Sukses


Hasil Final Liga Europa: Bungkam Rangers Lewat Adu Penalti, Eintracht Frankfurt Amankan Trofi Juara

Bola.com, Seville - Eintracht Frankfurt berhasil mengalahkan Rangers lewat drama adu penalti dengan skor 5-4 pada laga final Liga Europa. Penentuan pemenang dilakukan lewat babak tos-tosan, karena skor 1-1 bertahan hingga 120 menit.

Berkat hasil positif tersebut, Eintracht Frankfurt berhak atas trofi juara Liga Europa. Bagi Frankfurt, itu adalah titel juara kedua di Liga Europa.

Sebelumnya, klub berjulukan Die Adler tersebut menjadi juara pada musim 1979/1980 ketika turnamen masih bernama Piala UEFA.

Pertandingan yang berlangsung di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Kamis (19/5/2022) dini hari WIB, berlangsung sengit sejak menit awal. Namun, hingga duel berjalan 10 menit, tidak ada gol yang tercipta karena serangan berhasil dinetralisir lini belakang masing-masing tim.

Pada menit ke-20, Frankfurt mendapatkan peluang emas dari aksi Ansgar Knauff. Serangan diawali dari aksi menyusuri sisi kanan lapangan oleh Knauff sebelum melepaskan tembakan. Bola mengarah ke pojok kanan bawah gawang, tetapi bisa dihentikan kiper Allan McGregor.

Giliran kiper Frankfurt, Kevin Trapp, yang diuji pada menit ke-37. Pemain Rangers, Borna Barisic, mengirimkan umpan silang berbahaya yang menuju ke arah Jesper Lindstrom. Bola belok ke gawang karena sundulan Lindstrom, tetapi Trapp mampu menghentikan.

Berbagai upaya yang dilakukan kedua tim tidak membuahkan hasil maksimal. Pada akhirnya, Eintracht Frankfurt dan Rangers harus puas melihat babak pertama berakhir dengan kedudukan imbang 0-0.

 

2 dari 5 halaman

Babak Kedua

Pertandingan kembali dimulai dengan tenang. Ada beberapa peluang yang tercipta di lima menit pertama babak kedua, tetapi tidak cukup berbahaya untuk menghasilkan gol.

Gol! Pendukung Rangers bergemuruh pada menit ke-57 setelah Joe Aribo sukses mencetak gol! Kesalahan Djibril Sow yang menyundul bola ke arah gawang sendiri dikapitulasi dengan baik oleh Joe Aribo. 1-0 untuk Rangers.

Eintracht Frankfurt berhasil mencetak gol balasan pada menit ke-69. Rafael Borre menemukan celah di antara bek Rangers ketika Filip Kostic mengirim umpan silang mendatar, dan sukses membelokkan bola ke gawang.

Itulah gol terakhir yang tercipta pada babak kedua. Frankfurt dan Rangers telah berupaya mencetak gol tambahan, tetapi gagal dilakukan. Skor imbang 1-1 bertahan sehingga pertandingan harus berlanjut ke extra time.

 

3 dari 5 halaman

Babak Tambahan

Pada babak tambahan, pemain dari masing-masing tim tampak kelelahan. Tidak banyak peluang emas tersaji pada paruh pertama extra time, sehingga kedudukan imbang 1-1 masih bertahan.

Satu-satunya peluang yang lahir pada babak pertama ini tercipta pada menit ke-95. Borre mencoba mencetak gol keduanya dari sudut sempit, sayang tembakannya berhasil dihentikan dengan baik oleh Calvin Bassey.

Intensitas meningkat menjelang akhir babak kedua extra time. Kevin Trapp sampai harus melakukan aksi penyelamatan dua kali, di mana yang pertama dirinya menghentikan tembakan jarak jauh Ryan Kent.

Paling krusial adalah saat Trapp berhasil menghentikan peluang dari Kent pada menit ke-118. Kent menerima umpan dari Kemar Roofe dengan baik, tetapi bola gagal masuk ke gawang karena bisa dihentikan oleh Trapp.

Jelang pertandingan berakhir, James Tavernier coba melepaskan tembakan. Namun, Trapp lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak extra time sehingga penentuan pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

 

4 dari 5 halaman

Adu Penalti

Pada babak tos-tosan, Eintracht Frankfurt berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 5-4. Kelima penendang Frankfurt berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Adapun kelima algojo Rangers hanya Aaron Ramsey yang gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Hasil adu penalti:

James Tavernier gol Eintracht Frankfurt 0-1 Glasgow Rangers

Christopher Lenz gol Eintracht Frankfurt 1-1 Glasgow Rangers

Steven Davis gol Eintracht Frankfurt 1-2 Glasgow Rangers

Ajdin Hrustic gol Eintracht Frankfurt 2-2 Glasgow Rangers

Scott Arfield gol Eintracht Frankfurt 2-3 Glasgow Rangers

Daichi Kamada gol Eintracht Frankfurt 3-3 Glasgow Rangers

Aaron Ramsey gagal Eintracht Frankfurt 3-3 Glasgow Rangers

Filip Kostic gol Eintracht Frankfurt 4-3 Glasgow Rangers

Kemar Roofe gol Eintracht Frankfurt 4-4 Glasgow Rangers

Rafael Borre gol Eintracht Frankfurt 5-4 Glasgow Rangers

 

5 dari 5 halaman

Susunan pemain:

Eintracht Frankfurt (3-4-3): Kevin Trapp; Almamy Toure, Tuta (Makoto Hasebe 58'), Evan Ndicka (Christopher Lenz 101'); Ansgar Knauff, Sebastian Rode (Kristijan Jakic 90'), Djibril Sow (Ajdin Hrustic 105'), Filip Kostic; Daichi Kamada, Rafael Borre, Jesper Lindstrom (Jens Hauge 71').

Pelatih: Oliver Glasner (Austria)

Glasgow Rangers (4-3-3): Allan McGregor; James Tavernier, Connor Goldson, Calvin Bassey, Borna Barisic (Kemar Roofe 117'); Ryan Jack (Steven Davis 74'), John Lundstram, Glen Kamara (Scott Arfield 90'); Ryan Kent, Joe Aribo (James Sands 101'), Scott Wright (Junior Sakala 74' (Aaron Ramsey 117')).

Pelatih: Giovanni van Bronckhorst (Belanda)

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis/Published: 19/05/2022)

Video Populer

Foto Populer