Sukses


10 Pemain Ini Begitu Setia Memperkuat Satu Tim di 5 Liga Top Eropa (Bagian 2-Habis)

Bola.com, Jakarta - Di tengah ekspansi transfer besar-besaran yang terjadi di era sepak bola modern, bertahan di satu klub dalam jangka waktu lama tentu menjadi sulit. Namun, saat ini di lima liga top Eropa, masih terdapat beberapa pesepak bola yang mampu bertahan hingga belasan tahun.

Loyalitas yang diberikan pemain tersebut menjadi salah satu hal spesial dan sulit dicari di sepak bola belakangan ini. Meskipun tawaran besar kerap mendatangi, beberapa pemain ini nyatanya lebih memilih untuk bertahan di klubnya.

Sedekade lebih membela klub yang sama tentu membuat seorang pemain menjadi kesayangan dari para penggemar. Melihat pemain loyal seperti itu tentu sulit membayangkan bagaimana jika pemain kesayangannya berkostum klub lain.

Salah satunya sang mega bintang Lionel Messi yang telah lama menjadi simbol Barcelona. Kondisi berantakan yang terjadi di musim lalu membuat kabar Messi ingin pergi berhembus kencang, penggemar pun melakukan berbagai aksi dan tidak rela jika pemain kecintaannya pergi.

Hal yang tentu bisa saja terjadi kepada pemain-pemain berikut yang sudah setia berada di satu klub selama bertahun-tahun. Siapa saja pemain setia di lima liga top Eropa kini? Berikut data lanjutan dari artikel sebelumnya: 

2 dari 7 halaman

6. Jessy Moulin (Saint Etienne)

Jessy Moulin memulai karir profesionalnya tahun 2005 dengan kostumnya yang masih sama hingga kini yakni Saint Etienne. Karirnya yang kurang lancar di Etienne tidak membuat, Jessy Moulin memalingkan pandangannya dari klub awalnya tersebut.

Beberapa kali Moulin belum bisa menjadi andalan tim dan banyak dipinjamkan. Dari tahun 2008 hingga 2012, Moulin dipinjamkan ke tiga klub berbeda. Hingga musim kemarin, Moulin masih belum menjadi andalan tim.

Tercatat selama 15 tahun karirnya di Etienne, Moulin hanya menampilkan 44 pertandingan bersama Etienne. Dengan musim ini, dia mulai tampil reguler dan sudah delapan kali di Ligue 1.

3 dari 7 halaman

7. Oier (Osasuna)

Osasuna memiliki seorang kapten yang begitu mengenal klub dengan 15 tahun karirnya dihabiskan di klub ini. Pemain tersebut adalah Oier Sanjurjo, yang merupakan sosok pemimpin sejati tim sebagai jangkar di lini tengah.

Oier telah menghabiskan karirnya di Osasuna sejak awal karir profesionalnya, dan kini dia telah mencatatkan 299 pertandingan bersama Osasuna. Sempat dipinjamkan ke Celta Vigo di musim 2011/12, Oier kemudian kembali hingga kini meskipun Osasuna sempat terdegradasi.

4 dari 7 halaman

8. Sergio Alvarez (Celta Vigo)

Penjaga gawang selanjutnya yang setia membela satu tim adalah Sergio Alvarez. Dari tahun 2004 hingga kini, Alvarez tidak pernah benar-benar meninggalkan klubnya. Alvarez bahkan rela berada lama di Celta Vigo B dari 2004 hingga 2011.

Musim 2011/12, Sergio Alvarez akhirnya menerima panggilan tim utama Celta Vigo. Sejak saat itu meskipun karirnya naik turun bersam Celta Vigo, Alvarez tidak pernah meninggalkan klub.

Sergio Alvarez selalu siap jika dirinya diplot sebagai kiper utama atau pun hanya sekedar menjadi pelapis. Selama 16 tahun pengabdiannya Alvarez tampil di Celta Vigo B sebanyak 32 kali, dan 186 kali di Celta Vigo.

5 dari 7 halaman

9. Mark Noble (West Ham United)

Banyak pemain yang menjadikan West Ham sebagai perantara untuk menuju klub yang lebih besar, seperti Carlos Tevez, John Terry hingga Rio Ferdiand. Di samping nama-nama tersebut ada satu nama yang setia bersama West Ham sejak 2004, yaitu Mark Noble.

Selama 16 tahun karir sepak bolanya, Mark Noble tidak pernah benar-benar meninggalkan West Ham. Sempat dipinjamkan ke dua tim Hull City dan Ipswich Town di usia muda, setelahnya Mark Noble menjadi kesayangan penggemar dan bagian penting tim.

Hal yang membawanya ditunjuk sebagai kapten tim hingga kini. Bersama The Hammers, Mark Noble telah malang melintang dari bermain di Championship hingga kembali ke Premier League. Kini Noble telah memiliki 506 pertandingan di semua kompetisi bersama West Ham.

6 dari 7 halaman

10. Lionel Messi (Barcelona)

Satu nama yang sempat menghebohkan bursa transfer musim panas 2020 adalah Lionel Messi. Setelah mengabdi sejak masih di La Masia hingga menjadi pemain terbaik dunia enam kali bersama Barcelona, Messi dikabarkan menginginkan pergi dari tim.

Bobroknya kebijakan yang dilakukan pemilik tim membuat Messi sangat marah, namun akhirnya kecintaan pada Barcelona juga yang meluluhkan hati Messi. Hingga kini Lionel Messi akhirnya masih berseragam Barcelona dan menerima lengan kapten sejak kepergian Iniesta.

Sepanjang 16 tahun karirnya tersebut Lionel Messi menggila dengan gelontoran golnya. Tercatat dia telah tampil 737 kali dan mencetak 636 gol serta 281 assists di semua kompetisi bersama Barca.

 

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Muhamad Raka Saputra/Asad Arifin, Published 26/10/2020)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

5 Pemain Termahal Bundesliga, Erling Haaland Geser Jadon Sancho

Video Populer

Foto Populer