Sukses


Jose Mourinho: Lebih Susah Menjadi Cristiano Ronaldo daripada Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Analisis Jose Mourinho sekitar 10 tahun lalu tentang perbandingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tiba-tiba kembali mencuat di media sosial. 

Dalam wawancara tersebut, pelatih asal Portugal itu memilih Cristiano Ronaldo daripada Lionel Messi. Mourinho mengklaim jauh lebih sulit untuk meniru eksploitasi Ronaldo di lapangan, dibandingkan Messi.

Pada periode 2009 dan 2012, Messi mengantongi empat Ballons d'Or berturut-turut saat bersama Barcelona. Ronaldo tampak menghilang di balik bayang-bayang Messi, meskipun juga tampil luar biasa. 

Dalam sebuah wawancara 2012, Mourinho secara terbuka mendukung bintang Real Madrid saat itu. Dia mengklaim para kritikus tidak memperhitungkan perjuangan dan kontribusi Ronaldo untuk lini pertahanan.

Mourinho, yang saat ini menangani AS Roma, melatih Ronaldo selama tiga musim antara 2010 dan 2013. Messi, tentu saja, berada di kubu Barcelona, ​​memecahkan rekor di bawah asuhan Pep Guardiola.

“Ini akan menjadi kejahatan jika Cristiano tidak memenangkan Ballon d'Or. Dan saya terus mengatakan lebih sulit untuk menjadi Cristiano Ronaldo daripada Lionel Messi," kata Mourinhi kepada ABola, seperti dikutip Sportkeeda, Jumat (28/1/2022). 

"Saya akan memberi tahu Anda: Dia tumbuh di tim saat ini; dengan rekan satu tim seperti saat ini. Cristiano datang dari Inggris ke tim yang kalah. Dia harus tumbuh dalam dua tahun terakhir dengan tim yang sedang berbenah ini," imbuh Mourinho. 

 

2 dari 3 halaman

Perbedaan Messi dan Ronaldo

Mourinho juga menjelaskan perbedaan posisi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di tim.  

"Yang satu bermain sebagai penyerang tengah dan yang lainnya sebagai pemain sayap. Messi berada sekitar 50 meter lebih dekat ke gawang dan kurang bekerja di lini pertahanan," ujar Mourinho. 

"Bagaimana seorang pemain sayap bisa mencetak jumlah gol yang sama dengan yang dilakukan penyerang tengah?"

“Ini adalah winger yang bertahan, winger yang mengakhiri pertandingan pada menit ke-94 dengan sprint untuk mengejar Pedro dalam posisi mencetak gol. Ini adalah pemain yang, dalam situasi bola mati, datang 20 kali ke area pertahanan. Dia sangat penting untuk pengaturan pertahanan. Dia adalah pemain yang tidak dilindungi oleh apa pun atau siapa pun. Ini jauh, jauh lebih sulit," imbuh Mourinho menggambarkan kinerja Ronaldo. 

 

3 dari 3 halaman

Statistik Terkini

Cristiano Ronaldo memainkan 164 pertandingan di bawah Jose Mourinho saat memperkuat Real Madrid. Dia mencetak 16 gol dan menyumbangkan 49 assist.. 

Torehan gol terbaiknya (46) pada Liga Spanyol musim 2011/2022 membantu Real Madrid memenangi gelar La Liga pertamanya dalam empat tahun. 

Ronaldo dan Messi sama-sama tidak dakam performa terbaik musim ini. Namun, jika melihat statistik terkini, Ronaldo lebih baik. Bintang Manchester United itu membukukan 14 gol dan tiga assist dalam 24 pertandingan di semua kompetisi. 

Di sisi lain, Messi baru mengemas enam gol dan enam assist di semua kompetisi besama PSG. 

Sumber: Sportkeeda 

Video Populer

Foto Populer