Sukses


Kabar Pemain Lazio yang Dituduh Mencuri Umur 25 Tahun Lebih Muda

Bola.com, Jakarta - Pencurian umur ternyata tidak marak terjadi di sepak bola Indonesia. Di Italia, tepatnya Lazio, pernah ada satu kasus dugaan pencurian umur yang melibatkan Joseph-Marie Minala, pemain asal Kamerun.

Tercatat, ia kelahiran 24 Agustus 1996. Itu berarti, usianya baru akan 20 tahun nanti.

Pada usia 15 tahun, Minala meninggalkan kampung halamannya, Yaounde, Kamerun, untuk berguru di Lazio. Satu tahun di tim junior, ia pun promosi ke tim senior pada 2014.

Minala mulai terkenal pada saat itu. Usianya 17 tahun pada waktu itu. Namun, masalah kemudian muncul. Ada dugaan Minala tidak berusia 17 tahun, tetapi 42 tahun.

Sebuah situs sepak bola Afrika, Senego.net, mengklaim Minala berusia 42 tahun saat itu. Klaim itu berdasarkan wawancara dengan sang pemain. Akibatnya, rumor itu pun menjadi perhatian dunia.

"Saya telah membaca pernyataan di Senego.net mengenai umur saya. Pernyataan itu sangat berbeda dengan apa yang saya sampaikan kepada mereka. Itu merupakan informasi yang salah dan sengaja dikabarkan oleh orang-orang jahat," kata Minala waktu itu kepada BBC.

Minala merasa hasil wawancara dengan situs tersebut dipelintir. Orang-orang akhirnya menganggap wajahnya kasar untuk seorang remaja. Tetapi, hingga saat ini tidak ada bukti nyata yang mendukung dugaan itu benar.

Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC) juga menginvestigasi Minala. FIGC tidak menemukan bukti adanya pencurian umur. 

 
 
 
View this post on Instagram

C' mon eagle! ⚪🔵🦅 Questa è la mia aquila! ⚪🔵🦅 @official_sslazio #SerieA #Lazio #SSL #SSLazio #Puma #PumaFootball #PumaOne

A post shared by MJM5️⃣8️⃣🦍 (@minalajosephmarie) on

2 dari 3 halaman

Selalu Dipinjamkan

Akibat rumor itu, karier Minala di Lazio tak berkembang. Padahal, ia meneken kontrak hingga 2021.

Joseph Minala masih eksis sampai sekarang. Namun, ia tak pernah kembali ke Lazio. Ia selalu dipinjamkan sejak 2014. Di Lazio, dia hanya tampil dalam tiga laga.

Pada 2015, ia dipinjamkan ke Bari. Kemudian 2016 ke Latina, lalu ke Bari lagi dan pada 2017 ke Salernitana sampai 2019. Pada 2020, ia dipinjamkan ke klub China, Qingdao Huanghai.

Di klub China itu, Minala belum unjuk kemampuan karena China Super League belum dimulai akibat pandemi virus corona.

Sumber: Sportbibble

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer