Sukses


20 Pesepak Bola Paling Berharga Seantero Muka Bumi

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer pemain di kompetisi Eropa tiap musim selalu merangkak naik. Pemain dengan banderol termahal silih berganti. Paul Pogba (Manchester United), Kylian Mbappe (PSG), dan Neymar (PSG) merupakan tiga pemain dengan mahar tertinggi sejagad.

Beberapa musim sebelumnya ketiga pemain masih berstatus wonderkid dengan harga jual sedang-sedang saja. Sekarang, mereka merupakan superstar yang digaet dengan banderol setinggi langit.

Nilai pasar seorang pemain sepak bola dapat mengalami peningkatan atau penurunan seiring berjalannya waktu bergantung dengan berbagai faktor.

Performa pemain di dalam lapangan, usia, potensi yang dimiliki, sampai kabar mengenai kemungkinan pemain tersebut pindah ke tim lain.

Berikut adalah 20 pemain dengan nilai pasar tertinggi saat ini versi CIES Football Observatory (diurutkan dari terendah ke tertinggi).

Penghitungan estimasi dilakukan CIES dengan beragam variabel seperti usia, kontrak, posisi, menit, tujuan, status internasional, hasil yang diraih tim, dan banyak lainnya. Perkiraan merujuk pada nilai untuk klub rekrutmen yang paling mungkin.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 20 halaman

Cristiano Ronaldo

Nilai Pasar: 118,1 juta euro

Cristiano Ronaldo bergabung dengan Juventus dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas sebagai bagian dari upaya klub Italia itu untuk memenuhi ambisi mendapatkan gelar juara Champions League.

3 dari 20 halaman

Eden Hazard

Nilai Pasar: 120,7 juta euro 

Eden Hazard meninggalkan Chelsea untuk bergabung dengan Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2019. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap itu meninggalkan Stamford Bridge setelah menjadi bagian penting dalam skuat The Blues selama tujuh tahun terakhir. 

4 dari 20 halaman

Marcus Rashford

Nilai Pasar: 123,5 juta euro   

​Sejak masuk ke skuat utama Manchester United pada 2015, perkembangan Marcus Rashford terus dipantau karena pemain asal Inggris ini diharapkan dapat menjadi penyerang utama tim tersebut dalam jangka panjang.

5 dari 20 halaman

Neymar

Nilai Pasar: 124,7 juta euro 

Kepindahan Neymar ke Paris Saint-Germain dari Barcelona pada 2017 seharusnya menjadi momen yang penting dalam karier pemain yang berposisi sebagai penyerang itu berkaitan dengan ambisinya mendapatkan gelar juara Champions League. 

6 dari 20 halaman

Paul Pogba

Nilai Pasar: 125,1 juta euro 

Tiga tahun sudah berlalu sejak Manchester United mendatangkan Paul Pogba dari Juventus. Sepanjang periode tersebut, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu seringkali mendapatkan sorotan negatif setiap kali timnya tampil mengecewakan. 

7 dari 20 halaman

Romelu Lukaku

Nilai Pasar: 125,2 juta eur 

Romelu Lukaku merupakan salah satu pemain yang didatangkan Manchester United dalam tiga tahun terakhir yang diharapkan dapat menjadi bagian penting dalam tim tersebut untuk kembali ke puncak Premier League. 

8 dari 20 halaman

Philippe Coutinho

Nilai Pasar: 129,4 juta euro 

Philippe Coutinho didatangkan Barcelona dari Liverpool pada Januari 2018, sebagai upaya dari tim yang bermarkas di Camp Nou itu untuk mendapatkan pengganti jangka panjang dari Neymar. 

9 dari 20 halaman

Trent Alexander-Arnold

Nilai Pasar: 130,2 juta euro 

Perkembangan konsisten yang ditunjukkan oleh Trent Alexander-Arnold dengan Liverpool dalam dua tahun terakhir membuatnya menjadi salah satu bek kanan terbaik di dunia saat ini. 

10 dari 20 halaman

Gabriel Jesus

Nilai Pasar: 130,6 juta euro 

Meskipun lebih sering menjadi pelapis Sergio Aguero di Manchester City, tetapi usia yang lebih muda dan potensi yang lebih tinggi membuat Gabriel Jesus berada pada posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekannya tersebut.

11 dari 20 halaman

Bernardo Silva

Nilai Pasar: 136,9 juta euro 

Bergabung dari AS Monaco pada 2017, Bernardo Silva tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi pemain kunci dalam skuat Manchester City. 

12 dari 20 halaman

Leroy Sane

Nilai Pasar: 137,1 juta euro 

Meskipun tidak mendapatkan jaminan untuk menjadi pemain inti dalam skuat Manchester City sepanjang musim 2018/19, potensi Leroy Sane masih sangat tinggi dan dapat terus berkembang.

 

13 dari 20 halaman

Antoine Griezmann

Nilai Pasar: 143,8 juta euro   

​Keinginan Antoine Griezmann untuk meninggalkan Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2019 sampai saat ini masih belum menemui titik terang. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini dihubungkan dengan Barcelona dan Paris Saint-Germain.

14 dari 20 halaman

Roberto Firmino

Nilai Pasar: 144,2 juta euro 

Berposisi asli sebagai gelandang serang, kini Roberto Firmino telah menjadi salah satu pemain andalan Liverpool di lini depan. Ia salah satu penyerang unik, dengan perpaduan kecepatan, naluri ketajaman, serta kerberanian bertarung dengan bek-bek lawan.

15 dari 20 halaman

Harry Kane

Nilai Pasar: 155,2 juta euro 

Harry Kane merupakan penyerang andalan Tottenham Hotspur dan Timnas Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Lima musim terakhir ia pelanggan top scorer Premier League.

16 dari 20 halaman

Jadon Sancho

Nilai Pasar: 159,4 juta euro 

Keputusan yang diambil oleh Jadon Sancho untuk meninggalkan Manchester City untuk bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2017 terbukti menjadi keputusan yang tepat. 

17 dari 20 halaman

Raheem Sterling

Nilai Pasar: 207,8 juta euro 

Perkembangan yang ditunjukkan oleh Raheem Sterling dengan Manchester City dalam beberapa tahun terakhir membuatnya menjadi salah satu pemain terbaik Inggris saat ini. 

18 dari 20 halaman

Mohamed Salah

Nilai Pasar: 219,6 juta euro 

Performa yang ditunjukkan oleh Mohamed Salah sejak bergabung dengan Liverpool dari AS Roma pada 2017 membuatnya menjadi salah satu pemain terbaik di Premier League saat ini. 

19 dari 20 halaman

Lionel Messi

Nilai Pasar: 167,4 juta euro 

Lionel Messi berhasil mempertahankan statusnya sebagai salah satu pemain terbaik di dunia walau sudah berusia 32 tahun. Messi menjadi pemain andalan Barcelona dan terus meningkatkan kualitas performanya yang membuatnya tidak dapat digantikan oleh pemain manapun saat ini.

20 dari 20 halaman

Kylian Mbappe

Nilai Pasar: 252 juta euro 

Konsistensi dalam mencetak gol dengan Paris Saint-Germain, perkembangan yang signifikan dalam dua tahun terahir, dan keberhasilan menjadi juara pada Piala Dunia Rusia 2018 dengan Timnas Prancis, membuat Kylian Mbappe menjadi salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. 

Sumber: 90min

Samuel Eto'o, Alberto Gilardino dan 3 Pencetak Gol Terbanyak Dunia 2005

Video Populer

Foto Populer