Sukses


Zlatan Ibrahimovic dan 4 Pesepak Bola Lain yang Berpotensi Pensiun Penghujung Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Konon pesepak bola paling takut dengan kata-kata pensiun. Maklum mereka tiba-tiba harus mengucapkan selamat tinggal setelah beraksi di lapangan hijau selama bertahun-tahun.

Sebagian besar pemain yang sudah pensiun bisa kembali ke dunia sepak bola dalam peran sebagai pelatih atau agen pemain. Namun, adrenalin yang muncul saat berada di lapangan tidak akan pernah bisa diganti atau ditiru.

Ada pesepak bola seperti Eric Cantona yang memutuskan gantung sepatu di usia yang relatif muda dan berada di puncak permainannya. Namun, rata-rata aktor lapangan hijau berhenti bermain di usia 35 tahun ke atas.

Namun, tren yang dilakukan pesepak bola ternama saat ini adalah melanjutkan karier mereka di liga-liga di Asia atau Amerika Serikat. Kompetisi di sana tidak terlalu berat, tetapi uang yang diperoleh cukup lumayan.

Saat ini ada sejumlah pemain ternama yang tengah memasuki akhir dari karier mereka. Bisa jadi mereka akan mengambil keputusan pensiun pada tahun depan.

Berikut ini lima pemain top yang bisa pensiun pada tahun 2021 mendatang seperti dilansir Sportskeeda.

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

Lukasz Piszczek

Juara Bundesliga dua kali bersama Borussia Dortmund, Lukasz Piszczek telah menjadi pemain setia di klub Jerman tersebut sejak 2010-11. Ia juga berperan penting dalam membantu mereka menjadi juara Jerman serta mencapai final Liga Champions pada 2013.

Bek kanan Polandia itu sebenarnya sudah mengumumkan bahwa ia akan berhenti bermain sepak bola pada tahun 2020. Namun, Piszczek pada akhirnya menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun yang membuatnya tetap berada di klub hingga 2021.

Ketika pada akhirnya mengakhiri karier sebagai pesepak bola, Piszczek pasti akan dianggap sebagai legenda Dortmund. Ia tidak selalu menjadi pusat perhatian tetapi menjadi bagian dari kesuksesan tim.

3 dari 6 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic mungkin saja tidak akan pensiun dalam waktu dekat. Pasalnya, sang pemain sedang dalam performa yang menakjubkan saat ini dan sendirian mendongkrak performa AC Milan.

Rossoneri saat ini berada di puncak klasemen Serie A 2020-21, memenangkan lima dari tujuh pertandingan pembukaan mereka musim ini. Mereka hanya kalah sekali saat berhadapan dengan Lille dalam ajang Liga Europa.

Meski penampilannya masih mengesankan, Ibrahimovic saat ini sudah berusia 39 tahun. Dia mungkin akan memilih untuk mengakhiri kariernya dengan menghentikan hegemoni Juventus dalam ajang Serie A.

4 dari 6 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney memiliki pilihan karier yang aneh setelah bermain di Manchester United. Sementara rival hebatnya seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo terus bersinar di klub-klub top, ia pergi ke Everton dan kemudian ke MLS.

Rooney saat ini berstatus sebagai player-manager di klub Derby County. Ia juga menjabat sebagai kapten klub dan sayangnya mereka sekarang berada di posisi juru kunci di Championship.

Mantan striker timnas Inggris itu sekarang sudah berusia 35 tahun. Rooney mungkin akan pensiun sebagai pemain pada tahun depan agar bisa fokus sepenuhnya dalam peran manajer.

5 dari 6 halaman

Franck Ribery

Franck Ribery pernah meraih kesuksesan besar bersama Bayern Munchen. Setelah meninggalkan Jerman, pemain Prancis itu kemudian melanjutkan kariernya di Fiorentina.

Ribery sudah tampil cukup bagus untuk klub Italia tersebut. Dari 27 penampilan, mantan pemain Marseille itu mampu mencetak tiga gol dan lima assist.

Namun, itu bukan berarti Ribery akan terus bermain. Ribery sudah memasuki usia 37 tahun dan bisa gantung sepatu saat kontraknya bersama La Viola berakhir pada akhir musim.

6 dari 6 halaman

Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon merupakan salah satu kiper terbaik di dunia. Pemain asal italia itu menghabiskan sebagian besar kariernya di Juventus.

Buffon juga sudah meraih banyak gelar dalam sepanjang kariernya di level klub kecuali Liga Champions. Ia juga pernah mengangkat Piala Dunia saat membela negaranya.

Mantan pemain Parma itu saat ini sudah tidak menjadi pilihan utama di bawah mistar. Buffon sudah berusia 42 tahun dan bisa mengakhiri kariernya dalam waktu dekat.

 

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 11/11/2020)

Video Populer

Foto Populer