Sukses


Mengingat Kembali Sinisa Mihajlovic: Pernah Menyihir dengan Hattrick Tendangan Bebas

Bola.com, Jakarta - Nama Sinisa Mihajlovic sangat familiar bagi pecinta sepak bola khususnya Liga Italia pada era 1990-an. Pria berdarah Yugoslavia tersebut dengan mudah dikenal sebagai ahlinya tendangan bebas, terutama dengan kaki kirinya.

Kaki kiri Sinisa Mihajlovic dikenal sangat mematikan. Tendangan bebasnya merupakan teror bagi kiper-kiper lawan. Itulah sekilas tentang karier seorang Sinisa Mihajlovic di Serie A era 1990-an.

Pria kelahiran 20 Februari 1969 ini pertama kali menginjakkan kaki di Italia pada 1992. Pindah dari Red Star Belgrade, dia bergabung dengan AS Roma.

Dua musim di Roma (1992-1994, Mihajlovoc kemudian menyeberang ke Sampdoria. Dia empat musim membela Il Samp (1994-1998), lalu enam musim berseragam Lazio (1998-2004), dan terakhir memperkuat Inter Milan sebelum pensiun pada 2006.

Meski bermain di belakang, Sinisa Mihajlovic tergolong produktif. Total 38 gol dia cetak dalam 315 penampilan di liga tertinggi Negeri Spaghetti.

Dari 38 gol itu, 28 di antaranya dia ciptakan lewat eksekusi tendangan bebas dengan kaki kirinya yang mematikan. Sejauh ini, dia masih memegang rekor sebagai pencetak gol tendangan bebas terbanyak dalam sejarah Serie A.

Tiga dari 28 gol tendangan bebas itu bahkan dia ciptakan dalam satu pertandingan. Ya, pria yang kini menjadi pelatih itu pernah mencetak hat-trick tendangan bebas. Dia melakukannya bersama Lazio di musim 1998/1999.

2 dari 5 halaman

Olimpico Saksi Sejarah

Mihajlovic diakui sebagai salah satu spesialis tendangan bebas terbaik dalam sejarah Serie A. Prestasi hebat bahkan diukirnya di musim 1998/99.

Lazio racikan Sven-Goran Eriksson menjamu Sampdoria racikan Luciano Spalletti pada giornata 13 Serie A 1998/99. Laga itu digelar di Stadio Olimpico, 13 Desember 1998, dengan Pierluigi Collina sebagai wasitnya.

Lazio menang telak 5-2. Dejan Stankovic dan Marcelo Salas masing-masing menyarangkan satu gol untuk Lazio, sedangkan Mihajlovic memborong tiga.

Itu adalah hat-trick yang istimewa. Sebab, ketiga gol itu semuanya dicetak Mihajlovic melalui eksekusi tendangan bebas dengan kaki kirinya yang mematikan.

3 dari 5 halaman

Lihat Kembali Gol-golnya

4 dari 5 halaman

Samai Giuseppe Signori

Sejauh ini, baru ada dua pemain yang pernah mencetak hat-trick tendangan bebas di Serie A. Semuanya adalah pemain Lazio.

Yang pertama, sebelum Mihajlovic, adalah Giuseppe Signori. Eks pemain Italia itu melakukannya ketika Lazio menang 3-1 atas Atalanta  (juga di Olimpico) pada 10 April 1994.

Uniknya, kedua pemain ini sama-sama dikenal memiliki kaki kiri yang berbahaya.

Bedanya, Signori mencetaknya dengan dua tendangan bebas tidak langsung dan satu tendangan bebas langsung. Mihajlovic, ketiganya adalah gol tendangan bebas langsung.

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 16/7/2022)

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Persaingan Serie A Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer