Sukses


10 Maestro Tendangan Penalti Sepanjang Masa: Tersisa Cristiano Ronaldo yang Masih Manggung

Bola.com, Jakarta - Momen paling menegangkan dalam sepak bola, baik di level klub maupun di tim nasiobal, adalah adu penalti. Setiap pemain yang maju sebagai eksekutor pasti mengembang tekanan yang luar biasa berat.

Beberapa pemain dikenang karena kegagalan, namun beberapa pemain benar-benar dikenal sebagai spesialisasi tendangan penalti.

Dilansir Sportskeeda, di bawah ini merupakan 10 penembak jitu tendangan penalti.

2 dari 11 halaman

Andrea Pirlo

Visioner Italia ini adalah salah satu spesialis penalti terbaik di dunia. Pirlo, yang unggul dalam bola mati, dipuji karena kepercayaan diri dan ketenangannya kala mengeksekusi tendangan penalti.

Pirlo adalah orang yang mencetak penalti pertama Italia di final Piala Dunia FIFA 2006 melawan Prancis yang membantu Gli Azzurri meraih gelar juara. memenangkan turnamen. Pirlo lebih mengandalkan teknik daripada kecepatan.

 

3 dari 11 halaman

Ronaldinho

Legenda Brasil ini tak diragukan lagi merupakan penembak jitu di kotak penalti. Ronaldinho mencuri perhatian selama Piala Dunia U-17 1997. Saat pertandingan melawan Austria, dia mencetak dua gol dari tendangan penalti. Tak hanya tendangan penalti, Ronaldinho juga spesialis tendangan bebas dan tendangan sudut.

4 dari 11 halaman

Michael Ballack

Selain menjadi satu di antara gelandang paling berpengaruh yang pernah dimiliki Jerman, Ballack juga sangat produktif dari jarak 12 pas.

Mantan pemain Chelsea itu memiliki teknik brilian dan tidak pernah terlihat di bawah tekanan yang membantunya menghasilkan gol tendangan penalti sebanyak 29 lesakan. Dari sekian tendangan penaltinya, mungkin yang paling diingat adalah tendangan penalti saat Chelsea bersua Manchester United di final Liga Champions 2008.

5 dari 11 halaman

Alessandro Del Piero

Del Piero tidak hanya dikenal karena keanggunannya dalam menguasai bola, tetapi juga karena kemampuannya dalam mengambil penalti yang mematikan.

Mantan striker Juventus yang terkenal perfeksionis ini selalu tenang dalam melakukan tendangan penalti dan bahkan mencetak gol untuk negaranya dalam adu penalti final Piala Dunia 2006 melawan Prancis yang membantu Azzurri mengangkat trofi.

Del Piero mencetak 14 penalti sepanjang kariernya dan memiliki tingkat konversi yang luar biasa sebesar 94 persen.

6 dari 11 halaman

Steven Gerrard

Gelandang Liverpool ini merupakan pemain Inggris yang sangat ahli dalam mengambil tendangan titik. Gerrard memiliki tingkat konversi penalti yang luar biasa sebesar 92 persen dan merupakan pengambil penalti tertinggi keempat di Liga Premier dengan 25 gol, termasuk dua lesakan melawan Manchester United dalam pertandingan terakhir.

7 dari 11 halaman

Cristiano Ronaldo

Ronaldo, yang mencetak gol Piala Dunia pertamanya dari tendangan penalti melawan Iran, telah mencetak 45 gol via tendangan penalti dengan tingkat konversi 94 persen. Selain itu, CR7 juga kerap menciptakan gol dari tendangan bebas baik saat di Manchester United, Real Madrid, Juventus, dan Timnas Portugal.

8 dari 11 halaman

Zinedine Zidane

Legenda Prancis legendaris itu adalah salah satu penendang penalti paling berani dalam sejarah sepak bola. Zidane akan selalu dikenang karena penalti uniknya yang sebagian besar mengarah tepat di bawah mistar gawang.

Zidane kemungkinan besar akan mengonversi penaltinya dalam adu penalti melawan Italia di partai puncak seandainya dia tidak diusir keluar lapangan pada menit ke-110 karena menanduk Materazzi.

9 dari 11 halaman

Frank Lampard

Dia dalah salah satu penendang penalti yang paling ditakuti di dunia dan tendangannya telah membuat klub dan negaranya keluar dari banyak situasi sulit selama bertahun-tahun.

Lampard memiliki tingkat konversi penalti sebesar 93 persen dan telah mencetak 53 gol dari titik penalti di sepanjang kariernya termasuk 43 gol di Liga Premier membuatnya menjadi penendang penalti paling produktif kedua di Inggris setelah Alan Shearer.

10 dari 11 halaman

Matt Le Tissier

Seperti halnya Gerrard dan Lampard, Le Tissier juga penembak jitu 12 pas. Dia masuk daftar sebagai penendang penalti terbaik sepanjang masa.

Le Tissier, yang menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Southampton, memiliki tingkat konversi penalti yang menakjubkan sebesar 98 persen dan berhasil mencetak 48 gol dari titik penalti dalam 18 tahun kariernya.

Hanya saja, dia tidak pernah dimasukkan dalam skuad Piala Dunia Inggris atau mendapat kesempatan bermain untuk salah satu klub besar meskipun menjadi pencetak gol yang produktif.

11 dari 11 halaman

Alan Shearer

Tak berlebihan jika mengatakan bahwa legenda Newcastle itu tak terbendung di titik penalti. Dia mencetak 56 penalti dalam kariErnya di Liga Premier yang menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak di area itu.

Shearer terkenal dengan tembakannya yang kuat dan hampir selalu mengirim penalti ke sudut gawang yang tinggi sehingga mustahil untuk dihentikan. Gol-gol penaltinya membantunya menjadi pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan 260 gol.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer