Sukses


Perdebatan VAR Gol Juventus Vs Salernitana di Liga Italia: Posisi Bonucci Onside Selisih 50 cm, Bagaimana Tuh?

Bola.com, Turin - Laga Juventus vs Salernitana pada pekan ke-6 Liga Italia2022/2023 di Allianz Stadium, Senin (12/9/2022) dini hari WIB menyisakan perdebatan.

Pada menit-menit akhir laga, wasit dan VAR menganulir gol Juventus yang dicetak Arkadiusz Milik.

Laga tersebut berjalan sangat seru. Di luar dugaan, Salernitana unggul dua gol pada babak pertama. Gol mereka dicetak oleh Antonio Candreva dan Krzysztof Piatek.

Juventus kemudian bangkit pada babak kedua. Bremer mencetak gol pada menit ke-51. Disusul gol Leonardo Bonucci pada menit 90+3. Setelah itu, ada gol Milik yang sayangnya dianulir wasit dan Juventus harus puas dengan skor 2-2.

Gol Milik dianulir karena Bonucci dianggap dalam posisi offside dan terlibat dalam permainan. Momen inilah yang kemudian memicu kontroversi. 

2 dari 5 halaman

Posisi Candreva

 

Sky Sports Italia juga membuat sebuah analisis tentang kasus offside Bonucci pada duel Juventus vs Salernitana. Media itu mengulas secara detail posisi berdiri Antonio Candreva sebagai orang terakhir di kubu Salernitana.

Candreva disebut berjarak 2.9 meter dari garis batas lapangan. Lantas, posisi tersebut dibandingkan dengan Bonucci. Kapten Juventus itu berjarak 3.42 meter dari garis batas lapangan.

Artinya, ada selisih antara posisi berdiri Candreva dan Bonucci. Sang kapten Juventus berada dalam posisi onside karena 50 cm di depan Candreva. Namun, wasit dan VAR memutuskan Bonucci offside.

Tapi, VAR punya agloritma khusus untuk memperhitungkan sudut kamera yang tepat guna menentukan posisi pemain dengan akurat. Sementara, tayangan Sky Sports Italia tidak memiliknya. Kepada DAZN, Lega Serie A memastikan keputusan offside Bonucci sudah menimbang posisi Candreva.

3 dari 5 halaman

Kiper Tidak Berdaya

Dianulirnya gol Milik memang menjadi perdebatan yang seru. Sebab, gol ini tercipta pada momen yang krusial dan menentukan. Apalagi, posisi Candreva dan Bonucci sebagai orang terkait sangat tipis.

Mantan wasit Serie A, Luca Marelli, punya pendapat yang menarik soal kasus gol Milik. Luca Marelli tidak melihat perdebatan posisi Bonucci dan Candreva sebagai orang terakhir kedua tim.

Marelli melihat gerakan Bonucci tidak membawa dampak besar. Menurut Marelli, bahkan ketika Marelli menyentuh bola, kiper Salernitana tidak akan berbuat banyak untuk bisa menepis sundulan dari Milik.

Jadi, Marelli menilai Bonucci yang tidak menyentuh bola tidak bisa dianggap terlibat dalam permainan. Akan tetapi, wasit dan VAR pasti memiliki pertimbangan tersendiri. Jadi, ini adalah masalah interpretasi dari wasit dan VAR.

4 dari 5 halaman

Pelatih Salernitana: Sudah Tepat

Davide Nicola, pelatih Salernitana, merasa keputusan VAR sudah tepat pada kasus gol Milik. Justru, kata Nicola, apa yang terjadi pada duel Juventus vs Salernitana menunjukkan bahwa sepak bola punya kredibilitas.

"Kami sangat puas dengan performa yang kami tampilkan dan akan sangat mengecewakan untuk pergi dengan tangan kosong. VAR membuktikan olahraga ini memiliki kredibilitas," ucap Nicola dikutip dari DAZN.

"Pemain yang offside (Bonucci) mencoba meraih bola, dia mengganggu permainan," tegas Nicola.

Sumber: Football Italia, Sky Sports Italia, DAZN

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, 12/9/2022)

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer