Sukses


Yuk Simak Apa Saja yang Baru pada Format Teranyar Liga Champions

Bola.com, Jakarta - UEFA telah memutuskan format baru Liga Champions. Ada banyak perubahan yang akan terjadi pada format baru nantinya.

Ide bakal diubahnya format Liga Champions sejatinya bukan hal baru. Namun, pihak UEFA baru saja membuat pengumuman resmi pada 19 April yang lalu. Pengumuman disampaikan langsung Alexander Ceferin, presiden UEFA.

"Format yang berkembang ini akan tetap menghidupkan impian tim mana pun di Eropa untuk berpartisipasi dalam Liga Champions UEFA," ucap Ceferin.

Lantas, apa saja yang baru pada format Liga Champions yang baru saja diumumkan? Hal pertama ada jumlah kontestan.  

Saat ini, Liga Champions diikuti oleh 32 klub pada fase grup. Format ini sudah dipakai pada era Liga Champions, sebelumnya memakai format Piala Champions.

Berdasarkan pada format baru yang disampaikan Ceferin, bakal ada perubahan peserta putaran final Liga Champions. Nantinya, ada 34 klub yang akan bersaing setelah babak kualifikasi.

Kapan format baru akan dimulai? Liga Champions musim 2021/2022 atau musim depan, masih akan memakai format lama. Turnamen paling elit di Eropa ini akan tetapi diikuti 32 klub pada fase grup.

Lantas, kapan format baru akan dimulai? Berdasarkan penjelasan Ceferin, format baru akan mulai diterapkan pada Liga Champions edisi musim 2024/2025 yang akan datang. Sementara, pertandingan akan tetap dimainkan pada tengah pekan.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Format Pertandingan Jauh Berbeda

Saat ini, 32 tim yang ambil bagian pada fase grup Liga Champions dibagi menjadi delapan grup. Masing-masing grup berisi empat tim yang memperebutkan dua tiket ke babak 16 Besar. Pada format baru, pembagian grup akan dihilangkan.

Setiap tim akan memainkan paling tidak 10 laga di tahap awal melawan 10 tim berbeda [lima laga tandang, lima laga kandang]. Format ini berbeda dengan yang saat ini berlaku.

Delapan tim teratas di klasemen akan otomatis lolos ke babak 16 Besar. Sedangkan, tim yang berada di posisi ke-9 sampai 24 akan menjalani babak play-off dengan sistem dua leg untuk bisa tampil di babak 16 Besar.

Pada format yang diterapkan saat ini, klub yang berada di posisi ketiga fase grup masih berhak tampil di kompetisi Eropa. Mereka akan 'degradasi' ke Liga Europa dan otomatis berlaga di babak 32 Besar.

Bagaimana di format baru nanti? UEFA juga memberlakukan format baru Liga Europa. Nantinya, setiap klub akan memainkan delapan laga di fase awal. UEFA juga akan menggelar Europa Conference League dengan enam laga di fase awal.

 

Sumber asli: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 27/04/2021) 

Video Populer

Foto Populer