Sukses


5 Bintang yang Hilang dalam Nomine Ballon d'Or 2017

Bola.com — France Football, Selasa (10/10/2017), mengumumkan 30 pemain yang menjadi nomine peraih Ballon d'Or 2017. Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar, hingga Antoine Griezmann mengisi daftar tersebut. 

Namun, ternyata ada beberapa bintang yang sempat menghiasi nomine penghargaan tersebut "hilang". Bintang Real Madrid, Gareth Bale, misalnya, yang tidak berkesempatan membuktikan diri kepada dunia sebagai peraih Ballon d'Or. 

Sejatinya, anggapan pencapaian tertinggi pemain sepak bola profesional adalah ketika mampu memenangi gelar bergengsi bersama klub yang dibelanya adalah hal lumrah. Akan tetapi, terdapat pula penghargaan di level individu untuk mengapresiasi pencapaian pemain tersebut.

Satu di antara penghargaan individu yang paling bergengsi adalah Ballon d'Or. Penghargaan tersebut digagas oleh penulis majalah France Football, Gabriel Hanot, yang meminta wartawan memilih pemain terbaik Eropa pada tahun 1956.

Awalnya, kandidat peraih Ballon d'Or hanyalah pemain yang berasal dari Eropa. Akan tetapi, peraturan tersebut dihapus pada tahun 1995 sehingga pemain non-Eropa memiliki kesempatan untuk memenangi trofi. 

Cristiano Ronaldo berpose depan empat trofi Ballon d'Or miliknya  (AP Photo/Francisco Seco)

Penggawa Blackpool, Stanley Matthews menjadi pemain pertama yang memenangi gelar tersebut. Adapun Lionel Messi menjadi pemegang rekor pemain terbanyak yang memenangi Ballon d'Or dengan torehan lima piala.

Berikut ini lima pemain yang sebenarnya layak, tetapi tidak masuk ke dalam daftar kandidat peraih Ballon d'Or 2017 seperti dilansir Marca (10/10/2017).

Gareth Bale - Real Madrid

Pemain Real Madrid, Gareth Bale melakukan tendangan ke gawang Borussia Dortmund dalam lanjutan Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (27/9). Satu gol Bale mewarnai kemenangan Real Madrid 3-1. (AP/Michael Probst)

Gareth Bale dianggap masih menjadi satu di antara pemain sayap terbaik di Eropa. Bermain di Real Madrid, gelandang timnas Wales tersebut mencatatkan sembilan gol dan lima assist selama musim 2016-2017. Sang pemain juga berhasil memenangi La Liga dan Liga Champions selama musim kemarin.

Akan tetapi, eks Tottenham Hotspur tersebut gagal menampilkan permainan terbaik selama awal musim 2017-2018 akibat diterpa cedera. Faktor tersebut ditenggarai menjadi satu di antara penyebab tidak masuknya nama Bale menjadi kandidat pemain terbaik Ballon d'Or 2017

2 dari 3 halaman

Manuel Neuer - Bayern Munchen

Manuel Neuer selalu menjadi nomine sejak tahun 2012. Bahkan, sang pemain menempati posisi ketiga pada Ballon d'Or 2014 dengan meraih total 15,72 persen suara.

Situasi pelik datang ketika ia mengalami masalah kaki dan cedera metatarsal sejak awal April 2017. Pemain bertinggi badan 193 cm tersebut membukukan 20 clean sheet dari 40 laga bersama Die Roten di berbagai ajang.

Paul Pogba - Manchester United

Dua gol Paul Pogba ke gawang Swansea dan West Ham menempatkan dirinya dalam persaingan menjadi top scorer Premier League 2017/2018.  (Nick Potts/ PA via AP)

Musim 2016-2017 tidak bisa dikatakan buruk bagi Paul Pogba. Digaet dari Juventus dengan mahar 105 juta euro atau Rp 1,67 triliun, pemain timnas Prancis tersebut mengantarkan Manchester United meraih Liga Europa dan Piala Liga Inggris.

Selain itu, Pogba menunjukkan kenaikan peringkat pada tiga tahun terakhir. Menurut data ia menempati posisi ke-22 pada tahun 2014. Sedangkan pada tahun 2015 menempati posisi ke-14 dan pada edisi terakhir sang pemain menempati urutan ke-13.

3 dari 3 halaman

Andres Iniesta - Barcelona

Beberapa waktu terakhir, Nama Andres Iniesta menjadi sorotan lantaran mendapatkan kontrak seumur hidup dari Barcelona. Kontrak tersebut menjadikan Iniesta bertahan di Barcelona sepanjang kariernya.

Iniesta berhasil menempati posisi kedua pada tahun 2010 dan selalu menjadi nomine sejak tahun 2008. Namun, selama musim 2016-2017, Andres Iniesta kerap masuk ruang perawatan akibat mengalami cedera lutut dan masalah otot.

Sergio Aguero - Manchester City

Striker Manchester City, Sergio Aguero, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace pada laga Premier League di Stadion Etihad, Sabtu (23/9/2017). Manchester City menang 5-0 atas Crystal Palace. (AFP/Oli Scarff)

Jika indikatornya jumlah gol, Sergio Aguero mungkin akan masuk pada daftar nominasi. Aguero mendulang 33 gol dan enam assist dari 45 penampilan di berbagai ajang bersama Manchester City. Adapun selama musim ini, sosok striker asal Argentina tersebut mengemas tujuh gol dan tiga assist. Mengawali karier di klub Argentina, Independiente, sang pemain berhasil menjadi kandidat pemain peraih Ballon d'Or sebanyak lima kali.

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer