Sukses


Sisi Positif Kembalinya Bundesliga di Tengah Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Wabah virus corona menjadi teror bagi umat manusia dari berbagai belahan dunia. Namun dengan kembalinya Bundesliga, umat manusia diklaim sudah mengatasi virus tersebut.

Bundesliga sempat mengalami penundaan sejak bulan Maret lalu. Hal ini dikarenakan virus corona yang membuat China keteteran merambah ke Jerman dan memakan banyak korban jiwa.

Khusus di Jerman, menurut catatan Worldometer sampai berita ini diturunkan, diketahui bahwa ada lebih dari 175 ribu orang yang terjangkit virus Corona. Virus tersebut juga merenggut nyawa delapan ribu orang.

Setelah sekian lama, Bundesliga akhirnya kembali ke hadapan masyarakat. Kompetisi itu digelar lagi dengan serangkaian prosedur untuk menjaga keamanan semua pihak yang terlibat, mulai dari pemain sampai staf klub.

Kembalinya Bundesliga juga dipengaruhi oleh keberhasilan pemerintah Jerman dalam menurunkan jumlah kasus positif dalam beberapa pekan terakhir. Kebijakan lockdown juga sudah mulai dilonggarkan di sana.

2 dari 3 halaman

Hambar Tanpa Penonton

Pada akhir pekan ini, Bundesliga menggelar tiga laga seru yang salah satunya mempertemukan Borussia Dortmund dengan rivalnya, Schalke 04. Kembalinya Bundesliga disambut baik oleh pemain asal Kenya, Ronald Okoth.

"Sudah pasti ini adalah pertanda jelas kemenangan umat manusia atas virus corona. Ini adalah kemenangan besar sebab kami, dari berbagai belahan dunia, sedang melawan musuh yang sama - pandemi virus corona," ujarnya ke Goal International.

"Kembalinya Bundesliga adalah pernyataan tegas bahwa kami bisa melalui bencana ini. Kami hanya perlu menjalankan petunjuk yang sudah dibuat. Saya sudah melihat petunjuk kesehatan yang harus diikuti tim Bundesliga dan bila kami mengikuti mereka, pada akhirnya kami juga akan bisa ikut menang," lanjutnya. 

Namun perlu diketahui, Bundesliga tak memperbolehkan fans setiap klub untuk hadir di stadion. Kerumunan adalah hal yang wajib dihindari untuk menekan penyebaran COVID-19 dan itu menjadi persyaratan utama digelarnya kembali Bundesliga.

Okoth memang senang Bundesliga bisa kembali bergulir. Tetapi, pertandingan jadi terasa hambar karena euforia yang diciptakan pendukung masing-masing kesebelasan di stadion hilang.

"Kami sudah pasti akan merindukan atmosfir kejut yang selalu dibawa oleh fans," tambah pemain klub Premier League Kenya (KPL), Sofapaka, tersebut.

"Sisi baiknya, kami bisa melihat langkah-langkah ini diambil untuk melindungi kesehatan para pemain, fans, serta semua orang yang terlibat," pungkasnya.

Sumber: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 16/5/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer