Sukses


5 Alumnus Piala Dunia U-20 yang Jadi Bintang Sepak Bola Dunia

Bola.com, Jakarta - Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Keputusan penunjukan Indonesia diumumkan secara resmi oleh FIFA, Kamis (24/10/2019). 

Dalam bidding kali ini, Indonesia menyingkirkan enam negara pesaing, yakni Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (tuan rumah bersama), Myanmar dan Thailand (tuan rumah bersama), Brasil serta Peru.

Pada 16 September 2019, FIFA menginspeksi secara acak lima dari sepuluh stadion dan lapangan latihan yang disiapkan PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021

Meskipun masih tergolong kompetisi kelompok umur, Piala Dunia U-20 tetap turnamen yang penting dan bergengsi. Banyak talenta-talenta hebat sepak bola merupakan alumnus kompetisi tersebut. 

Salah satu alumnus Piala Dunia U-20 yang tersohor adalah Lionel Messi. Siapa yang berani meragukan kehebatan Messi? 

Pemain Argentina tersebut menjelma menjadi salah satu pemain sepak bola terhebat di dunia. Koleksi gelarnya bersama Barcelona sudah berderet. Sayangnya, Messi belum pernah membawa Timnas Argentina senior untuk menjadi juara dunia. 

Siapa alumnus Piala Dunia U-20 yang menjelma menjadi bintang sepak bola dunia? Ini lima di antaranya. 

2 dari 6 halaman

1. Dani Alves

Pemain Sao Paolo yang pernah memperkuat Paris Saint-Germain, Dani Alves, merupakan jebolan Piala Dunia U-20. Dia bermain untuk Timnas Brasil, pada Piala Dunia U-20 2003 yang berlangsung di Uni Emirat Arab. 

Saat itu, tim Brasil berhasil menjadi juara setelah di final mengalahkan Spanyol melalui gol semata wayang Fernandinho. Adapun Alves juga berkontribusi dengan tampil konsisten hingga partai final. 

Saat tampil di Piala Dunia U-20, Alves masih bermain untuk Sevilla.  Selain pernah merumput di Sevilla, Dani Alves juga pernah bermain di Barcelona, Juventus, hingga PSG. 

 

3 dari 6 halaman

2. Diego Maradona

Bintang sepak bola yang juga jebolan Piala Dunia U-20 adalah Diego Maradona. Pemain Argentina tersebut tak perlu lagi diragukan kebintangannya. Dia dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. 

Maradona memperkuat Timnas Argentina pada Piala Dunia U-20 1979 di Jepang, yang saat itu diarsiteki Luis Menotti. Saat itu, Timnas Indonesia juga ambil bagian, segrup dengan Polandia dan Yugoslavia. 

Timnas Indonesia saat itu langsung bertemu Argentina pada babak pertama. Saat itu, Maradona mencetak dua gol. Indonesia akhirnya kalah dengan skor telak 0-5. 

Maradona kemudian mengantar Argentina meraih gelar juara, sekaligus memenangi Golden Ball. Kesuksesan Maradona berlanjut ke level senior. Dia juga mengantar Argentina menjuarai Piala Dunia 1986. 

 

4 dari 6 halaman

3. Sergio Aguero

Sergio Aguero menjadi bintang bagi Timnas Argentina pada Piala Dunia U-20 2007. Dia menyumbang enam gol, yang berperan penting mengantar Argentina jadi kampiun. 

Sebelas tahun berselang, dia berhasil memenangi treble gelar domestik bersama Manchester City. Aguero juga dianggap sebagai salah satu striker hebat dalam sejarah Manchester City dan Premier League. 

 

5 dari 6 halaman

4. Paul Pogba

Pemain bintang lain yang pernah bersinar di Piala Dunia U-20 adalah Paul Pogba. Pemain Manchester United tersebut masuk skuat Prancis pada Piala Dunia U-20 2023 di Turki. 

Pada turnamen tersebut, Pogba berhasil mengantar Prancis menjadi juara setelah mengalahkan Uruguay di final. Dia juga merebut gelar Golden Ball. 

Ironisnya saat itu dia baru saja tersingkir dari Manchester United, kemudian mulai membangun karier di Juventus. 

Saat ini, Pogba sudah kembali lagi ke Manchester United. Dia juga kembali mengantar Prancis juara Piala Dunia 2018, kali ini di level senior. 

 

6 dari 6 halaman

5. Lionel Messi

Lionel Messi bersinar pada Piala Dunia U-20 2005 di Belanda. Saat itu, sosoknya belum begitu dikenal karena masih bermain di Barcelona B. 

Namun, Messi membuktikan kualitasnya dengan mencetak enam gol, sekaligus meraih Golden Ball. Pada partai final melawan Nigeria, Argentina menang 2-1. Gol kemenangan Argentina dicetak La Pulga. 

Sejak saat itu, karier Messi terus melejit, hingga telah meraih lima kali gelar Ballon d'Or. 

 

4 Pesepak Bola yang Juga Seorang Penyanyi, Sergio Ramos Ternyata Punya Suara Merdu

Video Populer

Foto Populer