Sukses


3 Hal yang Wajib Dibenahi Bayern Munchen Sebelum Berduel Kontra Barcelona

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen akan menghadapi Barcelona pada laga perempat final Liga Champions di Estadio da Luz, Lisbon, 15 Agustus 2020. Jika ingin melewati adangan El Barca, Die Bayern wajib membenahi sejumlah faktor.

The Bavarias lolos ke babak delapan besar Liga Champions setelah menyingkirkan Chelsea dengan agregat 7-1. Pada laga leg pertama 16 besar di Stamford Bridge, 26 Februari lalu, Bayern Munchen menang 3-0,

Adapun pada pertemuan kedua yang berlangsung di Allianz Arena, 9 Agustus 2020, Die Roten sukses membungkam The Blues dengan skor 4-1.

Di sisi lain, Barcelona melenggang ke perempat final setelah mengalahkan Napoli. Klub besutan Quique Setien itu menang dengan skor 3-1, dan membuat kedudukan agregat berubah menjadi 4-2.

Menilik rekam jejak pertemuan antara kedua tim, Bayern Munchen patut merasa berada di atas angin. Pasalnya, mereka hanya menelan dua kekalahan, dua hasil imbang, dan meraih enam kemenangan dari delapan pertemuan kontra El Barca.

Namun, bukan berarti Bayern Munchen boleh melonggarkan level kewaspadaannya. Sebab, Barcelona bukan lawan yang mudah dikalahkan. Los Cules adalah satu di antara kandidat juara pada musim ini.

Untuk bisa meraih kemenangan, ada baiknya The Bavarians memperbaiki sederet kelemahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa kelemahan Bayern Munchen yang harus diperbaiki sebelum bersua Barcelona.

Ingin lihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan highlights pertandingan Liga Champions, silakan klik di sini.

Jika kalian juga ingin melihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan cuplikan pertandingan Liga Europa, silakan klik di sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Menghindari Offside

Bayern Munchen memang memiliki lini depan yang sangat mumpuni untuk mengacak-acak pertahanan lawan. Akan tetapi, tidak jarang mereka gagal mencetak gol lantaran terjebak dalam posisi offside.

Contohnya adalah saat bertemu Werder Bremen di pentas Bundesliga. Mereka mencatatkan lima offside dalam laga tersebut. Beruntung, Die Bayern mampu menang dengan skor tipis 1-0.

Bayern Munchen memiliki materi serangan dengan kecepatan yang sangat tinggi, di mana seharusnya itu menjadi senjata utama untuk mengalahkan jebakan offside lawan. Kalau torehannya masih tinggi, maka masalahnya kemungkinan besar terletak di pemahaman taktik pemain yang rendah.

3 dari 4 halaman

Membendung Lionel Messi

Siapapun timnya, mereka harus menganggap Messi sebagai batu kryptonite buat dirinya. Kemampuan olah bola pemain berkebangsaan Argentina itu memang sudah berada di luar jangkauan nalar manusia biasa.

Saat menghadapi Napoli, Messi menciptakan gol dengan serangkaian aksi solo dan melepaskan tembakan dari sudut sempit. Ia masih mampu meliuk-liuk kendati pemain lawan telah memberikan kontak fisik secara bertubi-tubi.

Salah satu pemain Bayern Munchen, Jerome Boateng, pernah dipermalukan olehnya. Ia terkecoh aksi tipuan Messi dengan bola hingga membuatnya terjatuh, dan mencetak gol tanpa menemui kesulitan saat diterjang Manuel Neuer.

Momen itu terjadi pada tahun 2015 lalu, dan sampai sekarang Boateng masih menjadi salah satu andalan di lini pertahanan Die Bavarians. Ia harus segera memperbaiki dirinya agar tidak terkecoh lagi, dan ini berlaku buat semua pemain Munchen.

4 dari 4 halaman

Meminimalisir Peluang Lawan

Bayern Munchen tampil dengan sangat dominan sewaktu bertemu Chelsea. Mereka melepaskan 18 tembakan serta memiliki penguasaan bola sebesar 64 persen berbanding 36 persen.

Masalahnya, meskipun hanya diberikan penguasaan bola sekecil itu, Chelsea masih bisa membuat 10 tembakan yang empat di antaranya menemui sasaran. Manuel Neuer dkk masih terlalu berleha-leha membiarkan lawan menembak.

Munchen jelas tidak boleh membiarkan hal seperti itu terulang lagi saat menghadapi Barcelona. Sebab Lionel Messi dkk memiliki kemampuan untuk memberi hukuman kepada Die Bavarians dalam kondisi lengah ataupun siaga.

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Yaumil Azis/Published: 10/08/2020)

Video Populer

Foto Populer