Sukses


Lebih Hebat Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo? Yuk Tengok Pilihan 16 Legenda Sepak Bola Dunia Ini

Bola.com, Jakarta - Ada beberapa perdebatan di sepak bola dunia yang tak pernah akan ada ujungnya. Satu di antaranya perdebatan tentang siapa yang terbaik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Kedua pemain mendominasi supremasi sepak bola dunia selama lebih dari 10 tahun terakhir. Mereka bergantian menyabet penghargaan Ballon D'or sebagai lambang pemain terbaik dunia. 

Lionel Messi lebih unggul dengan raihan enam trofi Ballon d'Or. Adapun Cristiano Ronaldo baru mengantongi lima trofi. Namun, keduanya tampak belum menunjukkan tanda-tanda bosan menjadi pemain papan atas dunia. 

Messi masih menjadi pemain yang produktif di Barcelona meski telah berusia 33 tahun. Adapun Ronaldo juga masih tajam di Juventus meskipun telah berusia 36 tahun. 

Mereka pernah bersaing secara langsung saat Ronaldo membela Real Madrid dan Lionel Messi menjadi andalan Barcelona. Sejak musim panas 2018, Ronaldo memilih mencari petualangan baru di Serie A bersama Juventus. 

Meskipun sudah merumput di liga yang berbeda, pencinta sepak bola tak berhenti membanding-bandingkan kedua pemain. Tampaknya perdebatan itu baru berakhir ketika salah satu atau kedua pemain memutuskan pensiun. 

Siapa sebenarnya yang lebih bagus di antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi? Berikut pendapat 16 legenda sepak bola dunia, baik pemain maupun pelatih. 

2 dari 18 halaman

1. Pele: Ronaldo

“Hari ini pemain terbaik di dunia adalah Cristiano Ronaldo,” kata pahlawan Brasil, Pele, dalam sesi wawancara pada 2020.

“Saya pikir dia yang terbaik, karena dia lebih konsisten, tetapi Anda tidak bisa melupakan [Lionel] Messi, tentu saja, tetapi dia bukan seorang penyerang.”

 

3 dari 18 halaman

2. Diego Maradona: Messi

“Saya tidak ingat pernah melihat Lionel Messi bermain buruk,” kata legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, kepada wartawan pada 2017.

“Saya lebih suka Messi daripada Cristiano Ronaldo. Sejarah sepak bola akan mengingat Messi. Sepak bola telah memberinya banyak hal, sebanyak yang dia berikan untuk olahraga. Jika bisa memenangkan Piala Dunia, menurut saya, tidak akan mengubah apa pun tentang dirinya.”

 

4 dari 18 halaman

3. Paul Scholes: Messi

“Messi [adalah yang terbaik], tetapi Ronaldo brilian,” kata mantan legenda Manchester United, Paul Scholes. “Ronaldo sensasional dengan apa yang dia lakukan, dengan kecepatan dan kekuatan.

“Dia mencetak gol, dia mengambil tendangan bebas. Tetapi sebagai pesepakbola serba bisa, Messi - wow, umpannya - dia benar-benar memiliki segalanya."

Menulis untuk The Independent pada 2015, Scholes juga menambahkan: "Saya berpikir tentang para pemain hebat yang pernah berbagi lapangan dengan saya: Eric Cantona, Zinedine Zidane, Pirlo, Xavi, Cristiano Ronaldo - dan yang terbesar dari mereka semua adalah Messi."

 

5 dari 18 halaman

4. David Beckham: Messi

“Mereka memiliki kesamaan dalam keterampilan teknis dan bakat mereka. Luar biasa bagi sepak bola memiliki mereka berdua, tetapi Messi adalah pemain terbaik di dunia,” komentar legenda Manchester United, David Beckham.

“Dia [Messi] sendirian di kelasnya sebagai pemain, tidak mungkin ada pemain lain seperti dia. Dia, seperti Cristiano Ronaldo, yang tidak berada di levelnya, keduanya berada di atas yang lain.”

 

6 dari 18 halaman

5. Roberto Carlos: Ronaldo

Sebagai mantan bintang Real Madrid, tidak mengejutkan jika bek kiri legendaris Roberto Carlos memilih Ronaldo daripada Messi.

“Saya melihatnya [Cristiano] berlatih setiap hari dan cara dia bekerja sangat menarik,” kata pemain Brasil itu. “Dia ingin berkembang setiap hari. Itulah bedanya dengan Messi."

“Leo adalah fenomena, tetapi sisi lain Cristiano itu, dari cara berlatih, profesionalisme, fokus, motivasi, kesuksesan … Cristiano memiliki keunggulan dibandingkan yang lain.”

 

7 dari 18 halaman

6. Sir Alex Ferguson: Ronaldo

Sir Alex Ferguson telah menjadi sosok ayah Ronaldo sepanjang karier sepakbolanya. Mantan bos Manchester United yang legendaris, yang secara luas dianggap sebagai manajer terhebat sepanjang masa, percaya Cristiano memiliki keunggulan atas Messi. Alasannya, dia bisa tampil untuk tim mana pun di dunia.

"Sekarang jangan salah paham, Messi adalah pemain yang fantastis, dia seperti memakai sandal saat mengontrol bola," kata Ferguson. “Tapi di sini, bagi saya, adalah perbedaannya. Messi adalah pemain Barcelona."

“Ronaldo bisa bermain untuk Stockport County dan mencetak hat-trick. Dia hanya ingin menjadi yang terbaik di dunia.”

 

8 dari 18 halaman

7. Marco van Basten: Messi

Salah satu pesepak bola Belanda terbaik sepanjang masa, Marco van Basten, mengatakan orang-orang yang memilih Ronaldo daripada Messi “tidak tahu apa-apa tentang sepak bola”. Coba katakan itu pada Sir Alex, Marco!

“Cristiano adalah pemain hebat, tetapi mereka yang mengatakan dia lebih baik daripada Messi tidak tahu apa-apa tentang sepak bola, atau mereka mengatakannya dengan itikad buruk,” kata Van Basten pada 2020.

“Messi tidak ada bandingannya. Tidak mungkin untuk ditiru dan tidak mungkin untuk diulang. Seorang pemain seperti dia datang setiap 50 atau 100 tahun.”

 

9 dari 18 halaman

8. Thierry Henry: Messi

Thierry Henry bisa dibilang salah satu pemain terbaik dalam sejarah Premier League, tetapi bahkan dia terkejut dengan betapa bagusnya Messi setelah meninggalkan Arsenal ke Barcelona.

"Saya bermain bersama Leo, jadi itulah jawaban saya," kata pria Prancis itu.

"Saya sangat menghormati Cristiano, sebagai seseorang yang mempertahankan level setinggi itu selama beberapa tahun."

"Adalah satu hal untuk memiliki musim yang baik, dan kemudian memiliki empat tahun kemudian, tetapi untuk mengikuti level itu selama bertahun-tahun berturut-turut adalah sesuatu yang lain."

"Orang-orang menyadarinya, tentu saja. Tetapi saya merasa kita masih belum memahami ukuran sebenarnya dari apa yang dilakukan keduanya. Di masa depan, orang akan melihat ke belakang dengan kagum pada kontinuitas, tujuan, dan tekanan yang datang, dengan melakukan ini begitu lama."

"Jadi saya sangat menghormati Ronaldo, tetapi saya bermain dengan Leo dan memiliki momen luar biasa bersamanya, kami kalah dan menang bersama, jadi hanya itu yang bisa saya katakan tentang Leo."

 

 

10 dari 18 halaman

9. Zinedine Zidane: Ronaldo

“Cristiano adalah yang terbaik,” kata mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.  “Messi adalah rivalnya dan itu adalah rivalitas yang semua orang ingin lihat."

“Tapi Ronaldo sangat fenomenal. Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan dia. Dia jauh lebih baik daripada saya meskipun saya memiliki karier yang hebat. Dia yang terhebat sepanjang masa.”

 

11 dari 18 halaman

10. Johan Cruyff: Messi

Mendiang legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, tidak dapat memahami mengapa beberapa orang percaya bahwa Messi lebih rendah daripada pemain lain.

"Messi lebih merupakan pemain tim daripada Cristiano. Dia mencetak gol tetapi juga menghasilkan banyak assist. Bagi saya sebagai pemain, Messi lebih baik. Ada perbedaan besar menjadi pemain hebat," kata Cruyff. 

“Setiap orang yang mengerti sepak bola mengetahui hal ini. Sangat menggelikan bagi saya bahwa beberapa orang benar-benar berpikir Messi bukan yang terbaik."

 

 

12 dari 18 halaman

11. Ronaldinho: Messi

Dia bermain dan berlatih bersamanya di Barcelona, jadi ​​​​Ronaldinho tahu Messi adalah fenomena sejati di hadapan sebagian besar orang.

“Messi,” jawab pemain Brasil itu. “Saya akan senang untuk terus bermain bersamanya. Saya tidak punya cukup waktu dengannya, dia masih sangat muda. Saya ingin sekali turun ke lapangan bersamanya sekali lagi."

“Dia yang terbaik dalam sejarah, tidak diragukan lagi. Tidak ada yang melakukan apa yang dilakukan Messi. Yang lain [Ronaldo] lengkap, dia memiliki semuanya. Begitu juga Messi, tapi ini masalah selera dan saya lebih suka gaya Messi.”

 

13 dari 18 halaman

12. Pep Guardiola: Messi

Tidak ada pesepakbola yang mendekati Messi di mata Pep Guardiola.

“Messi adalah yang terbaik, dia pasti yang terbaik,” kata mantan pelatih Barcelona pada 2016. “Dia tahu cara bermain, mencetak gol, dan membuat pemain lain bermain. Dia selalu ada."

""Dengan segala hormat kepada semua pemain, pertama kepada Cristiano Ronaldo, saya pikir Messi ada di level lain."

 

14 dari 18 halaman

13. Ronaldo Nazario: Messi

Alih-alih berpihak pada yang memiliki nama yang sama, Ronaldo (Nazario) percaya Messi adalah pesepak bola yang lebih lengkap.

“Dia (Messi) keluar dari dunia ini,” kata legenda Brasil itu. “Cristiano juga, tapi saya melihat Leo lebih lengkap."

"Dia hebat. Saya menyukainya lebih dari pemain lain. Semua yang dia lakukan sangat spektakuler.”

 

15 dari 18 halaman

14. Wayne Rooney: Messi

Rooney dan Ronaldo menikmati banyak momen luar biasa bersama di Manchester United. Tetapi pencetak gol terbanyak Setan Merah sepanjang masa itu secara mengejutkan memilih Messi daripada mantan rekan setimnya setiap kali diminta untuk menjawab perdebatan tentang kedua pemain.

“Messi. Saya pikir saya sudah mengatakan ini sebelumnya, tetapi mereka berdua mungkin adalah dua pemain terbaik yang pernah bermain bersama saya di lapangan, ”kata Rooney.

"Saya hanya berpikir Messi, di mata saya, adalah yang terhebat yang pernah ada."

 

16 dari 18 halaman

15. Ryan Giggs: Ronaldo

"Tentu saja saya bermain dengan Cristiano jadi saya akan memilh Cristiano," kata legenda Manchester United itu seperti dikutip Goal pada 2017.

“Tapi mereka berdua adalah dua pemain hebat. Kita hidup di era di mana Anda melihat legenda sejati dalam performa terbaik mereka setiap musim."

“Ini istimewa untuk dilihat tetapi Cristiano telah melakukannya di Portugal, dia jelas melakukannya di Inggris dan dia melakukannya di La Liga dan juga di tim nasional Portugal juga."

 

17 dari 18 halaman

16. Iker Casillas: Ronaldo

Casillas bermain bersama Ronaldo di Real Madrid pada 2012 ketika dia berkata: "Saya akan memilih Cristiano daripada Messi karena dia adalah pemain yang memberi kami begitu banyak setiap musim. Saya menghabiskan banyak waktu dengannya."

Sumber: Give Me Sports 

18 dari 18 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Highlights | Badminton Tunggal Putra, Jonatan Christie (Indonesia) vs Aram Mahmoud

Video Populer

Foto Populer