Sukses


Daftar 5 Klub dengan Pemenang Ballon d'Or Terbanyak, Barcelona Jagonya

Bola.com, Jakarta - Ballon d'Or merupakan bentuk penghargaan tahunan yang diberikan oleh France Football kepada pemain sepak bola yang menonjol di seluruh klub dan dunia. Sudah banyak pemain hebat dunia berhasil menyabet trofi individu yang prestius ini.

Sejak diperkenalkan pada tahun 1955, beberapa pemain kelas dunia telah memenangkan penghargaan bergengsi. Tepatnya, 25 pemain berbeda dari 19 negara berbeda dan 20 klub berbeda telah meraih Ballon d'Or selama bertahun-tahun.

Nama Lionel Messi baru saja terpilih menjadi peraih Ballon d’Or edisi tahun 2021. Pemain Argentina itu mengalahkan pemain Bayern Munchen, Robert Lewandowski, sekaligus menjadi piala Ballon d’Or yang ketujuh sepanjang karier Messi.

Menarik untuk disimak adalah deretan klub di penjuru Eropa dengan koleksi trofi Ballon d’Or yang didapat para pemainnya. Selain nama Lionel Messi, tentu ada sosok Cristiano Ronaldo dan para pemain besar lainnya yang sudah pensiun.

Tanpa perlu banyak basa-basi, berikut ini daftar lima klub yang secara peringkat memiliki jumlah peraih Ballon d’Or sepanjang masa:

2 dari 6 halaman

Bayern Munchen

Merupakan tim paling sukses di Jerman. adalah salah satu klub paling sukses di Jerman dan Eropa. Raksasa Bavaria adalah pemenang rekor Bundesliga, dan juga telah memenangkan enam gelar Liga Champions.

Bersama dengan Barcelona, ​​​​Bayern Munich adalah satu-satunya klub lain yang memenangkan treble winner. Mereka terakhir mencapai prestasi di musim 2019-2020, berkat peran seorang Robert Lewandowski.

Selama bertahun-tahun, Bayern Munich memiliki tiga pemain yang memenangkan lima gelar Ballon d'Or saat bermain untuk klub. Mereka adalah Gerd Muller (1 kali), Franz Beckenbauer (2 kali) dan Karl-Heinz Rummenigge (2 kali). Namun, Bayern belum memiliki pemenang Ballon d'Or sejak Rummenigge memenangkan penghargaan keduanya pada 1981.

3 dari 6 halaman

AC Milan

Merupakan klub tersukses di Italia, terutama memenangkan kejuaraan antarklub Eropa seperti Liga Champions dengan tujuh gelarnya. Rossoneri juga sudah memenangi 18 trofi scudetto.

Tidak mengherankan, jika Milan memiliki banyak pemenang Ballon d'Or selama bertahun-tahun. Enam pemain telah memenangkan Ballon d'Or saat bermain di San Siro.

Pemain Milan yang palig banyak memenangkan Ballon d’Or adalah Marco van Basten (3 kali). Pemenang Ballon d'Or terakhir di AC Milan adalah Kaka pada tahun 2007.

4 dari 6 halaman

Juventus

Menjadi klub paling sukses dan raja di Italia, Juventus juga tidak ketinggalan mengirimkan wakilnya menyabet Ballon d’Or. Bianconeri mencatat rekor 36 kali juara Serie A, dan telah mencapai enam final di era Liga Champions, dengan satu kemenangan.

Tidak mengherankan, mereka memiliki beberapa pemain kelas dunia yang telah muncul untuk mereka selama bertahun-tahun. Pemenang Ballon d'Or terbaru Juventus adalah Pavel Nedved, yang mengalahkan Thierry Henry untuk penghargaan yang didambakan pada tahun 2003.

Lima pemain Juventus lainnya telah memenangkan total tujuh gelar Ballon d'Or untuk klub, dengan Michel Platini (3) satu-satunya yang melakukannya beberapa kali.

5 dari 6 halaman

Real Madrid

Klub berjulukan Los Blancos adalah tim paling sukses di Spanyol bahkan dunia. Bagaimana tidak? Mereka telah memenangkan rekor 34 gelar La Liga dan 13 di Liga Champions.

Real Madrid juga dianugerahi banyak pemain bagus selama bertahun-tahun lamanya. Mungkin yang terbaik dari mereka semua adalah Cristiano Ronaldo, yang memenangkan empat gelar Ballon d'Or dalam rentang waktu lima tahun.

Satu-satunya pemain Real Madrid lainnya yang memenangkan beberapa gelar Ballon d'Or adalah Alfredo Di Stefano (2 kali). Luka Modric (2018) adalah pemain Real Madrid terbaru yang meraih penghargaan yang didambakan.

Dia mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi setelah memenangkan Liga Champions dan membawa Kroasia ke final Piala Dunia FIFA 2018. Dengan demikian, ada delapan trofi Ballon d’Or yang ada di Real Madrid.

 

6 dari 6 halaman

Barcelona

El Barca adalah rivali abadi Real Madrid. Bertahun-tahun lamanya Barcelona bersaing sengit untuk meraih gelar juara dengan Real Madrid. Namun Barca unggul dalam torehan trofi Ballon d’Or, yakni 12 piala.

Lionel Messi (6 kali) dan Johan Cruyff (2 kali), menjadi penyumbang terbanyak trofi Ballon d’Or. Empat pemain lain telah menyumbang empat kemenangan Ballon d'Or lainnya bagi Barcelona adalah Luis Suarez, Hristo Stoichkov, Rivaldo dan Ronaldinho

Lionel Messi dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah. Ia baru saja memenangkan trofi itu untuk edisi tahun 20210.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer