-2018. (Sky Sports).

Borussia Dortmund tetap mengunakan warna klasik, kuning, pada musim 2017-2018. Puma, yang menjadi sponsor seragam mereka, mengubah strip hitam pada bagian utama jersey, yang kini didesain dengan teknik gradasi.

Selain itu, Puma juga meletakan logo mereka pada bagian depan dan dua sisi lengan. Sementara itu, perusahaan perlengkapan olahraga asal Jerman tersebut mendesain kerah dengan bentuk V-Neck.

10. AS Roma

Jersey kandang anyar AS Roma untuk musim 2017-2018 tetap didesain dengan warna tradisional, merah marun. Secara umum, tidak ada perubahan mencolok mengenai desain jersey yang diproduksi Nike tersebut.

Pada bagian kerah, Nike tetap memberikan corak strip oranye. Sementara itu, pada bagian dalam leher jersey terdapat slogan, "We are Roma".

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini 

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Sepakbola

  • Trivia Dunia

Video Populer

Foto Populer