Sukses


Andrea Pirlo Pensiun, Gary Lineker hingga Juventus Bereaksi

Bola.com - Gelandang asal Italia, Andrea Pirlo, mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain sepak bola. Keputusan itu mengundang reaksi dari berbagai pihak, termasuk mantan rekan serta klub-klub yang pernah dibela oleh Pirlo.

Melalui situs resmi New York City FC pada Senin (6/11/2017), Pirlo mengumumkan keputusan tersebut. Gelandang berusia 38 tahun itu mengucapkan terima kasih atas dukungan para penggemar di seluruh dunia.

Sebagai pesepak bola, Pirlo memiliki karier yang cukup cemerlang. Pemain berjuluk Il Metronome itu sempat memperkuat tiga kesebelasan besar Italia, Inter Milan, AC Milan dan Juventus.

Selain itu, Pirlo juga menjadi andalan timnas Italia pada periode 2002 hingga 2015. Sang pemain memperkuat Gli Azzurri dalam 117 pertandingan dengan koleksi 13 gol dan 23 assist.

Sepanjang kariernya, Andrea Pirlo telah memenangi 16 gelar bergengsi. Beberapa di antaranya Piala Dunia, Liga Champions, dan Scudetto.

Lantas, seperti apa reaksi berbagai pihak atas keputusan Andrea Pirlo? Berikut ini Bola.com merangkumnya:

2 dari 4 halaman

Juventus dan Gianluigi Buffon

1. Juventus

Juventus mengirimkan pujian kepada Andrea Pirlo melalui akun Twitter-nya. I Bianconeri merasa bangga sempat diperkuat oleh Pirlo.

Pirlo memperkuat Juventus pada periode 2011 hingga 2015. Bersama La Vecchia Signora, dia memenangi tujuh gelar, termasuk Serie A dan Coppa Italia.

2. Gianluigi Buffon

Kapten Juventus, Gianluigi Buffon, tidak luput mengucapkan salam perpisahan untuk Andrea Pirlo. Buffon mengenang kebersamaan dengan Pirlo.

"Siapa pun yang pernah bermain dengan Pirlo akan mengerti arti kata 'unik'. Juara yang berkelas, elegan, dan memiliki kerendahan hati," tulis Buffon pada akun Twitter-nya.

Tidak hanya menjadi rekan satu tim di Juventus, Buffon dan Pirlo juga kerap bahu membahu di timnas Italia. Keduanya merupakan bagian dari skuat Gli Azzurri yang memenangi Piala Dunia 2006.

 

3 dari 4 halaman

AC Milan dan Gary Lineker

3. AC Milan

Sementara itu, AC Milan menuliskan statistik Andrea Pirlo selama berseragam merah-hitam. Il Diavolo Rosso pun mendoakan yang terbaik untuk Pirlo.

Pirlo memperkuat I Rossoneri pada periode 2001 hingga 2011. Selama berseragam AC Milan, sang pemain meraih delapan gelar, mulai dari Scudetto hingga Liga Champions.

4. Gary Lineker

Talenta Andrea Pirlo membuat banyak pihak merasa kagum, tidak terkecuali Gary Lineker. Legenda timnas Inggris itu mengirimkan pujian untuk Pirlo.

"Pirlo mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola. Salah satu gelandang terbaik pada generasinya. Pesepak bola yang indah," tulis Lineker pada akun Twitter-nya.

 

4 dari 4 halaman

New York City FC dan David Villa

5. New York City FC

Tim terakhir yang diperkuat Andrea Pirlo, New York City FC, turut memberikan penghormatan kepada sang pemain. Klub tersebut mengunggah deretan prestasi Pirlo melalui akun Twitter-nya.

Pirlo memperkuat New York City FC dengan status bebas transfer setelah meninggalkan Juventus pada 2015. Bersama klub tersebut, Pirlo tampil dalam 62 pertandingan dengan koleksi satu gol dan sembilan assist.

6. David Villa

Rekan satu tim Andrea Pirlo di New York City FC, David Villa turut memberikan pujian kepadanya. Villa merasa bangga dapat bermain satu tim dengan Pirlo.

Keduanya bahu membahu di New York City FC sejak 2015. Seperti Pirlo, Villa juga menjadi pemain dengan status Designated Player untuk New York City FC.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer