Sukses


4 Pemain Ini Pernah Berjasa untuk Real Madrid dan Liverpool

Jakarta Real Madrid dan Liverpool bertemu untuk kali kedua pada laga puncak kompetisi paling bergengsi Eropa. Kedua tim dijadwalkan bertarung di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, 26 Mei mendatang.

Partai ini mengulang duel keduanya di Parc des Princes, Paris, pada 1981. Ketika itu Liverpool berjaya berkat gol tunggal Alan Kennedy.

Sejak itu, kedua tim kerap berbisnis dalam hal transfer pemain. Marca mencatat ada sembilan sosok yang pernah membela kedua tim.

Namun, lima di antaranya hanya bertahan semusim atau tampil kurang dari 50 laga di salah satu klub. Mereka adalah Michael Owen, Antonio Nunez, Nicolas Anelka, Jerzy Dudek, dan Nuri Sahin.

Sementara empat nama lain menggoreskan kisah bagi Liverpool dan Real Madrid. Berikut daftarnya:

2 dari 5 halaman

Alvaro Arbeloa

Produk asli akademi Real Madrid. Namun, dia tidak mendapat kesempatan unjuk gigi. Arbeloa hanya tampil di empat laga usai promosi ke tim utama pada 2004/2005.

Hengkang ke Deportivo La Coruna untuk menimba pengalaman, Arbeloa kemudian direkrut Liverpool tahun 2006. Dia menghabiskan tiga musim di Anfield dan tampil di 98 pertandingan.

Meski gagal meraih prestasi, Arbeloa lalu kembali ke Real Madrid. Dia lalu menghabiskan tujuh musim di sana dan meraih berbagai trofi. Di antaranya dua titel Liga Champions plus takhta La Liga.

3 dari 5 halaman

Fernando Morientes

Membentuk duet maut bersama Raul Gonzalez dan membantu Real Madrid meraih berbagai kehormatan. Setelah enam musim bersinar di Santiago Bernabeu, Morientes lalu berpetualang ke AS Monaco.

Semusim di Prancis, dia kembali ke Real Madrid pada 2004/2005. Namun, Morientes langsung pergi beberapa bulan kemudian.

Dia pergi ke Liverpool pada pertengahan musim. Morientes lalu menciptakan 12 gol dari 60 penampilan.

4 dari 5 halaman

Steve McManaman

Produk akademi Liverpool, McManaman menghabiskan sembilan musim di Anfield. Dia menjadi tulang punggung tim bersama produk sekolah klub lainnya, Owen dan Robbie Fowler.

McManaman lalu pergi ke Real Madrid setelah membiarkan kontraknya habis pada 1999. Dia lalu menjadi bagian penting tim meski tidak berstatus galacticos.

Dengan 152 penampilan dan 14 gol, McManaman total mendulang delapan trofi bersama Real Madrid. Dia tercatat sebagai pesepakbola tersukses Inggris dalam hal jumlah gelar di luar negeri.

5 dari 5 halaman

Xabi Alonso

Menunjukkan talenta di Real Sociedad, Alonso menerima ajakan Rafael Benitez untuk datang ke Anfield pada 2004. Dia lalu membentuk duet maut bersama Steven Gerrard di lini tengah dan memenangkan Liga Champions plus Piala FA pada dua musim pertamanya.

Namun, keberadaan Alonso tidak bertahan lama. Keinginan Benitez merekrut gelandang baru membuatnya tidak betah.

Dia akhirnya dijual ke Real Madrid pada 2009. Alonso kemudian membawa Los Blancos menjuarai Liga Champions, La Liga, serta dua titel Copa del Rey.

Video Populer

Foto Populer