Sukses


Dalam Angka Partai Schalke vs Borussia Dortmund Malam Ini, Derby Bertajuk Revierderby

Bola.com, Jakarta - Bundesliga is Back! Ya, Gelaran kasta tertinggi sepakbola Jerman itu akan digelar kembali pada hari ini setelah absen selama dua bulan akibat pandemi virus corona.

Tidak tanggung-tanggung, comeback Bundesliga kali ini ditandai dengan salah satu partai terpanas di sejarah Jerman. Sebuah laga bertajuk Revierderby akan digelar di Signal Iduna Park, di mana Borussia Dortmund akan dipertemukan dengan seteru abadi mereka, Schalke.

Sama-sama bermukim di area lebah Ruhr membuat rivalitas antara Schalke dan Dortmund ini sangat kental. Rivalitas antar kedua suporter ini sudah mendarah dagin dari generasi ke generasi, sehingga banyak yang menyebut Revierderby ini adalah Ibu dari segala Derby.

Sebagai rivalitas yang sudah berjalan selama bertahun-tahun, ada sekelumit kisah menarik dari partai ini. Ada sejumlah angak-angka yang menarik yang mampu menceritakan betapa sengitnya persaingan di laga ini.

Untuk itu kami mengajak Bolaneters untuk mengintip Revierderby ini dalam angka sebelum menyaksikan pertandingan ini diselenggarakan pada hari Sabtu (16/5/2020) malam nanti.

2 dari 4 halaman

Revierderby dalam Angka

24

Bagi penggemar kedua tim, mungkin hal berikut tidak terpikirkan di benak mereka, tetapi tidak kurang dari 24 pemain telah menyeberang sungai yang tampaknya tidak dapat diseberangi, dan bertukar sisi dari satu revier [teritori] ke revier yang lain. Di antara mereka adalah Jens Lehmann, Andreas Mueller, Steffen Freund, Christoph Metzelder, Kevin-Prince Boateng, dan Felipe Santana.

2-1

Bukan, ini bukan kuis renyah yang membuat anda berfikir “satu”, pun secara teknis pula adalah dua angka yang tak berarti apa-apa. Ini adalah skor final yang paling sering terjadi dalam pertemuan antar keduanya. Dari total 15 pertandingan yang berakhir dengan skor tersebut, Dortmund telah menang delapan kali dan Schalke tujuh.

12

Hanya pada dua belas kesempatan kedua tim gagal menghantarkan bola menemukan jaring, satu di antaranya terjadi di matchday ke-9 awal musim ini.

93

Adalah tiga menit memasuki waktu tambahan tepatnya pada 19 Desember 1997, ketika Jens Lehmann –saat masih berseragam biru-putih- menjadi kiper Schalke sekaligus Bundesliga pertama yang mencetak gol dari permainan terbuka, menyamakan kedudukan dalam hasil imbang 2-2 yang dramatis.

3 dari 4 halaman

Revierderby dalam Angka

 

7

Pendukung Schalke, alihkan muka kalian sekarang! Kenangan buruk tak terlupakan bagi fans Die Koenigsblauen ketika Dortmund mencatatkan skor tertinggi dalam sejarah Revierderby dengan kemenangan 7-0 atas musuh bebuyutan mereka pada 26 Februari 1966.

6

Meski demikian, pendukung Schalke bisa membalas dengan menunjukkan keberhasilan yang lebih aktual. Mereka memecahkan rekor Revierderby mereka sendiri dengan meraih kemenangan 6-1 atas Die Borussen pada 10 Desember 1985.

23

Legenda yang juga mantan kiper BVB Roman Weidenfeller telah tampil di 23 derby melawan Schalke, menang tujuh kali dan merasakan kekalahan pahit pada sembilan kesempatan. Ini adalah yang paling banyak di antara pemain saat ini di kedua skuad.

10

Sepuluh gol yang dicetak Lothar Emmerich ketika Dortmund melawan Schalke pada pertengahan 60’an membantu memperkuat status “cult hero”-nya di hati penggemar The Black and Yellows.

Sumber asli: Bundesliga

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, Published 16/5/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer