Sukses


9 Fakta Menarik Setelah Timnas Inggris Takluk dari Belgia

Bola.com, Leuven - Timnas Inggris takluk dua gol tanpa balas dari Belgia pada laga kelima Grup 2 Liga A UEFA Nations League 2020/2021. Hasil minor tersebut membuat Inggris gagal lolos ke semifinal.

Menjalani pertandingan di King Power at Den Dreef, Senin (16/11/2020) dini hari WIB, Tim Tiga Singa menguasai jalannya pertandingan. Timnas Inggris mencatatkan 57 persen penguasaan bola, berbanding 43 persen milik Belgia.

Selain itu, Inggris juga melepaskan 15 tembakan yang dua di antaranya mengarah ke gawang. Adapun De Rode Duivels memperoleh tiga peluang bagus dari delapan kesempatan.

Meski tampil dominan, The Three Lions kalah efektif dibandingkan Belgia. Alhasil, Timnas Inggris harus mengakui keunggulan Belgia dan menyerah dengan skor 0-2. Sepasang gol Timnas Belgia disarangkan Youri Tielemans pada menit ke-10 dan Dries Mertens menit ke-23.

Hasil tersebut membuat Inggris kini berada di peringkat ketiga Grup 2 Liga A dengan nilai tujuh. Mereka tertinggal lima poin dari Belgia yang menghuni posisi teratas.

Dengan satu laga tersisa, Timnas Inggris mustahil mengejar perolehan poin Belgia. Alhasil, The Three Lions dipastikan gagal lolos ke semifinal UEFA Nations League musim ini.

 

2 dari 4 halaman

Data dan Fakta

1. Timnas Inggris untuk pertama kalinya menelan dua kekalahan beruntun pada turnamen internasional. Sebelumnya, Inggris pernah kalah dalam tiga pertandingan secara beruntun dari Juli hingga September 2018.

2. Duel kontra Inggris menjadi pertandingan ke-50 Roberto Martinez sebagai pelatih Timnas Belgia. Dari 50 laga itu, Martinez sukses membawa Belgia meraih 39 kemenangan, empat kekalahan, dan tujuh hasil imbang.

3. Bagi Inggris, ini adalah kekalahan ke-10 dari 48 pertandingan di bawah asuhan Garetgh Southgate. Hasil tersebut membuat Southgate menjadi pelatih Inggris kedua yang menelan 10 kalahan, setelah sebelumnya ada Sven-Goran Eriksson (10 kekalahan dari 67 laga).

4. Belgia selalu meraih kemenangan dalam 11 laga kandang terakhir pada ajang resmi. Dari 11 pertandingan itu, Belgia mencetak 48 gol dan hanya kebobolan empat gol.

3 dari 4 halaman

Data dan Fakta

5. Romelu Lukaku telah terlibat langsung dalam 19 gol dari 13 penampilan terakhir bersama Belgia (15 gol; 4 assist).

6. Harry Kane menjadi pemain pertama yang menorehkan 50 caps bersama Timnas Inggris dengan status pemain Tottenham Hotspur.

7. Timnas Belgia telah mencetak minimal dua gol dalam delapan dari sembilan pertandingan terakhir di UEFA Nations League.

8. Timnas Belgia tidak terkalahkan dalam 28 pertandingan kandang terakhir di ajang resmi. Terakhir kali Belgia menelan kekalahan di markas sendiri adalah saat takluk dari Jerman pada 2010.

9. Timnas Inggris untuk kedua kalinya menelan kekalahan dari 27 laga tandang di ajang resmi. Meski begitu, Inggris berhasil meraih 17 kemenangan dan mencatatkan clean sheet ketika memetik hasil positif.

Sumber: BBC, UEFA

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

5 Pemain U-18 Termahal Sepanjang Sejarah

Video Populer

Foto Populer