Sukses


11 Pemain yang Ditendang Jose Mourinho, Bisa Jadi Tim Menakutkan

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho merupakan satu di antara pelatih kawakan terbaik saat ini. Berbagai gelar telah dia raih bersama banyak klub besar seperti Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United.

Satu di antara prestasi bergengsi tersebut, yakni saat mengantar Inter Milan meraih treble winner pada musim 2009-2010.

Nama pelatih asal Portugal ini melabung setelah menjuarai Liga Champion bersama Porto pada edisi 2003-2004, sebelum ia merasakan gemerlap dan ketatnya Premier League bersama Chelsea.

Sepanjang karier melatihnya, Jose Mourinho telah menangani banyak pemain bintang, seperti Cristiano Ronaldo, John Terry, Iker Casillas, Didier Drobga, Petr Chech, dan masih banyak lagi.

Sebagai manajer, pria berusia 57 tahun ini juga bertanggung jawab atas pemilihan dan pencoretan pemain di setiap klub yang dibesutnya.

Tak sedikit keputusannya untuk menjual atau membeli pemain, berakhir dengan sebuah kegagalan atau penyesalan.

Banyak pemain yang mungkin saat ini atau ketika Mourinho tendang, berlabel sebagai pemain bintang. Jika pemain dengan kategori itu disatukan, bisa lahir satu tim yang tangguh.

Berikut Bola.com merangkum dari Give Me Sport, 11 pemain terbaik yang pernah dibuang Jose Mourinho, Kamis (9/4/2020).

2 dari 4 halaman

Petr Cech

1. Petr Cech

Jose Mourinho membuang Petr Chech dari Chelsea ke Arsenal pada 2015. Chech mengoleksi lebih dari 100 penampilan bersama the Blues selama berada di klub tersebut.

2. Glen Johnson

Glen Johnson mungkin jauh dari kata baik saat bermain di Chelsea. Namun, setelah kepindahannya ke Portsmouth pada 2007, ia menjadi andalan. Johnson menjadi pemain terbaik Portsmouth dan setelah dua tahun, ia masuk PFA Team of the Year.

3. William Gallas

Tampil reguler bersama Chelsea, tak menjamin tempat bagi William Gallas. Ia tetap dilego ke Arsenal sebagai bagian dari kesepakatan untuk mendatangkan Ashley Cole.

4. Leonardo Bonucci

William Gallas bukan satu-satunya pemain yang ditendang Mourinho dalam program pertukaran pemain. Pada 2009, The Special One menjual Leonardo Bonucci dan tiga pemain Inter Milan lainnya ke Genoa, seiring kedatangan Diego Milito dan Thiago Motta.

5. Filipe Luis

Filipe Luis menjadi satu di antara pemain tangguh yang pernah dijual Mourinho. Pemain asal Brasil itu kesulitan mendapatkan menit bermain di Chelsea dan akhirnya kembali ke klub sebelumnya, Atletico Madrid, pada 2015.

3 dari 4 halaman

Mohamed Salah

6. Mohamed Salah

Mohammed Salah sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari Jose Mourinho ketika berada di Chelsea, dan setelah 12 bulan sejak penyerang asal  Mesir tersebut menandatangani kontrak bersama The Blues, ia dipinjamkan ke Roma dengan opsi pembelian permanen.

7. Kevin de Bruyne

Entah apa alasan Jose Mourinho ketika itu tidak memberikan Kevin de Bruyne menit bermain yang cukup ketika bermain di Chelsea. Ia tercatat hanya memberi de Bruyne waktu enam bulan dan sembilan pertandingan sebelum menjualnya ke Wolfsburg pada 2014.

8. Juan Mata

Keputusan salah yang diambil Jose Mourinho berikutnya adalah ketika menjual Juan Mata ke Manchester United pada 2014. Gelandang asal Spanyol itu adalah satu di antara pemain terbaik yang dimiliki Chelsea, dan telah memenangi berbagai piala bergengsi seperti Liga Champions, Liga Eropa, dan Piala FA.

4 dari 4 halaman

Romelu Lukaku

9. Romelu Lukaku

Striker asal Belgia ini dilego Mourinho ke Everton dari Chelsea pada 2014. Satu di antara penyebabnya, minim kontribusi gol.

Anehnya, Mourinho menebus Lukaku lagi dari Everton ketika menukangi Manchester United, dengan menghabiskan dana 75 juta pounds.

10. Arjen Robben

Arjen Roben awalnya adalah pemain berharga milik Chelsea, sebelum cedera menghantamnya. Ketika dia ingin pergi ke Real Madrid pada 2007, Mourinho membiarkannya pergi dengan banderol 24 juta pounds. 

11. Zlatan Ibrahimovic

Mourinho menjual Zlatan Ibrahimovic dan mendapatkan Samuel Eto'o sebagai bagian dari kesepakatan pada 2009. Kesepakatan ini menjadi satu di antara pertukaran paling sensasional di bursa transfer, karena melibatkan dana hingga 69 juta euro.

Sumber: Give Me Sport

Samuel Eto'o, Alberto Gilardino dan 3 Pencetak Gol Terbanyak Dunia 2005

Video Populer

Foto Populer