Sukses


Zaki Anwari, Pemain Muda Timnas Afganistan yang Tewas Akibat Terjatuh dari Pesawat saat Mengungsi Hindari Taliban

Bola.com, Jakarta - Sejumlah warga Afganistan tewas akibat terjatuh dari pesawat karena berusaha pergi dari negara tersebut yang kini dikuasai gerilyawan Taliban. Satu di antara korban tewas tersebut adalah pemain muda Timnas Afganistan, Zaki Anwari.

Seperti dilansir Al Jazeera, ribuan warga Afganistan menyerbu Bandara Internasional Hamid Karzai (HKIA), Kabul, Senin (16/8/2021). Mereka pun saling berdesakan demi bisa naik ke pesawat evakuasi, setelah Taliban berhasil menggulingkan pemerintahan yang sah.

Tak hanya itu, beberapa pria muda nekat berpegangan pada badan pesawat militer C-17 milik Amerika Serikat yang tengah melaju. Ketakutan berada di bawah rezmi Taliban membuat mereka ingin pergi ke negara lain, meskipun tidak memiliki visa ataupun izin tinggal.

Nahas, dua orang dilaporkan terjatuh dari badan pesawat yang baru saja lepas landas. Berdasarkan laporan kantor berita Afghan Asvaka News, dua orang tersebut terlempar dari pesawat dan terjatuh di rumah-rumah warga.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Ucapan Belasungkawa FIFPro

Satu dari dua orang tersebut adalah Zaki Anwar. Pria berusia 19 tahun itu diketahui adalah pemain Timnas Afganistan usia muda. Kabar meninggalnya Zaki Anwar dikonfirmasi langsung Direktorat Jenderal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Afghanistan.

"Zaki Anwari, seperti ribuan pemuda Afghanistan, ingin meninggalkan negara itu tetapi jatuh dari pesawat AS dan meninggal," bunyi pernyataan resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Afghanistan.

3 dari 3 halaman

Belasungkawa dari FIFPro

Meninggalnya Zaki Anwari mengundang duka dari berbagai kalangan. Ucapan belasungkawa diutaran FIFPro atau Asosiasi Pesepakbola Profesional Internasional.

"Belasungkawa terdalam kami sampaikan kepada keluarga, teman, dan rekan satu tim dari pemain muda tim nasional Afghanistan, Zaki Anwari, yang dilaporkan meninggal akibat terjatuh dari pesawat AS di bandara Kabul pada Senin," tulis akun resmi FIFPro.

Sumber: Al Jazeera

Video Populer

Foto Populer