Sukses


Ranking 5 Pemilik Klub Sepak Bola Paling Kaya di Dunia, Sheikh Mansour Teratas

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan olahraga paling populer di penjuru dunia. Wajar pastinya jika para pencinta sepak bola merasa kehilangan saat kompetisi harus dihentikan sementara waktu akibat pandemi virus corona seperti sekarang ini.

Saat ini, banyak agenda olahraga terutama sepak bola ditangguhkan sementara waktu, ada yang ditunda hingga tahun depan bahkan ada pula yang belum dipastikan lagi kapan digelar.

Di sisi lain, sepak bola dianggap sebagai industri cabang olahraga yang sangat menjanjikan. Hal tersebut membuat banyak orang melakukan investasi dengan mengakuisisi klub sepak bola ternama.

Warga Negara Indonesia, Erick Thohir, pernah menjadi pemilik saham mayoritas klub besar di Italia, Inter Milan. Pria yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN itu pernah mempunyai 70 persen saham mayorias Nerazzuri sebelum melepasnya pada pertengahan 2019 ke satu di antara perusahan Hong Kong.

Para investor tersebut, tidak hanya sekadar membeli klub, tetapi juga mengeluarkan dana fantastis untuk mendatangkan banyak pemain bintang di setiap periode transfer.

Para pemilik itu tentu ingin menjadikan klubnya sebagai yang terbaik dan meraih banyak gelar. Lantas, siapa pemilik klub paling kaya di dunia saat ini?

Berikut Bola.com merangkum, lima pemilik klub sepak bola terkaya di dunia, Rabu (15/4/2020). 

2 dari 6 halaman

5. Philip Anschutz (LA Galaxy)

Philip Anschutz diketahui memiliki bisnis dari sektor energi, hiburan hingga olahraga. Dari bisnis-bisnis tersebut Philip Anschutz mendapat pemasukan sekitar 10 miliar dolar atau setara Rp156 triliun.

Di tangan Philip Anschutz, LA Galaxy menjelma menjadi klub papan atas di Amerika Serikat. Pemain-pemain bintang yang pernah bermain untuk LA Galaxy antara lain, David Beckham, Zlatan Ibrahimovic hingga Chicarito.

3 dari 6 halaman

4. Roman Abramovich (Chelsea)

Beberapa klub seperti Manchester United, Newcastle United dan Tottenham Hotspur pernah masuk radar Roman Abramovich sebelum memutuskan membeli Chelsea. Kehadiran Abramovich pada Juni 2003 membuat the Blues mendapat banyak keuntungan.

Chelsea menjelma menjadi klub berbahaya di pentas Eropa seperti Liga Champions. Tak jarang klub asal London itu mendapat pemain yang diinginkan.

Pria asal Rusia itu diketahui memiliki kekayaan mencapai 12,4 miliar dolar atau setara Rp188 triliun.

4 dari 6 halaman

3. Andrea Agnelli (Juventus)

Juventus merupakan klub paling sukses di pentas Serie A. Hal itu dibuktikan dengan torehan gelar scudetto sebanyak sembilan kali secara beruntun.

Kesuksesan tersebut tak lepas dari pemilik klub, Andrea Agnelli. Keluarga Agnelli secara turun temurun telah memimpin Juventus sejak 1923.

Andrea Agnelli tercatat memiliki kekayaan senilai 13,5 miliar dolar atau setara Rp211 triliun. Pemasukan tersebut berasal dari usaha keluarga selaku pemilik FIAT Motor Grup.

5 dari 6 halaman

2. Dietrich Mateschitz (RB Leipzig dan Salzburg)

Dietrich Mateschitz merupakan investor asal Austria yang memiliki bisnis di bidang minuman energi, Reb Bull. Menurut Forbes, total kekayaan Dietrich Mateschitz senilai 22 miliar dolar atau setara Rp345 triliun.

Dietrich Mateschitz diketahui menanamkan modalnya di dua klub sepak bola, yakni RB Leipzig dan Salzburg.

Kedua klub tersebut bermain di dua kompetisi berbeda. RB Leipzig bermain di Bundesliga, Jerman. Sementara RB Salzburg bermain di kasta tertinggi sepak bola Austria.

Perlahan, kedua klub mampu menjadi pesaing klub-klub besar di Eropa. Musim ini, RB Leipzig menjadi pesaing ketat Bayern Munchen dalam perburuan gelar Bundesliga.

6 dari 6 halaman

1. Sheikh Mansour (Manchester City dan lainnya)

Saat ini, Manchester City dianggap sebagai satu di antara klub besar, baik di Inggris maupun Eropa. Hal tersebut tak lepas dari campur tangan pemilik klub, Sheikh Mansour. Pria asal Dubai, Uni Emirat Arab, itu mengakuisisi the Citizens pada 2008.

Sejak saat itu, Manchester City dikenal sebagai klub paling jorjoran dalam mengeluarkan uang untuk membeli pemain. Untuk kekayaan, Sheikh Mansour mempunyai harta sekitar 30 miliar dolar (Rp470 triliun).

Sheikh Mansour diketahui memiliki beberapa klub lain, seperti New York City dan Melbourne City.

 

Sumber: Ronaldo.com

Video Populer

Foto Populer