Sukses


6 Penalti yang Tidak Disahkan Wasit : Lionel Messi dan Paul Pogba Kena Kartu Kuning

Bola.com, Jakarta - Penalti menjadi momok bagi sang penendang dan kiper. Tak sedikit para eksekutor dan penjaga gawang harus berurusan dengan wasit, mulai dari penentuan letak bola, aturan zona gerak sampai hal-hal berbau nonteknis lainnya.

Nah, dalam sepak bola modern, aturan penalti sudah berubah beberapa kali. Tak heran jika seorang Lionel Messi dan Son Heung-min pernah mendapat kartu kuning karena dianggap menyalahi ketentuan yang berlaku.

Tendangan penalti memang selalu dianggap mudah oleh kebanyakan orang, tetapi bagi mereka yang bermain sepak bola hal itu cukup sulit. Bisa dikatakan seperti itu karena penendang harus menyiapkan mental dan teknik menendang yang baik.

Teknik-teknik yang digunakan eksekutor penalti beragam. Mereka sudah menjalani latihan dan dipilih secara khusus guna menjadi pilihan pertama. Tapi Anda pernah lihat, kalau beberapa pemain besar yang menjadi eksekutor mengulang tendangan penalti karena wasit menganggap tendangan pertama tidak sah. Ya, hal ini pernah terjadi, bahkan di laga-laga besar.

Kejadian tersebut pernah menimpa pemain bintang Barcelona, Lionel Messi, dalam pertandingan Liga Champions melawan AC Milan. Lionel Messi melakukan tendangan paradinha, bukannya mendapat gol malah berbuah kartu kuning. Tetapi saat penalti diulang kedua kalinya, gol tetap terjadi.

 

Video Messi

2 dari 8 halaman

Apa Itu Paradinha

Bagi Anda yang belum tahu, paradinha merupakan gerakan berhenti sejenak sebelum menendang ke gawang. Gerakan ini sudah dilarang FIFA sejak Mei 2010 karena dikategorikan tindakan tidak sportif. Jika tetap dilakukan, pemain akan mendapat kartu kuning dari wasit.

Oleh karena itu, penalti tidak hanya menendang bola dari titik putih, tetapi ada aturan yang harus dipatuhi, baik penendang maupun penjaga gawang. Berikut momen eksekutor penalti yang dianggap tidak sah, dan dilakukan nama-nama besar.

 

3 dari 8 halaman

Riyad Mahrez

Riyad Mahrez mendapat kesempatan menjadi eksekutor penalti saat Leicester City bertemu Manchester City di Premier League 2017/2018. Bagi kalian yang menonton pertandingan tersebut, memang Mahrez terlihat seperti biasa saja dalam mengeksekusi bola, tetapi wasit membatalkan gol tersebut.

Ternyata, wasit meenganulir gol tersebut karena melihat tembakan Mahrez membentur kakinya terlebih dahulu. Wasit berargumen, penalti tidak sah bila dua sentuhan terjadi pada orang yang sama.

 

4 dari 8 halaman

Son Heung-min

Seperti halnya yang dilakukan Messi, Son melakukan penalti dengan gerakan paradinha, yakni berhenti sejenak sebelum melakukan eksekusi penalti. Aksi yang dilakukan Son dianggap melanggar aturan FIFA, sehingga pemain asal Korea Selatan tersebut diganjar dengan kartu kuning.

 

5 dari 8 halaman

Paul Pogba

Pemain andalan Prancis ini juga pernah melakukan hal yang sama seperti Messi dan Son. Diawali dengan lari-lari kecil, saat hendak menendang bola, Pogba berhenti sejenak kemudian langsung menendang.

Wasit memang meniup peluit, tetapi bukan tiupan untuk gol, melainkan membatalkan gol tersebut. Pogba sudah melanggar aturan FIFA dan mendapat kartu kuning. Apesnya, ia harus keluar lebih cepat karena saat itu mendapat kartu kuning yang kedua.

 

6 dari 8 halaman

Matt Richie

Pemain Newcastle United ini tampak kebingungan saat berhasil menggetarkan jala lawan melalui penalti, tapi dianulir wasit. Usut punya usut, wasit melihat banyak pemain yang sudah masuk ke dalam area kotak penalti, sehingga menganggap telah terjadi pelanggaran.

Padahal, saat itu Richie melakukan penalti secara sempurna dan berhasil, tetapi peraturan tetap harus ditegakkan.

 

7 dari 8 halaman

Marek Hamsik

Ia harus pasrah saat tendangan penaltinya dianulir wasit. Hamsik harus mengulang tendangan karena terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti.

Pelanggaran tersebut dilakukan pemain lain, dimana sang eksekutor belum menendang bola, tetapi sudah ada beberapa pemain yang masuk ke dalam kotak penalti.

 

8 dari 8 halaman

Cristiano Ronaldo

Mega bintang milik Portugal ini melakukan kesalahan yang sama dalam mengeksekusi penalti. Seperti Lionel Messi, Song Heung-min, dan Paul Pogba, sebelum menendang bola, ia sempat membuat gerakan berhenti sejenak.

Oleh karena itu wasit menganulir golnya. Kejadian ini ada ketika Ronaldo masih menggunakan seragam Manchester United. (Fabio Nainggolan)

Sumber: YouTube

Video Populer

Foto Populer