Sukses


6 Pelatih Top yang Masih Menganggur: Menangani Tim Besar dan Trofi Juara Bukan Jaminan Cepat Mendapat Klub

Bola.com, Jakarta - Ada sejumlah pelatih top berstatus pengangguran pada awal musim 2021/2022 ini. Sederet prestasi mentereng tak cukup untuk memberi para pelatih ini pekerjaan baru dalam waktu cepat.

Beberapa di antaranya bahkan pernah menangani beberapa klub raksasa di Eropa, seperti Barcelona, Real Madrid, Chelsea, Juventus, Inter Milan, hingga AC Milan.

Ada sekitar enam pelatih top yang tengah menganggur saat ini. Namun, beberapa dari mereka mulai dikaitkan dengan sejumlah klub.

Enam pelatih tersebut berasal dari negara-negara dengan tradisi sepak bola yang bagus, seperti Inggris, Prancis, Spanyol, dan Italia. Siapa saja mereka?

 

2 dari 7 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane mulai menganggur pada Mei lalu setelah memutuskan berpisah dengan Real Madrid. Dia mengundurkan diri setelah dua periode menangani klub ibu Kota Spanyol tersebut.

Selama menjadi pelatih Real Madrid, Zidane telah mempersembahkan 11 gelar. Termasuk dua trofi La Liga dan 3 trofi Liga Champions.

Belakangan ini, Zidane kerap dikaitkan dengan Manchester United. Dia dirumorkan akan menggantikan posisi Ole Gunnar Solskjaer setelah Setan Merah tampil kurang konsisten.

 

3 dari 7 halaman

Antonio Conte

Antonio Conte berstatus tanpa klub sejak berpisah dengan Inter Milan. Dia meninggalkan Nerazzurri setelah mempersembahkan scudetto pada Serie A 2020/2021.

Permintaan kenaikan nilai kontrak disebut-sebut sebagai penyebab perpisahan keduanya. Manajemen tidak bisa memenuhi permintaannya karena klub sedang mengalami krisis finansial.

Conte juga pernah menukangi Juventus dan Chelsea. Sejumlah prestasi berhasil ditorehkan, baik selama di Italia maupun Inggris.

 

4 dari 7 halaman

Frank Lampard

Sejak berpisah dengan Chelsea pada Januari 2021, Frank Lampard belum menangani klub manapun. Dia tercatat sudah lebih setengah tahun menganggur.

Namun, manajer asal Inggris tersebut santer dikaitkan dengan Newcastle United. Dia disebut-sebut akan menggantikan Steve Bruce.

Frank Lampard merupakan pelatih pendatang baru. Sebelum Chelsea, dia hanya menangani Derby County dan tim junior The Blues.

 

5 dari 7 halaman

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde termasuk pelatih yang cukup lama menganggur. Dia belum menangani klub lain setelah berpisah dengan Barcelona pada awal 2020.

Valverde merupakan pelatih yang sudah malang melintang di sejumlah klub. Terutama di tanah kelahirannya, Spanyol.

Ernesto Varvelde juga termasuk pelatih yang cukup berprestasi. Dia pernah mempersembahkan gelar La Liga untuk Barcelona.

 

6 dari 7 halaman

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo juga termasuk pelatih yang berstatus tanpa klub sejak dipecat Juventus karena gagal mengangkat performa Si Nyonya Tua. Dia mulai menganggur sejak Mei lalu.

Andrea Pirlo termasuk pelatih yang tergolong baru. Semula dia menukangi Juventus U-23 sebelum diberi kesempatan menangani tim senior.

Meski kariernya sebagai pelatih Juventus tergolong cepat, Pirlo juga menyumbang trofi untuk La Vechia Signora. Dia mempersembahkan trofi Coppa Italia dan Super Coppa Italia.

7 dari 7 halaman

Gennaro Gattuso

Setelah berpisah dengan Napoli pada akhir musim 2020/2021, Gennaro Gattuso sempat bergabung dengan Fiorentina. Tapi, hanya sebulan bersama La Viola, Gattuso memutuskan untuk berpisah.

Manajer asal Italia itu pun kembali menganggur. Namun, dia dikabarkan masuk daftar incaran Newcastle United untuk menggantikan Steve Bruce.

Memulai karir sebagai pelatih pada awal 2013, Gattuso malang melintang di sejumlah klub, termasuk pernah menukangi AC Milan selama dua musim. Dia pernah mempersembahkan trofi Coppa Italia bersama Napoli.

Sumber: Bola.net (Mustopa El Abdy/Serafin Unus Pasi, published 21/10/2021)

Video Populer

Foto Populer