Sukses


Profil Tim Piala Konfederasi 2017: Rusia

Bola.com - Rusia akan tampil pada ajang Piala Konfederasi untuk kali pertama pada edisi 2017. Hal itu mereka dapatkan secara langsung karena menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

Timnas Rusia tidak ingin tampil memalukan karena bermain di hadapan pendukung sendiri. Skuat asuhan Stanislav Cherchesov mencanangkan target minimal mampu lolos dari fase grup.

Meski begitu, tugas tersebut tak mudah dilakukan. Sebab, Rusia bergabung dengan Portugal dan Meksiko di Grup A. Kedua negara itu memiliki skuat yang lebih mumpuni dibandingkan tim tuan rumah.

Pada ajang Piala Konfederasi 2017, skuat Rusia didominasi pemain-pemain yang sudah berumur. Terlebih, mereka tidak dapat diperkuat Alan Dzagoev dan Aleksandr Kokorin. Kedua pemain itu mengalami cedera saat tengah bersiap memperkuat timnas Rusia.

Padahal, Piala Konfederasi yang digelar di kandang sendiri menjadi kesempatan Rusia untuk kembali berprestasi. Terakhir kali Rusia menjadi juara pada Piala Eropa 1960 saat masih bernama Uni Soviet.

Rusia bakal mengandalkan pengalaman kiper Igor Akinfeev. Akinfeev disebut-sebut sebagai kiper terbaik Rusia sejak era Lev Yashin. Pemain CSKA Moskow itu telah memperkuat timnas Rusia sejak masih berusia 18 tahun.

Sebagai pemain paling berpengalaman di skuat Rusia saat ini, Akinfeev diharapka mampu memimpin rekan-rekannya. Sang kiper juga berambisi membawa negaranya berprestasi pada Piala Konfederasi 2017.

Akinfeev memiliki modal apik jelang Piala Konfederasi 2017. Sang kiper berhasil membuat CSKA Moskow menjadi kesebelasan dengan pertahanan terbaik di Liga Rusia setelah hanya kemasukan 15 gol. Namun, Akinfeev gagal membawa klubnya juara karena mengakhiri musim di posisi kedua.

2 dari 3 halaman

Profil singkat Stanislav Cherchesov

Setelah pagelaran Piala Eropa 2016 berakhir, Federasi Sepak Bola Rusia (RFS) memutuskan tidak menambah kontrak Leonard Slutsky. Sebagai penggantinya, petinggi RFS menunjuk Stanislav Cherchesov yang diberi kontrak dua tahun.

Cherchesov dibebani target tinggi oleh RFS saat ditunjuk menjadi pelatih Rusia. Berdasarkan kabar yang beredar di Rusia, sang pelatih dituntut memimpin negaranya lolos hingga semifinal Piala Dunia 2018.

Target itu terasa berat bagi Cherchesov yang tidak memiliki rekam jejak kepelatihan mentereng. Pria 53 tahun itu kebanyakan mengasuh klub-klub semenjana macam Wacker Tirol, Terek Grozny, dan Amkar Perm. Prestasi terbaiknya hanya membawa Legia Warsawa memenangi Liga dan Piala Polandia 2015-2016.

Oleh sebab itu, ajang Piala Konfederasi 2017 dapat menjadi pembuktian bagi kualitas Cherchesov. Jika gagal berprestasi, bukan tak mungkin dia kehilangan pekerjaan sebagai pelatih timnas Rusia.

3 dari 3 halaman

Skuat Rusia

Berikut ini adalah skuat Rusia di Piala Konfederasi 2017:

Kiper: Igor Akinfeef, Vladimir Gabulov, Guilherme Marinato.

Bek: Igor Smoinikov, Roman Shishkin, Viktor Vasin, Georgi Dzhikiya, Fyodor Kudryashov, Ilya Kutepov, Yuri Zhirkov, Dmitri Kombarov.

Gelandang: Yury Gazinsky, Denis Glushakov, Ruslan Kambolov, Aleksei Miranchuk, Aleksandr Golovin, Aleksandr Samedov, Aleksandr Yerokhin, Dmitri Tarasov.

Penyerang: Dmitri Poloz, Fyodor Smolov, Aleksandr Bukharov, Maksim Kanunnikov.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer