Sukses


Termasuk Jose Mourinho, Ini 5 Pelatih Top yang Telah Kehilangan Sentuhan Magis

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho merupakan pelatih kelas dunia yang kerap menghadirkan trofi bagi tim yang diasuh. Namun, magi the Spesial One mulai meredup sejak memenangi Premier League 2014-2015 bersama Chelsea.

Jose Mourinho malah dipecat di tengah-tengah kampanye musim 2015-2016 setelah Chelsea terseok-seok di papan bawah. Berstatus sebagai juara bertahan, posisi the Blues satu poin di atas zona degradasi.

Mourinho lalu menukangi Manchester United pada Juli 2016. Di musim debut, Mourinho sukses mempersembahkan trofi Liga Europa dan Piala Liga.

Namun, kegagalan Mourinho dalam mengendalikan ruang ganti pemain membuatnya dipecat pada Desember 2018. Hampir satu tahun kemudian, Jose Mourinho mendapat pekerjaan baru sebagai manajer Tottenham Hotspur.

Namun, sejauh ini Jose Mourinho gagal mengangkat prestasi tim London Utara tersebut. Mereka malah hancur lebur di Piala FA dan Liga Champions dalam waktu seminggu saja.

Banyak pundit beranggapan, taktik Jose Mourinho mulai usang dan tidak efektif untuk sepak bola sekarang.

Selain Jose Mourinho, Bola.com merangkum pelatih lain yang tangan magisnya mulai memudar, Kamis (30/4/2020).

2 dari 5 halaman

1. Jurgen Klinsmann

Jurgen Klinsmann merupakan mantan pelatih Timnas Jerman pada Piala Dunia 2006. Prestasinya cukup bagus, membawa Der Panzer lolos semifinal.

Namun, Klinsmann menolak memperpanjang kontrak dan memilih berkelana ke penjuru dunia. Ia sempat menukangi Bayern Munchen dan Timnas Amerika Serikat, yang tak menuai prestasi.

Klinsmann terakhir melatih Hertha Berlin. Kiprahnya bersama klub Bundesliga tersebut hanya sampai Februari 2020 karena kesalahan di bursa transfer.

3 dari 5 halaman

2. David Moyes

David Moyes memiliki mantra magis di Goodison Park. Ia membawa Everton lolos ke Liga Champions.

Namun, Moyes membuat keputusan fatal pada 2013 dengan pindah ke Manchester United. Setelah itu, karier Moyes berujung pemecatan dan pemecatan.

Setelah melatih Manchester United, David Moyes silih berganti tempat bersama Real Sociedad, Sunderland, dan kini di West Ham United.

4 dari 5 halaman

3. Claudio Ranieri

Claudio Ranieri pernah membuat kejutan dengan membawa tim sekelas Leicester City menjuarai Premier League. Pelatih berpaspor Italia itu juga meletakkan dasar dari kesuksesan Mourinho di periode pertama di Chelsea.

Sayang, semenjak dipecat Leicester City pada Febuari 2017, sentuhan magis Ranieri perlahan-lahan memudar. Terbaru, ia meninggalkan Sampdoria pada 2019 dan bisa jadi dia tak akan mendapatkan pekerjaan top lagi.

5 dari 5 halaman

4. Cesare Prandelli

Cesare Prandelli memiliki masa-masa cemerlang bersama Parma dan Fiorentina. Ia pernah dinobatkan sebagai pelatih Seria A terbaik pada 2008.

Prestasi tersebut membawanya membesut Timnas Italia. Meski sukses mencapai final Piala Eropa 2012, Timnas Italia gagal meraih juara setelah dibantai Spanyol 0-4.

Setelah itu, Prandelli juga gagal membawa Gil Azzurri lolos ke Piala Dunia 2014. Ia lalu melanglang buana tanpa mendapatkan gelar di tim yang diasuh.

Sumber: Give Me Sport

 

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Video Populer

Foto Populer