Sukses


Buffon Bidik 2 Rekor Lagi Sebelum Gantung Sepatu

Jakarta Kiper Juventus, Gianluigi Buffon benar-benar fenomenal. Terlepas dari kegagalannya membawa Timnas Italia lolos ke Piala Dunia 2018, kiper veteran itu sudah mencatat segudang rekor dan prestasi sepanjang kariernya.

Bahkan, sebelum pensiun total musim panas tahun depan, Buffon masih bisa meraih dua rekor lagi. Seperti dilansir Football Italia, rekor pertama yang bisa diraih kiper 39 tahun itu adalah pemain dengan penampilan terbanyak di Serie A.

Sejauh ini, Buffon sudah mencatatkan 627 penampilan, masih berada di bawah Paolo Maldini yang tampil sebanyak 647 kali. Buffon membutuhkan 21 penampilan lagi untuk bisa melampaui rekor yang dipegang Maldini.

Peluang itu masih terbuka karena Serie A musim ini masih menyisakan 26 pekan lagi. Rekor lainnya yang masih bisa digapai Buffon adalah pemain dengan torehan gelar Scudetto terbanyak.

Sejauh ini, secara resmi Buffon sudah pernah merasakan gelar juara Serie A sebanyak tujuh kali, sama dengan catatan legenda seperti Virginio Rosetta, Giovanni Ferrari, dan Beppe Furino. Jika Juventus kembali bisa menyabet gelar Scudetto musim ini, Buffon akan menjadi pemain pertama yang meraih sembilan gelar Scudetto.

 

 

2 dari 3 halaman

Daftar Rekor yang Diraih Buffon

Buffon sendiri akan menghitungnya sebagai 11. Sebab, dua gelar Juventus di musim 2004/2005 dan 2005/2006 saat tersangkut kasus calciopoli, tetap dihitungnya meskipun telah dicabut.

Ada pun Buffon sebelumnya sudah mencatatkan sejumlah rekor pribadi. Ia merupakan penjaga gawang dengan penampilan terbanyak tanpa kebobolan (974 menit) dan paling banyak mencatatkan cleen-sheet (10 pertandingan) secara beruntun.

Di Juventus, Buffon juga merupakan pemain yang mencatatkan menit bermain paling lama dibanding semua pemain yang pernah membela si Nyonya Tua. Ia sudah tampil dalam 635 pertandingan sejak direkrut dari Parma tahun 2001.

3 dari 3 halaman

Rekor di Timnas Italia

Di samping itu, ia juga mencatatkan penampilan terbanyak di Liga Champions bersama Juventus. Namun, dari segi penampilan, Buffon masih kalah dari Alessandro Del Piero yang dimainkan sebanyak 705 kali.

Buffon butuh 71 pertandingan lagi untuk bisa melampaui itu dan itu tidak mungkin lagi. Sementara untuk Timnas Italia, Buffon juga mencatatkan rekor.

Ia merupakan pemain dengan caps terbanyak di Tim Azzuri (175 caps), termasuk laga terakhir melawan Swedia. Selain itu, ia mencatatkan 77 clean sheet bersama Timnas Italia, penyelamatan penalti terbanyak (5 penalti), dan juga penampilan terbanyak sebagai kapten (79 caps), menyamai Fabio Cannavaro. (Abul Muamar)

Video Populer

Foto Populer