Sukses


Anomali Perjalanan Karier Wayne Rooney di Timnas Inggris

Bola.com, London - Wayne Rooney telah menjalani laga terakhir bersama timnas Inggris. Meski menjadi satu di antara pemain andalan, Rooney tak pernah sekalipun membawa skuat Tiga Singa meraih trofi juara.

Pria bernama lengkap Wayne Mark Rooney itu pertama kali memperkuat timnas Inggris pada 12 Februari 2003. Saat itu, Inggris menghadapi Australia dalam laga persahabatan di Boleyn Ground, London.

Ketika itu, Wazza masih berusia 17 tahun dan 111 hari. Dengan umur tersebut, Rooney menjadi pesepak bola termuda yang tampil bersama The Three Lions.

Sayangnya, Wayne Rooney yang masuk pada menit ke-46 menggantikan Michael Owen gagal mencetak gol buat timnas Inggris. Skuat Tiga Singa yang saat itu diasuh Sven-Goran Eriksson menyerah 1-3 dari Australia.

Sejak saat itu, bomber DC United itu selalu menjadi sosok penting di lini serang Inggris. Memiliki kelebihan dalam penyelesaian akhir, tembakan jarak jauh, mempertahankan bola, hingga melepaskan tendangan bebas membuat Rooney kerap menjadi momok buat pertahanan lawan.

Akan tetapi, pria yang kini berusia 33 tahun tersebut belum pernah sekali pun membawa timnas Inggris meraih titel juara. Padahal, dia menjadi bagian dari generasi emas The Three Lions.

Bersama Frank Lampard, Paul Scholes, Steven Gerrard, Gary Neville, David Beckham, David James, hingga Michael Owen, Wayne Rooney hanya mampu membawa Timnas Inggris lolos sampai ke perempat final Piala Eropa 2004.

"Piala Eropa 2004 berjalan bagus buat timnas Inggris. Saya masih percaya dengan performa saya, kepercayaan diri saya, jika saya tetap fit saya yakin kami akan meraih trofi juara," papar Wayne Rooney kepada Sky Sports.

Pada Piala Dunia 2006, Inggris juga kandas di perempat final setelah kalah 1-3 dari Portugal lewat drama adu penalti. Bukan hanya gagal membawa timnas Inggris lolos ke semifinal, Rooney juga diganjar kartu merah akibat menginjak Ricardo Carvalho pada menit ke-62.

Sementara itu, di Piala Dunia 2010, mantan pemain Manchester United itu hanya bisa mengantarkan Inggris sampai ke-16 besar. Skuat Tiga Singa tak mampu melenggang sampai ke perempat final karena kalah 1-4 dari Jerman.

Di Piala Eropa 2012 dan 2016, prestasi Rooney di timnas Inggris juga tak kunjung membaik. Pada 2012, Inggris terhenti di perempat final, sedangkan pada 2016 kandas di 16 besar.

Memasuki Piala Dunia 2014, torehan Wayne Rooney di level timnas semakin mengenaskan. Timnas Inggris berada di dasar Grup D dan gagal lolos ke-16 besar. Sementara itu, pada Piala Dunia 2018, sang pemain tak mendapat penggilan memperkuat timnas.

 

2 dari 2 halaman

Akhir Perjalanan Karier Sang Wazza di Timnas Inggris

Sejak 2016, Wayne Rooney mulai terpinggirkan dari skuat timnas Inggris. Dia kalah bersaing dengan Jamie Vardy, Marcus Rashford, dan Harry Kane yang kerap menjadi andalan di lini serang tim Tiga Singa.

Pertandingan terakhirnya bersama Inggris adalah ketika menghadapi Skotlandia pada laga keempat Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, di Stadion Wembley, 12 November 2016. Ketika itu, Rooney tak menyumbangkan gol, namun Inggris berhasil menang 3-0.

Setelah absen selama dua tahun, pemain jebolan akademi sepak bola Everton itu akhirnya kembali dipanggil untuk membela The Three Lions untuk pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat, di Stadion Wembley, 15 November 2018.

Akan tetapi, laga tersebut menjadi partai terakhir Rooney dengan jersey timnas Inggris. Masuk ke lapangan pada menit ke-58 menggantikan Jesse Lingard, Wazza turut membantu Inggris 3-0 atas Amerika Serikat.

"Satu-satunya saat saya benar-benar melihat ke belakang adalah ketika saya berhenti bermain, ketika Anda mulai melihat situasi yang berbeda, permainan yang berbeda, apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik," papar Rooney.

"Menurut saya, secara keseluruhan perjalanan karier saya bersama timnas Inggris cukup baik, menorehkan rekor adalah yang terpenting, tetapi kemudian Anda melihat kembali kekecewaan di area utama, yakni di turnamen," katanya.

Perjalanan karier Wayne Rooney bersama timnas Inggris benar-benar menjadi anomali. Secara individu, dia menjadi penyerang terbaik timnas Inggris.

Rooney berhasil menjadi pencetak gol terbanyak buat skuat Tiga Singa, yakni 53 gol dari 120 penampilan. Sayangnya, koleksi gol Wayne Rooney masih belum mampu membawa timnas Inggris meraih satu pun gelar juara.

Sumber: Berbagai sumber

5 Klub Terboros di Bursa Transfer 20 Tahun Terakhir

Video Populer

Foto Populer