Sukses


Resmi, Serie A Italia Ditangguhkan karena Virus Corona

Milan - Kompetisi sepak bola Serie A Italia akhirnya resmi ditangguhkan hingga 3 April. Kepastian ini didapat setelah Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte akhirnya mengeluarkan perintah penghentian sementara seluruh kegiatan olahraga menyusul semakin parahnya wabah virus corona.

Keputusan penghentian sementara kompetisi Serie A Italia datang setelah penyebaran virus corona baru atau COVID-19 semakin tak terkendali di Italia.

Hingga berita ini diturunkan ada 7.985 orang terjangkit virus corona. Jumlah ini melonjak drastis 1.598 kasus dalam kurun waktu 24 jam saja.

Jumlah korban tewas akibat corona di Italia juga meningkat tajam. Sepanjang hari Senin (9/3/2020) ada 97 orang yang meniinggal dunia. Total 463 orang tewas setelah terjangkit virus corona.

Karena semakin parah, Conte kemudian mengambil keputusan darurat. Dalam jumpa pers mendadak Senin malam waktu setempat, Conte mengumumkan isolasi total seluruh Italia hingga 3 April. Awalnya isolasi ini hanya di sebagian besar Lombardy dan wilayah utara.

Penundaan sementara Serie A Italia sudah mencuat sejak akhir pekan kemarin. Ketika itu Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora dan Asoasiasi pemain sudah meminta penundaan sementara. Namun pada akhirnya pertandingan tetap berjalan dengan tanpa penonton.

2 dari 3 halaman

Pernyataan PM

Dengan ditangguhkan sampai 3 April, Serie A Italia kemungkinan selesai di tengah jalan. Sangat sulit mengatur jadwal baru jika ditunda sebulan. Apalagi akan ada Euro 2020 di musim panas nanti.

Adanya keputusan dari Conte ini juga mengancam nasib klub-klub Italia di kompetisi Eropa. Pasalnya pertandingan tanpa penonton juga tidak diperbolehkan.

Juventus, Napoli dan Atalanta masih bermain di Liga Champions. Sedangkan Inter Milan dan AS Roma bertanding di Liga Europa.

"Tidak ada lagi waktu, jumlahnya memberi tahu kami ada peningkatan yang signifikan dalam penularan, dalam perawatan intensif dan kematian. Kebiasaan kita harus berubah, kita harus mengorbankan sesuatu untuk kebaikan seluruh Italia. Inilah sebabnya kami akan mengambil tindakan lebih keras," kata Conte seperti dikutip dari Football Italia.

"Saya akan menandatangani dekrit baru, yang dapat disimpulkan dengan frasa" Aku tinggal di rumah. "Tidak ada lagi zona merah, hanya ada Italia yang dilindungi."

“Kita harus menghindari perjalanan kecuali karena alasan kerja yang dapat dibuktikan, alasan kesehatan atau keperluan lainnya. Kami melarang pertemuan publik yang besar."

Sumber asli: Football Italia 

Disadur dari: Liputan6.com (Thomas/Edu Krisnadefa, Published 10/3/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Jadwal Perempat Final Liga Champions, Cristiano Ronaldo Bisa Reuni dengan Real Madrid

Video Populer

Foto Populer