Sukses


Klub Inggris Kuasai Kompetisi Eropa, 2 Sejarah Baru Tercipta

Bola.com, London - Sejarah baru tercipta ketika empat klub Premier League Inggris memastikan mengusai dua kompetisi Eropa, Liga Champions dan Liga Europa musim 2018-2019. Tercatat ada dua rekor bersejarah yang tercipta dari fakta fenomenal tersebut. 

Kepastian dominasi Inggris tercipta setelah Arsenal dan Chelsea melenggang ke final Liga Europa, Jumat (10/5/2019). Arsenal melaju setelah menyingkirkan Valencia, sedangkan Chelsea mendepak Eintracht Frankfurt. 

Pada leg kedua semifinal, Arsenal menang 4-2, sehingga lolos dengan kemenangan agregat 7-3. Chelsea bermain 1-1 kontra Eintracht Frankfurt di kandang sendiri, sehingga agregat menjadi 2-2. Pertandingan ditentukan melalui adu penalti dan Chelsea menang 4-3. 

Sehari sebelumnya, All English Final sudah tercipta di Liga Champions. Liverpool dan Tottenham Hotspur akan saling jegal di partai final kompetisi antarklub paling elite di Benua Biru tersebut. Liverpool dan Spurs sama-sama mengukir comeback sensasional saat menyingkirkan Barcelona dan Ajax Amsterdam di semifinal. 

Sejarah tercipta karena ini baru kali pertama finalis Liga Champions dan Liga Europa di tahun yang sama dikuasai tim dari satu negara, yaitu Inggris. 

Dalam bebereapa kesempatan sempat terjadi dua atau tiga finalis dari dua kompetisi Eropa tersebut berasal dari negara yang sama. Namun, baru kali ini keempat finalis disapu bersih dari satu negara. 

London, Inggris, juga menciptakan sejarah baru, sebagai kota pertama yang memiliki tiga tim yang akan bertarung di final dua kompetisi utama Eropa pada tahun yang sama. Chelsea, Arsenal, dan Totttenham semuanya bermarkas di London. Arsenal dan Tottenham di London Utara, sedangkan Chelsea di London Barat. 

 

2 dari 2 halaman

Terus Berlanjut

Mantan gelandang Tottenham Hotspur dan Chelsea, Glenn Hoddle, mengaku senang melihat tim-tim Inggris mendominasi pentas Eropa. 

"Ini mengagumkan bagi bagi sepak bola Inggris. Anda bisa melihatnya bahwa empat tim itu semakin kuat. Tak perlu kaget jika pada masa depan final lagi-lagi dikuasi tim-tim Ingggris. Mari merayakannya musim ini. Keempat tim tersebut layak bangga dengan cara mereka bermain," kata Hoddle, seperti dilansir Daily Mail

"Chelsea tak terlalu bagus malam ini. Tapi, itu isyarat yang bagus. Mereka tak menunjukkan permainan terbaik, tapi tetap bisa menang," kata dia. 

Pertandingan final Liga Europa akan digelar di Baku Olympic Stadium, Baku, Azerbajain, pada 29 Mei 2019. Final Liga Champions dihelat di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol pada 2 Juni dini hari WIB.  

Video Populer

Foto Populer