Sukses


5 Bek Kanan Terbaik Sepanjang Masa, Punya Kecepatan dan Diandalkan Membangun Serangan

Bola.com, Jakarta - Dalam sepak bola, pemain dengan posisi sebagai bek kanan memiliki peran penting. Tak hanya sekadar menjaga pertahanan, pemain di posisi ini juga dikenal punya kemampuan lain yang mumpuni.

Bek kanan biasanya dikenal memiliki kecepatan berlari dan lincah. Pemain di posisi ini tak hanya punya tugas menjaga lini pertahanan, tapi juga sering diandalkan dalam membangun serangan.

Setelah merebut bola dari kaki lawan, seorang bek kanan langsung berlari ke lini tengah hingga daerah pertahanan lawan. Mereka juga biasa dikenal sebagai pelepas umpan silang yang ulung.

Meskipun sering membantu serangan, bek kanan juga dikenal disiplin. Andai pola serangan yang dibangun terputus di kaki lawan, mereka dengan sigap kembali ke posisi aslinya dengan kecepatan yang dimiliki.

Sepak bola dunia dahulu kala mengenal para bek kanan dengan kualitas gemilang. Contohnya adalah Djalma Santos, Carlos Alberto, Giuseppe Bergomi, hingga Cafu.

Namun, memasuki era 2000an, muncul nama-nama bek kanan baru dengan gaya permainan yang tak kalah gemilang. Mereka merupakan bek kanan dengan gaya permainan yang modern dan menghibur.

Lantas, siapa saja bek kanan yang layak masuk kategori terbaik sepanjang masa? Berikut ini lima nama bek kanan dengan kemampuan terbaik versi Bola.com.

2 dari 7 halaman

Gianluca Zambrotta

Gianluca Zambrotta bisa dikatakan sebagai bek kanan yang komplet. Pemain asal Italia dikenal tak kenal lelah saat bermain, mampu membangun serangan dari lini belakang, hingga memberikan umpan silang yang baik.

Zambrotta juga merupakan pemain yang konsisten dengan kompetensinya. Terkadang, Zambrotta harus melakukan tugas kotor demi menjaga area pertahanannya.

Zambrotta memiliki kekuatan pada kedua kakinya yang bisa memperdaya lawan. Selain itu, pemain berpostur 181 cm itu juga dikenal punya tekel yang berbahaya.

3 dari 7 halaman

Gary Neville

Gary Neville menjadi bagian dari kesuksesan Manchester United rentang 1992-2001. Bermain di bawah komando Sir Alex Ferguson, Gary Neville ditempa menjadi bek kanan paling berpengaruh di Inggris dan dunia.

Gary Neville dikenal sebagai bek kanan yang memiliki gairah tinggi, pressing baik, dan determinasi gemilang. Pemain asal Inggris itu juga memiliki keterampilan teknis yang dibutuhkan saat bertahan.

Selain andal dalam bertahan, Gary Neville juga kerap membantu serangan. Gary Neville dikenal memiliki umpan silang yang sangat baik dan sering dimanfaatkan David Beckham melalui sundulan.

4 dari 7 halaman

Dani Alves

Tak bisa dimungkiri, Dani Alves punya karier yang cemerlang sebagai bek kanan. Pemain asal Brasil itu telah menghabiskan karier bersama klub-klub top di dunia.

Dani Alves dikenal sebagai bek kanan yang memiliki kelincahan. Alves kerap membantu serangan dan memasok bola ke depan.

Sampai saat ini, Alves sudah mengemas 37 gelar dalam karier di klub. Sebagian besar diraih ketika berseragam Barcelona dalam rentang 2008-2016.

5 dari 7 halaman

Javier Zanetti

Javier Zanetti juga dikenal sebagai bek kanan terbaik sepanjang masa. Pemain asal Argetina itu menghasilkan karier yang cemerlang sepanjang lebih dari 22 tahun berkarier sebagai pesepak bola.

Puncak karier Zanetti terjadi di Inter Milan pada rentang 1995-2014. Zanetti menghasilkan lebih dari 850 penampilan dan sukses mempersembahkan 16 gelar juara.

Kehadiran Zanetti membuat lini belakang Inter Milan konsisten. Zanetti menjadi pengatur pertahanan Inter dan juga pemimpin sejati yang juga bisa diandalkan dalam membangun serangan dari belakang.

6 dari 7 halaman

Philipp Lahm

Philipp Lahm merupakan pemain serbaguna yang tak hanya bisa diandalkan sebagai bek kanan. Pemain asal Jerman itu juga bisa dipakai di sektor kiri pertahanan hingga gelandang bertahan.

Namun, sebagian kariernya dihabiskan sebagai bek kanan. Philipp Lahm merupakan bek kanan dengan tingkat kejeniusan tinggi.

Philipp Lahm mampu membaca pergerakan penyerang lawan dengan sempurna. Selain itu, Philipp Lahm juga memiliki permainan indah yang enak untuk ditonton.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

4 Pesepak Bola yang Juga Seorang Penyanyi, Sergio Ramos Ternyata Punya Suara Merdu

Video Populer

Foto Populer