Sukses


Kabar Terkini Mantan Bintang Eropa, Cari Tahu di Mana Mereka Main Sekarang

Bola.com, Jakarta - Eropa, tak diragukan menjadi inti sepak bola dunia. Pemain-pemain berlomba menuju dan unjuk gigi di berbagai kompetisi di Benua Biru. Ada lima liga yang jadi favorit dan kini dikenal dengan sebutan top five.

Lima liga top Eropa itu, yakni La Liga (Spanyol), Bundesliga (Jerman), Serie A (Italia), Premier League (Inggris), dan Ligue 1 (Prancis).

Setelah merasa cukup, atau dalam beragam kasus lain, menerima iming-iming gaji lebih tinggi hingga didepak klub, para pemain itu lantas meninggalkan ketatnya persaingan di kompetisi Eropa.

Mantan-mantan bintang itu, khususnya yang pernah berkiprah di Premier League, kerap menjadikan kompetisi Major League Soccer (MLS) di Amerika Serikat serta Liga Super China sebagai penghentian terakhir sebelum gantung sepatu.

Di sana, para pemain itu masih bisa mendapatkan ketenaran serta gaji tinggi.

Bastian Schweinsteiger melakukannya. Andrea Pirlo melakukannya. Begitu juga Thierry Henry, dan masih ada yang lain lagi.

Kaitannya dengan itu, berikut Bola.com tampilkan kabar terkini mantan pemain bintang, yang mungkin tak Anda sangka masih bermain, dengan membela klub di berbagai penjuru dunia.

Robinho (Istanbul Basaksehir)

Robinho meninggalkan Atletico Mineiro pada 2017 dan gabung klub Turki, Sivasspor. Kini, mantan striker Real Madrid dan Manchester City itu membela Istanbul Basaksehir.

Dia menjalani musim yang kurang bagus lantaran hanya berhasil empat gol dalam 30 pertandingan.

Roque Santa Cruz (Olimpia)

Saat ini Roque Santa Cruz memperkuat klub masa mudanya, Olimpia. Meski sudah berusia 38 tahun, dia kembali ke Olimpia pada 2016 dan berhasil mempersembahkan gelar.

Mantan pemain Manchester City dan Bayer Muenchen ini telah mencatatkan lebih dari 200 gol dalam dua dekade terakhir kiprahnya. 

Eric Djemba-Djemba (Vallorbe-Ballaigues)

Gelandang asal Kamerun ini mencatatkan 31 penampilan di Premier League bersama Manchester United dan Aston Villa dari 2003-2007, sebelum gabung Burnley dengan status pinjaman.

Sembilan tahun berselang, Djemba-Djemba saat ini bermain di divisi kelima Liga Swiss bersama klub Vallorbe-Ballaigues.

Mario Gomez (VfB Stuttgart)

Striker asal Jerman ini pernah disebut sebagai salah seorang pemain hebat di dunia semasa membela Bayern Munchen.

Kini pemain berusia 34 tahun kembali membela klub masa mudanya, Stuttgart, setelah meninggalkan Wolfsburg pada 2018. Kiprahnya di divisi kedua Bundesliga itu terbilang berhasil.

Jo (Nagoya Grampus)

Jo pernah gabung Manchester City pada 2008, namun hanya mencetak satu gol di Premier League. Usianya kini 33 tahun.

Pemain asal Brasil ini bisa dibilang justru mencapai puncak kejayaannya saat ini, dengan gabung Nagoya Campus pada 2018. Jo mencatatkan 30 gol dalam 65 penampilan di klub J1 League tersebut. 

Nani - Orlando City

Nani masih menikmati masa jaya begitu kembali ke klub lamanya, Sporting CP, pada 2018 atau setelah keluar dari Manchester United.

Pada Februari lalu, pemain sayap berusia 33 tahun itu memperkuat Orlando City. Di MLS, dia telah mencetak 12 gol dalan 30 penampilan, bahkan dia didapuk sebagai kapten tim.

Maynor Figueroa (Houston Dynamo)

Legenda asal Honduras yang pernah mencetak satu di antara gol paling hebat sepanjang sejarah Premier League semasa membela Wigan ini, dalam beberapa tahun terakhir ini menjelma menjadi bintang MLS.

Di usianya yang sudah 36 tahun, Figueroa jadi bintang Houston Dynamo setelah mengecap kesuksesan bersama Colorado Rapids dan FC Dallas.

Emre Belozoglu (Fenerbahce)

Sudah berusia 39 tahun, namun Emre Belozoglu masih tangguh berkompetisi di kasta tertinggi Liga Turki bersama Fenerbahce.

Bahkan, mantan gelandang Inter Milan, Newcastle United, dan Atletico Madrid ini masih tampil secara reguler di Timnas Turki, dengan caps sudah mencapai 100.

Milan Baros (Banik Ostrava)

Mantan jagoan Liverpool, Milan Baros, memilih pulang kampung dengan membela klub Republik Ceska, Banik Ostrava.

Striker berusia 38 tahun ini masih tajam dengan mencatatkan 15 gol dalam 44 penampilan sejak gabung klub itu pada 2017.

Salomon Kalou (Hertha Berlin)

Pada 2014, Salomon Kalou merapat ke Hertha Berlin dan sejauh ini telah tampil dalam lebih dari 150 pertandingan mencatatkan lebih dari 50 gol.

Namun, musim ini tak berjalan mulus. Mantan penyerang Chelsea ini baru tujuh kali menjebol gawang lawan.

Hal itu karena dia lebih sering dicadangkan era pelatih Jurgen Klinsmann, namun sekarang dia boleh merasa lega karena nasibnya bisa lebih baik di tangan pelatih anyar, Alexander Nouri.

Maxi Rodriguez (Newell's Old Boys)

Kala membela Liverpool pada 2010-2012, Maxi Rodriguez, membukukan 15 gol dalam 57 penampilan. Setelah itu, pemain asal Argentina ini pulang ke klub kampung halaman, Newell’s Old Boys.

Dia sempat keluar dengan membela Penarol pada 2017-2018, namun akhirnya balik lagi ke Newell’s Old Boys pada awal musim 2019-2020.

Kiprahnya saat ini cukup lumayan untuk pemain berusia 39 tahun, dengan mengoleksi sembilan gol sejauh ini.

Keisuke Honda (Botafogo)

Pada 2020 ini, Keisuke Honda memperkuat klub Brasil, Botafogo. Di saat bersamaan, dia juga masih melatih Timnas Kamboja.

Claudio Pizarro (Werder Bremen)

Cukup luar biasa, Claudio Pizarro masih bermain buat Werder Bremen di usianya yang telah mencapai 41 tahun. Tak banyak striker yang bisa menorehkan prestasi semacam ini.

Namun, striker pemain Chelsea dan Bayern Munchen ini telah mengumumkan bakal gantung sepatu pada akhir musim ini.

Fabio Quagliarella (Sampdoria)

Penyerang veteran milik Sampdoria masih cukup kuat tampil di level tertinggi. Quagliarella saat ini berusia 37 tahun dan telah mencetak sembilan gol dan dua assist musim ini.

Michael Essien (Sabail)

Ini dia legenda Premier League. Di usia ke-37, Michael Essien masih tangguh. Dia mencicipi kompetisi di Yunani dan Indonesia, bersama Panathinaikos dan Persib Bandung.

Sejak 2019 dia membela klub Azerbaijan, Sabail, klub yang baru terbentuk empat tahun silam.

 

Sumber: Talksport

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer