Sukses


Superstar: Dayot Upamecano, Layak Dikejar Tim-Tim Raksasa Liga Inggris, Liga Spanyol dan Liga Italia

Bola.com, Jakarta - Timnas Prancis saat ini memiliki begitu banyak pilihan untuk posisi bek tengah, satu di antaranya adalah Dayot Upamecano, pemain muda yang punya potensi besar. Klub-klub raksasa Liga Italia, Liga Inggris, dan Liga Spanyol dikabarkan tertarik meminangnya.

Pemain berusia 21 tahun itu bergabung bersama RB Leipzig dari Red Bull Salzburg pada 2017 dengan harga 10 juta euro. Dayot Upamecano kemudian telah menjadi bek tengah paling diinginkan di dunia karena performanya bersama klub Jerman itu.

Pemain yang sempat merasakan sseragam Timnas Prancis U-21 ini telah membuktikan dirinya sebagai seorang bek muda terbaik di Bundesliga, dengan kecerdasannya saat bertanding dan juga kemampuan fisiknya yang merupakan aset vital bagi Julian Nagelsmann.

Ia telah menjadi nama pertama dalam tim ketika dalam keadaan fit. Musim ini, ia telah tampil dalam 36 pertandingan di semua kompetisi, dan memberikan satu assist.

Ia mencatatkan 3,4 tekel dan intesep per pertandingan, juga 3 clearance. Ia menjadi yang terbanyak di dalam skuat Leipzig dalam hal rata-rata umpan per pertandingan.

Dengan menyisakan satu tahun dalam kontraknya, Dayot Upamecano sudah dikabarkan menarik minat sejumlah klub top Eropa, mulai dari Liga Italia, Liga Inggris, hingga Liga Spanyol. Manchester United, Arsenal, Chelsea, dan Bayern Munchen sudah disebut-sebut tertarik untuk merekrutnya.

2 dari 5 halaman

AC Milan

Pada awal Juli, AC Milan diberitakan tertarik mendatangkan pemain belakang RB Leipzig, Dayot Upamecano, pada bursa transfer musim panas 2019. Calciomercato, Kamis (11/7/2019), menulis jika Direktur Olahraga Rossoneri, Ricky Massara, mengagumi sosok Dayot Upamecano.

Seperti diketahui, AC Milan ingin mendatangkan bek baru pada bursa transfer musim panas 2019. Kini, Rossoneri hanya mempunyai tiga bek tengah, yakni Alessio Romagnoli, Mateo Musaccio dan Mattia Caldara.

AC Milan masih membutuhkan pengganti Cristian Zapata. Rossoneri memutuskan untuk tidak memperpanjang masa bakti Zapata yang berakhir pada Juni 2019.

Pada bursa transfer musim panas 2019, AC Milan mendatangkan dua pemain anyar, yaitu Theo Hernandez dan Rade Krunic. Dua pemain tersebut membuat Rossoneri mengeluarkan uang mencapai 28 juta euro.

3 dari 5 halaman

Arsenal, Liverpool, dan Manchester United

Ketertarikan Manchester United terhadap Dayot Upamecano sudah diisukan sejak Februari 2019. Namun, manajemen Setan Merah tampaknya masih ragu saat itu karena pada saat yang bersamaan mereka juga mengincar Kalidou Koulibaly yang dinilai lebih matang secara usia dan permainan.

Liverpool malah sejak 2017 sudah diberitakan mengincaar tanda tangan Dayot Upamecano. Saat itu usianya masih 18 tahun.

Kini, Liverpool sudah memiliki Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip di sektor pertahanan. Akan tetapi, bukan tidak mungkin The Reds masih menginginkannya. Apalagi, Jurgen Klopp diketahui suka mengimpor bek dari Bundesliga Jerman.

Yang terbaru, Arsenal. CEO RB Leipzig, Oliver Mintzlaff, mengkonfirmasi bahwa RB Leipzig telah memberikan pilihan pada Dayot Upamecano. Pemain berusia 21 tahun diberi opsi menerima kontrak baru atau dilepas pada awal musim 2020/2020.

"Upamecano adalah pemain yang sangat penting bagi kami dan salah satu talenta yang paling dicari di posisinya," kata Mintzlaff kepada Bild.

"Satu hal yang bisa kami pastikan adalah bahwa kami punya pemahaman yang sangat jelas dengannya dan agennya bahwa ia tidak akan diizinkan untuk pergi secara gratis."

"Ada dua opsi untuknya. Dia akan menandatangani perpanjangan kontrak atau pergi," ucap Oliver Mintzlaff.

Kontrak Dayot Upamecano bakal habis pada 30 Juni 2021. Sejauh ini, belum ada kontrak baru yang disepakati. Andai situasi terus berlanjut, mala Upamecano bisa pindah secara gratis pada tengah musim depan.

4 dari 5 halaman

Barcelona dan Real Madrid

Sama seperti Liverpool dan Manchester United, Barcelona sudah lama mengendus potensi Dayot Upamecano. Tim asal Catalunya itu diketahui mengincar bek tersebut sejak 2018.

Bahkan ketika itu, Barcelona turut mengincar Timo Werner, striker muda Timnas Jerman yang saat ini telah resmi membela Chelsea per 2020/2021.

Real Madrid yang menutup musim 2019/2020 dengan catatan apik dengan keluar sebagai juara Liga Spanyol tak mau ketinggalan. Sang pelatih, Zinedine Zidane, menginginkan skuat yang lebih kompetitif untuk musim depan, dengan harapan tidak hanya dominan di Spanyol, tapi juga di Eropa

AS melansir posisi yang ingin diperkuat Zidane satu di antaranya adalah lini pertahanan. Pelatih asal Prancis itu ingin mendatangkan Dayot Upamecano dari RB Leipzig.

Menurut laporan tersebut, Real Madrid sebenarnya sudah lama mengincar sosok Dayot Upamecano. Bek berusia 21 tahun itu sudah diamati tim pemandu bakat Real Madrid cukup lama. Pasalnya ia menunjukkan performa yang apik di lini pertahanan Leipzig.

Real Madrid makin yakin membeli Upamecano setelah ia tampil menawan di Liga Champions musim ini. Jadi Zidane ingin sang bek merapat ke Santiago Bernabeu.

5 dari 5 halaman

Video

Prediksi Liga Inggris, Manchester City Vs Manchester United

Video Populer

Foto Populer