Sukses


Tak Hanya Piawai Menjaga Gawang, 7 Kiper Ini Produktif Mencetak Gol

Bola.com, Jakarta- Kiper atau penjaga gawang menjadi satu di antara bagian penting bagi sebuah klub sepak bola. Peran kiper untuk tim, tak kalah krusial dengan sosok penyerang. 

Posisi kiper lebih mempunyai kekhususan ketimbang pemain lain seperti bek, gelandang, ataupun striker. Penjaga gawang tidak memiliki kebebasan karena hampir sepanjang permainan berada di wilayah pertahanan.

Meskipun bisa membantu serangan, seorang kiper tak bisa leluasa meninggalkan gawang setiap saat. Para penjaga gawang tersebut dituntut lebih fokus mengawal gawang.

Meskipun begitu ada juga kiper yang produktif mencetak gol ke gawang lawan. Satu di antara penjaga gawang yang terkenal bisa mencetak gol ialah Rogerio Ceni.

Selain piawai dalan menjaga gawang, kiper asal Brasil itu juga jago mencetak gol terutama melalui tendangan bebas. Selain Rogerio Ceni, masih ada pemain lain yang berposisi sebagai kiper dan produktif mencetak gol.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, tujuh kiper yang produktif mencetak gol.

 

2 dari 8 halaman

1. Peter Schmeichel (13 Gol)

Sepanjang berkarier di sepak bola, Peter Schmeichel mengoleksi 13 gol. Namun, hampir sebagian golnya ia cetak saat membela tim Liga Denmark, Hvidovre.

Sedangkan saat bekiprah di Premier League hanya dua gol, yakni bersama Manchester United dan Aston Villa masing-masing satu gol.

3 dari 8 halaman

2. Hans Jorg-Butt (26 Gol)

Hans Jorg-Butt total mengoleksi 32 gol sepanjang kariernya. Sementara itu, 26 gol di antaranya ia cetak di Bundesliga.

Yap, Han Jorg-Butt pernah membela dua klub Jerman, Bayarn Leverkusen dan Bayern Munchen.

4 dari 8 halaman

3. Jorge Campos (34 Gol)

Pemain asal Meksiko itu sering dikenal karena seragam kiper bercorak unik. Posturnya yang hanya 168 meter dianggap kurang sesuai untuk ukuran penjaga gawang.

Tak hanya piawai dalam menjaga gawang, Jorge Campos cukup produktif mencetak gol. Sepanjang berkarier sebagai pemain, ia total mengemas 34 gol.

5 dari 8 halaman

4. Rene Higuita (41 Gol)

Penjaga gawang lainnya yang tak kalah mentereng ialah mantan kiper Timnas Kolombia, Rene Higuita. Kiper yang identik dengan aksi kalajengkingnya itu total mengoleksi 41 gol sepanjang kariernya.

 

6 dari 8 halaman

5. Jose Chilavert (67 Gol)

Jose Chilavert juga menjadi satu di antara penjaga gawang yang banyak mencetak gol. Meskipun torehan gol Jose Chilavert tak sebanyak Rogerio Ceni.

Selama keriernya, Chilavert total mengemas 67 gol. Bahkan, mantan kiper Timnas Paraguay itu juga pernah mencetak hattrick.

7 dari 8 halaman

6. Victor Enyeama (10 Gol)

Victor Enyeama bermain untuk OSC Lille B pada 2018 lalu. Penjaga gawang asal Nigeria itu total mengemas 10 gol.

Gol yang paling banyak ia cetak saat membela klib asal Israel, Hapoel Tel Aviv.

8 dari 8 halaman

7. Rogerio Ceni (131 Gol)

Rogerio Ceni menjadi satu di antara penjaga gawang yang paling banyak mencetak gol. Kiper asal Brasil itu total mengemas 131 gol sepanjang kariernya.

Gol yang dicetak Rogerio Ceni kebanyakan melalui bola mati. Dari 131 gol, 61 gol dilesakkan melalui tendangan bebas dan 69 melalui titik putuh.

Sementara satu gol lainnya melalui skema sepakan pojok. Sepanjang berkarier sebagai pemain, Rogerio Ceni hanya bermain untuk satu klub, yakni Sao Paulo.

 

Melihat Kembali Panasnya Bursa Transfer 2001/2002

Video Populer

Foto Populer