Sukses


VIDEO: Flashback Liga Champions, Borussia Dortmund Raih Gelar Juara Usai Kalahkan Juventus yang Bertabur Bintang

Bola.com, Jakarta Flashback Liga Champions kali ini akan melihat kemenangan Borussia Dortmund saat kalahkan Juventus di partai Final. Bintang Dortmund, Karl-Heinz Riedle mencetak dua gol pada pertandingan tersebut.

Partai final digelar pada tanggal 27 Mei 1997 di Olimpia Stadium, Munich. Ini merupakan partai final kedua secara beruntun untuk Juventus, setelah musim sebelumnya sukses juara saar mengalahkan Ajax Amsterdam lewat drama adu penalti. Pada musim 1996/1997 Juventus berkesempatan untuk meraih gelar Liga Champions kembali setelah tampil luar biasa sejak awal kompetisi.

Pada babak gugur Juventus lolos setelah mengalahkan Rosenborg dan Ajax Amsterdam. Juventus yang saat itu diarstiteki oleh Marcello Lippi tampil brilian saat mengalahkan Ajax dengan skor agregat 6-2.

Sedangkan Borussia Dortmund bisa dibilang sebagai tim yang dominan di Jerman pada musim itu. Di Fase Grup mereka lolos bersama Atletico Madrid dengan hanya menelan 1 kali kekalahan. Pada babak gugur, Borussia Dortmund sukses menyingkirkan Auxerre dan Manchester United hingga akhirnya melaju ke babak final menghadapi Juventus.

Pada babak final, kedua tim sama-sama menurunkan skuat terbaiknya. Juventus yang diisi oleh Zinedine Zidane dan Didier Deschamps menghadapi Borussia Dortmund yang berisikan Karl-Heinz Riedle dan Matthias Sammer.

Borussia Dortmund unggul 2 gol di babak pertama, Karl-Heinz Riedle menjadi bintang dengan memborong dua gol tersebut masing-masing pada menit ke-29 dan 34. Skor-20 bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua, Juventus terus melancarkan serangan, namun gol balasan baru bisa terjadi lewat aksi Alessandro Del Piero pada menit ke 65.

Juventus sebenarnya bisa saja bangkit dan mencetak gol tambahan setelah gol dari Del Piero tersebut. Namun keputusan pelatih Borussia Dortmund, Ottmar Hitzfeld yang memasukkan Lars Ricken pada menit ke 70 berbuah manis. Lars Ricken langsung mencetak gol tambahan bagi Dortmund 1 menit setelah ia memasuki lapangan. skor 3-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Dengan hasil ini, Juventus gagal mengulang prestasi pada musim sebelumnya. Sedangkan Borussia Dortmund berhasil meraih gelar Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

 

Susunan pemain

Borussia Dortmund : Stefan Klos,Matthias Sammer (c), Jürgen Kohler, Martin Kree, Stefan Reuter, Jörg Heinrich, Paul Lambert,Paulo Sousa,,Andreas Möller, Karl-Heinz Riedle, Chapuisat

cadangan : Wolfgang de Bee, Michael Zorc,Lars Ricken,René Tretschok,Heiko Herrlich

Juventus : Peruzzi, Porrini, Ciro Ferrara, Mark Iuliano, Paulo Montero, Didier Deschamps, Di Livio, Jugovic, Zinedine Zidane, Vieri, Alen Boksic

cadangan : Rampulla, Pessotto, Amoruso, Tacchinardi, Del Piero

 

Berikut cuplikan pertandingan antara Borussia Dortmund Vs Juventus dalam Flashback Liga Champions

Video Populer

Foto Populer