Sukses


Andai Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes Tak Dijual, Sporting CP Bakal Miliki Starting XI Menakutkan

Bola.com, Jakarta - Sporting CP pernah diperkuat pemain-pemain top dunia. Namun, Sporting menjual para bintang andalannya karena sulit menolak tawaran menggiurkan dari klub lain.

Klub berjulukan Leoes tersebut merupakan satu di antara tim elite di Portugal. Sporting CP memiliki segudang prestasi, baik di kancah domestik maupun Eropa.

Pada musim lalu, mereka berhasil merengkuh titel juara Primeira Liga Portugal. Dengan tambahan satu gelar tersebut, Sporting CP telah mengoleksi 18 gelar juara di kasta tertinggi sepak bola Portugal.

Di pentas Eropa, Sporting juga pernah meraih juara. Mereka berhasil memenangkan Piala Winners pada musim 1963/1964.

Sporting juga dikenal kerap menghasilkan pemain-pemain yang bertalenta. Namun, mereka tidak pernah keberatan jika ada kesebelasan yang tertarik merekrut pemain terbaiknya.

Ada banyak pemain hebat yang pernah memperkuat Sporting. Mereka bisa saja mempunyai tim yang mengerikan apabila tidak menjual pemain terbaiknya.

Lantas, siapa saja pesepak bola top yang pernah berseragam Sporting CP? Berikut ini adalah starting XI Sporting jika tidak menjual para pemain bintangnya.

 

2 dari 12 halaman

Kiper - Rui Patricio

Rui Patricio merupakan pemain didikan akademi Sporting CP. Dia sempat tampil sebanyak 466 kali untuk klub tersebut.

Kiper timnas Portugal itu meninggalkan Sporting pada tahun 2018 dengan bergabung Wolverhampton. Patricio saat ini bermain di Italia bersama AS Roma.

3 dari 12 halaman

Bek Kiri - Nuno Mendes

Nuno Mendes menembus tim utama Sporting CP pada 2020. Sejak saat itu, bek kiri asal Portugal tersebut sudah mencatatkan 47 penampilan untuk klub tersebut.

Pada musim panas 2021, Sporting melepas Mendes ke PSG. Dia bergabung dengan klub Prancis tersebut dengan status pinjaman selama semusim.

 

4 dari 12 halaman

Bek Tengah - Eric Dier

Lahir di Inggris, Eric Dier merupakan pemain didikan akademi Sporting CP. Dia mentas dari akademi pada tahun 2012 dan sempat bermain di Sporting CP B selama dua tahun.

Sejak 2012, Dier akhirnya dipercaya bermain di tim utama Sporting. Dua tahun berselang, Dier akhirnya kembali ke Inggris dengan bergabung ke Tottenham.

5 dari 12 halaman

Bek Tengah - Merih Demiral

Setelah bermain di tim junior Fenerbahce, Merih Demiral pindah ke klub Portugal Alcanenense. Sampai kemudian Sporting CP B merekrutnya pada 2007.

Namun belum sampai bermain di tim utama, Demiral kemudian dilepas ke Alanyaspor. Dia kemudian bermain di Sassuolo, Juventus dan saat ini Atalanta.

6 dari 12 halaman

Bek Kanan - Cedric Soares

Lahir di Jerman, Cedric Soares masuk akademi Sporting CP sejak usia delapan tahun. Dia kemudian membuat 94 penampilan di semua kompetisi untuk tim utama Sporting.

Cedric meninggalkan Sporting pada tahun 2015. Pemain berusia 30 tahun tersebut sempat bermain di Southampton dan Inter Milan sebelum memperkuat Arsenal.

 

7 dari 12 halaman

Gelandang Bertahan - William Carvalho

William Carvalho menembus tim utama Sporting CP pada 2011. Gelandang asal Portugal tersebut mencatatkan 193 penampilan bersama Verde e brancos.

Carvalho saat ini bermain di Spanyol. Pemain berusia 29 tahun tersebut memperkuat Real Betis sejak tahun 2018 lalu.

 

8 dari 12 halaman

Gelandang Bertahan - Joao Moutinho

Joao Moutinho mulanya mengawali kariernya bersama Sporting CP. Namun, gelandang asal Portugal tersebut kemudian pindah ke Porto pada 2010.

Setelah tiga musim bersama Porto, Moutinho kemudian dijual ke AS Monaco. Gelandang berusia 35 tahun tersebut saat ini bermain di Inggris bersama Wolverhampton Wanderers.

 

9 dari 12 halaman

Winger Kiri - Daniel Podence

Daniel Podence memulai kariernya dengan Sporting CP dan tampil dalam 80 pertandingan kompetitif. Dia kemudian melanjutkan kariernya bersama Olympiacos.

Pada Januari 2020, Podence menandatangani kontrak dengan Wolverhampton Wanderers. Dia dikontrak sampai 2024 dan sudah tampil 44 kali untuk klub tersebut.

 

10 dari 12 halaman

Gelandang Serang - Bruno Fernandes

Sporting CP bukan klub pertama Bruno Fernandes. Dia sempat bermain Novara, Udinese, dan Sampdoria sebelum berlabuh di Estadio Jose Alvalade pada 2017.

Selama bermain bersama Sporting, Fernandes mencatatkan 137 penampilan dengan torehan 63 gol dan 52 assist. Penampilannya itu menarik perhatian Manchester United, dan sang pemain datang ke Old Trafford pada Januari 2020.

 

11 dari 12 halaman

Winger Kanan - Raphinha

Raphinha direkrut Sporting CP pada 2018. Pemain asal Brasil tersebut memperkuat Verde e brancos selama semusim dengan catatan 41 penampilan.

Pada tahun 2019, Raphinha dijual ke klub Prancis Rennes. Winger berusia 24 tahun tersebut saat ini menjadi andalan klub Premier League Leeds United.

 

12 dari 12 halaman

Striker - Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menimba ilmu di akademi Sporting CP. Ronaldo sempat semusim memperkuat tim utama Sporting dengan mencetak lima gol dan enam assist dari 31 penampilan.

Pada tahun 2003, bakatnya terendus oleh Sir Alex Ferguson. Ronaldo akhirnya diboyong ke Manchester United dan sisanya adalah sejarah.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 04/10/2021)

Video Populer

Foto Populer