Sukses


5 Klub dari Lima Liga Top Eropa yang Belum Pernah Merasakan Turun Kasta

Bola.com, Jakarta - Saat ini, sejumlah liga top Eropa masih dihentikan sementara waktu akibat adanya pandemi virus corona. Sejauh ini, dari 5 liga top Eropa, baru Ligue 1 yang sudah berakhir lebih awal dan memberikan gelar kepada Paris Saint-Germain, klub yang berada di urutan teratas sebelum liga dihentikan.

Kondisi tersebut diyakini bisa menimbulkan drama tentang nasib empat liga top Eropa lainnya. Sebagai olahraga paling populer di dunia, sepak bola sering menyajikan drama, baik itu tim yang merasakan juara ataupun harus degradasi ke divisi bawahnya.

Turun kasta dianggap sebagai hukuman bagi klub yang tak bisa tampil maksimal sepanjang berlangsungnya kompetisi. Untuk bisa bertahan dalam kompetisi yang panjang tentunya bukan sesutau yang mudah.

Bahkan, klub-klub yang saat ini mempunyai nama besar dari lima liga top Eropa pernah merasakan turun kasta. Klub-klub tersebut ialah Atletico Madrid, AC Milan, hingga Juventus pernah degradasi ke kasta kedua.

Bahkan, semua klub yang bermain di kasta tertinggi di Jerman dan Inggris sudah pernah mencicipi rasanya degradasi. Itu artinya klub besar lain seperti Manchester United, Liverpool hingga Bayern Munchen juga pernah merasakannya.

Ketatnya kompetisi di Eropa tentu membuat jalannya liga berjalan dinamis. Alhasil, setiap musim ada klub yang harus terdegradasi ada juga yang promosi ke kasta tertinggi.

Sejauh ini masih ada beberapa klub dari lima liga top Eropa yang sukses bertahan di kasta tertinggi. Siapa sajakah mereka?

Berikut Bola.com merangkumnya dari Ronaldo.com, 5 klub dari lima liga top Eropa yang belum pernah merasakan turun kasta.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain awalnya merupakan perpecahan dari dua klub Paris FC dan Stade Saint-Germain pada 1972. Karena faktor administrasi, PSG harus mengawali perjalanan dari divisi ketiga.

Kemudian pada 1974 PSG kembali ke kasta tertinggi sepak bola Prancis, Ligue 1 dan tetap bertahan hingga saat ini.

3 dari 6 halaman

Inter Milan

Inter Milan menjadi satu-satu klub Serie A yang belum pernah merasakan turun kasta. Bahkan, Nerazzuri sudah menjadi juara hanya dua tahun setelah berdiri pada 1908.

Kini, total 18 gelar Scudetto sudah diraih klub yang bermarkas di Giuseppe Meazza itu.

4 dari 6 halaman

Athletic Bilbao

Kehadiran Athletic Bilbao dalam daftar ini bisa dikatakan cukup mengejutkan. Mengingat empat klub lainnya merupakan klub besar di Eropa saat ini.

Sejak berdiri pada 1898, klub yang bermarkas di San Memes itu belum pernah terdegradasi dari kasta tertinggi sepak bola Spanyol, La Liga.

5 dari 6 halaman

Barcelona

Barcelona menjadi satu di antara klub elite di La Liga. Hingga kini El Barca mampu bertahan dan bahkan menjadi klub yang banyak mengoleksi gelar La Liga.

Total 26 trofi yang sudah direngkuh klub asal Catalan itu sejauh ini. Bahkan, El Barca mampu meraih tujuh gelar dalam 10 tahun terakhir.

6 dari 6 halaman

Real Madrid

Serupa dengan Barcelona, Real Madrid juga merupakan satu di antara klub raksasa di La Liga. Klub yang bermarkas di Santiago Barnebeu itu menjadi pengoleksi gelar La Liga terbanyak dengan 33 trofi.

Selain itu, Real Madrid juga belum pernah merasakan pedihnya degradasi ke kasta di bawahnya sejak berdiri pada 1902.

Video Populer

Foto Populer