Sukses


Kontroversi Pencetak Gol Terbanyak di Planet Bumi yang Melibatkan Josef Bican, Cristiano Ronaldo, Pele, dan Romario

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo telah mencapai 759 gol dalam kariernya setelah mencetak gol dalam duel Juventus versus Sassuolo pada pekan ke-17 Serie A 2020/2021, Senin (11/1/2021).

Satu gol lagi, ia bakal melewati rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola profesional di kompetisi resmi, yakni legenda sepak bola Austria, Josef Bican.

Ronaldo mencetak lima gol dalam 35 pertandingan di Sporting CP, kemudian 118 gol dalam 292 duel di Manchester United, dan 451 gol dalam 438 pertandingan untuk Real Madrid.

Di Juventus, Cristiano Ronaldo mencetak 84 gol dalam 106 laga. Ia juga melesakkan 102 gol dalam 170 penampilan untuk Timnas Portugal.

Sementara, Bican tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 759 gol di pertandingan resmi. 

Berbagai sumber, termasuk Rec Sport Soccer Statistics Foundation (RSSSF), mencatat Bican telah mencetak total 805 kali. Namun, menurut media-media Eropa, hanya 759 yang dicetak di sepak bola profesional.

Video

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Pele dan Romario?

Dengan catatan gol tersebut, Cristiano Ronaldo menyalip Pele. Namun, itu pun masih ada pro dan kontra. Pele tercatat mencetak 757 gol (643 untuk Santos, 77 di Timnas Brasil, dan 37 di New York Cosmos).

Ini yang ditulis oleh lembaga statistik dan media-media internasional, di antaranya Squawka dan Bleacher Report, yang bersumber dari FIFA. 

Namun, Pele berpendapat dia mencetak 1.283 gol selama kariernya. Ia mengklaim pencapaian itu melalui akun media sosialnya. 

Tetapi, 526 di antaranya tidak dalam pertandingan resmi. Pele pun disebut tak terima dengan rekor Ronaldo. Ia lalu membantah tudingan tersebut.

"Saya dituduh oleh pers telah mengubah bio Instagram saya untuk menutupi bintang-bintang besar yang memecahkan rekor saya. Teks bio selalu sama sejak saya bergabung dengan platform ini. Semua ini tidak boleh mengalihkan kami dari pencapaian luar biasa Anda," tulis Pele di Twitter.

Sama seperti Pele, Romario juga mengklaim telah mencetak 1.000 gol dalam usia 41 tahun pada 2007. Namun, ternyata hanya 740 gol di ajang resmi. 

3 dari 3 halaman

Rekor Baru

Ronaldo akan berusia berusia 36 tahun pada 5 Februari. Ia mencetak rata-rata lebih dari satu gol per pertandingan Serie A musim ini.

Dengan 15 gol, Ronaldo memimpin daftar top scorer sementara Serie A, diikuti Romelu Lukaku (12), Ciro Immobile (11), Joao Pedro, Zlatan Ibrahimovic, dan Luis Muriel (10).

Ronaldo gagal menjadi Capocannoniere dalam dua musim pertamanya di Juventus. Namun, ia pernah menjadi pencetak gol terbanyak di Premier League pada 2007/2008 dan tiga kali di LaLiga pada 2010/11, 2013/14, dan 2014/15.

Selain itu, Ronaldo dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions tujuh kali, lebih banyak dari pesepak bola lainnya. 

Jika melampaui rekor Bican, Ronaldo tinggal melengkapi rekor lain, yakni pencetak gol terbanyak dalam sejarah tim nasional. Rekor itu dipegang pemain Iran, Ali Daei dengan total 109 gol.

Ronaldo hanya membutuhkan tujuh gol untuk menyamai rekor Daei.

 

Sumber: Marca, Squawka, Twitter

Video Populer

Foto Populer