Sukses


9 Pemain Ini Pernah Dijuluki The Next Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, terus berada di pusaran perbincangan pada kancah sepak bola dunia selama lebih dari satu dekade terakhir. 

Bersama Lionel Messi, Cristiano Ronaldo tak terbantahkan merupakan satu di antara talenta terbaik sepak bola yang pernah ada. Rentetan gelar dan prestasi Ronaldo bisa menjadi bukti sahih dari klaim tersebut. 

Kebintangan Ronaldo bersinar terang sejak dirinya diboyong Manchester United dari Sporting Lisbon. Di Manchester United Ronaldo menjelma menjadi pemain andalan dan sulit tergantikan. 

Sinarnya makin moncer setelah gabung Real Madrid pada 2009. Pemain berkebangsaan Portugal tersebut kemudian mencari tantangan baru dengan menerima pinangan Juventus pada 2018. 

Satu di antara bukti kehebatan Ronaldo adalah lima trofi Ballon d'Or. Dia juga ikut membantu Portugal menjadi kampiun Piala Eropa 2016. Kiprahnya sebagai pesepak bola hampir komplet. 

Tak heran, banyak yang ingin mengikuti jejak gemilang Cristiano Ronaldo. Ada pula pemain-pemain yang dianggap punya talenta yang mirip Cristiano Ronaldo. 

Berikut ini sembilan pemain yang pernah dijuluki The Next Cristiano Ronaldo, seperti dilansir Planet Football

2 dari 10 halaman

1. Alípio Duarte Brandao

Pada musim panas 2008, Cristiano Ronaldo baru saja memenangi Liga Champions bersama Manchester United. Dia mencetak satu gol pada final kontra Chelsea tersebut dengan sundulan kepala. 

Pada tahun yang sama, Real Madrid merekrut gelandang berusia 16 tahun yang bernama Alípio Duarte Brandao dari akademi sepak bola klub Portugal, Rio Ave. Seperti dilansir Planet Football, suporter Rio Ave saat itu mengklaim Alipio sebagai pemain paling menjanjikan di sepak bola Portugal setelah Cristiano Ronaldo. 

Bek Madrid, Pepe, juga menyebut Alipio sebagai talenta spektakuler. Namun, sang gelandang gagal masuk tim utama Real Madrid dan berakhir dengan bermain di Uni Emirat Arab, Siprus, dan Yunani, sebelum kembali ke klub kasta kedua Brasil, Fortaleza.

Pada usia 27 tahun, dia baru mengoleksi 14 gol. 

 

3 dari 10 halaman

2. Gabriel Obertan

Cristiano Ronaldo meninggalkan Manchester United pada 2009. Nomor punggung 7 yang ditinggalkannya kemudian dipakai Michael Owen. Saat itu, ada beberapa pemain muda yang diharapkan bisa menjadi suksesor Ronaldo, satu di antaranya Gabriel Obertan. 

Saat itu, Gabriel Obertan baru berusia 21 tahun. Dia dianggap bisa menjadi The Next Cristiano Ronaldo. 

"Saya bukan suksesor Ronaldo," kata Obertan saat itu. "Untuk saat ini tak ada perbandingan. Saya hanya berusaha menjadi Gabriel Obertan."

Obertan hanya dua musim bertahan di MU (2009-2011). Dia kemudian bertualang di berbagai klub, hingga saat ini bermain di klub Turki, Erzurumspor.

 

4 dari 10 halaman

3. Federico Macheda

Setelah mencetak gol debut yang dramatis untuk Manchester United kontra Aston Villa pada April 2009, Macheda disebut sebagai the next Cristiano Ronaldo. Julukan tersebut dilontarkan oleh mantan pelatih junior Lazio, Volfango Patarca.

"Dia benar-benar berlian dari tim junior Lazio. Dia tinggi, fleksibel, punya kecepatan juga, dan itu langka. Federico jelas mirip Ronaldo," kata Patarca. 

Namun, Macheda tak pernah menapaki kesuksesan Ronaldo. Dia banyak menghabiskan kariernya di tim kasta kedua Inggris. Kini, Macheda memperkuat klub Yunani, Panathinaikos. 

 

5 dari 10 halaman

4. Lucas Ocampos

Cristiano Ronaldo mencetak 53 gol dalam 54 pertandingan sepanjang musim 2010-2011. Skill dan kemampuan tersebut jelas diidam-idamkan hampir semua pemain. 

Namun, ada seorang winger Argentina yangs saat itu berusia 17 tahun, Lucas Ocampos, memandingkan dirinya sendiri dengan Ronaldo. 

"Semua orang ingin seperti Messi, tapi Ronaldo yang saya suka. Saya berusaha menirunya," kata Ocampos, yang kemudian jadi pemain River Plate pada 2011. 

Campos saat ini berusia 25 tahun, serta telah bermain di beberapa klub Eropa, termasuk Monaco, Genoa, dan AC Milan. Pada 2018, dia membantu Marseille mencapai final Liga Europa, tapi kemudian gabung Sevilla pada musim panas 2019. 

 

6 dari 10 halaman

5. Wilfried Zaha

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, pada Februari 2014 pernah menjuluki seorang pemain sebagai calon suksesor Ronaldo. Pemain yang dimaksudnya adalah Wilfried Zaha. 

"Dia salah satu pemain terbaik yang pernah saya lihat saat menguasai bola. Dia bisa tumbuh menjadi pemain yang layak seperti Ronaldo jika dia mau," kata Solskjaer saat itu. 

Zaha tak pernah menapaki jejak Ronaldo. Dia hanya dua musim berkiprah di Manchester United (2013-2015). Zaha kini merumput di Crystal Palace. 

 

7 dari 10 halaman

6. Anthony Martial

Lagi-lagi ada pemain Manchester United yang dianggap mirip Cristiano Ronaldo. Mantan striker MU, Louis Saha, pernah menyebut Anthony Martial akan menjadi Ronaldo berikutnya. Martial sampai kini masih menjadi bagian skuat utama Manchester United. 

"Saya harap Martial bisa menyamai apa yang dilakukan Ronaldo di United. Martial punya kemampuan, kekuatan, keahlian, dan dia haus belajar," kata Saha. 

"Namun perbedaan yang akan Anda temukan ketika membandingkan seorang pemain dengan Ronaldo adalah, dia begitu terobsesi dengan permainan. Dia tak bisa tidur tanpa memikirkan sepak bola. Kualitas seperti itu yang sulit dilihat pada pemain lain saat ini," imbuh Saha. 

 

8 dari 10 halaman

7. Diogo Jota

Pemain Wolverhampton Wanderers asal Portugal, Diogo Jota, dalam beberapa kesempatan kerap dibandingkan dengan Ronaldo, terutama dua tahun lalu, alias pada 2017. 

"Dia bisa menjadi suksesor Ronaldo. Saya tak takut mengatakan itu, karena saya pikir itu bisa terjadi. Dia punya potensi untuk menjadi suksesor Ronaldo," manajer klub Portugal, Jorge Simao. 

Namun, Jota sampau sekarang belum pernah dipanggil memperkuat Timnas Portugal. 

 

9 dari 10 halaman

8. Rafael Leao

Pada Juni 2018, The Sun melabeli pemain remaja milik Sporting Lisbon, Rafael Leao, sebagai Cristiano Ronaldo baru. Saat itu, Leao baru tiga kali tampil di tim senior Sporting. 

Tapi, kariernya tak bertahan lama di Sporting. Leoa kemudian gabung klub Prancis, Lille, pada Agustus 2018. Berkat tujuh gol pada Ligue 1, dia diboyong AC Milan. Langkah yang bagus untuk pemain berusia 20 tahun tersebut. 

 

10 dari 10 halaman

9. Joao Felix

Ketika Joao Fellix dijuluki the next Cristiano Ronaldo rasanya tak mengagetkan. Julukan itu muncul saat Atletico Madrid memecahkan rekor transfer klub untuk menggaet Joao Felix dari Benfica. 

Namun, pelatih tim junior Benfica, Bruno Lage, berusaha menepikan perbandingan tersebut. "Tak ada membandingkan Joao, yang baru memulai kariernya, dengan Cristiano Ronaldo," kata Bruno. 

"Saya ingin Joao menjadi dirinya sendiri dan tetap berkontribusi dengan atribut yang membedakan dirinya dengan pemain lain. Dia tak harus membandingkan diri dengan Ronaldo," imbuh Bruno.  

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer