Sukses


Perbandingan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo: Mulai dari Penampilan, Trofi, Jumlah Gol, hingga Rekor Individu

Bola.com, Jakarta - Sepanjang kariernya, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi telah menghadirkan begitu banyak hiburan yang dibumbui rivalitas di antara keduanya untuk menjadi pemain terbaik di dunia. Rivalitas tersebut masih mendapatkan perhatian dari pecinta sepak bola dunia.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah pesepak bola yang lahir dengan talenta luar biasa dan semangat pantang menyerah di lapangan hijau.

Dengan semua atribut yang dimiliki, kedua pemain pernah melewatkan lebih dari satu dekade sebagai dua pesepak bola yang selalu bersaing untuk jadi yang terbaik di dunia.

Critiano Ronaldo yang mengawali karier di Sporting Lisbon dan kemudian makin besar di Manchester United (MU), akhirnya pindah ke Real Madrid yang membuat persaingan dengan Lionel Messi makin tajam.

Maklum, pemain asal Argentina itu merupakan jebolan La Masia yang terus setia bersama Barcelona selama bertahun-tahun.

Setelah Cristiano Ronaldo sempat pindah ke Juventus dan Lionel Messi tetap di Barcelona, aroma persaingan mulai menurun. Bahkan makin menurun ketika Cristiano Ronaldo kembali ke MU dan Lionel Messi pindah ke Paris Saint-Germain (PSG).

Namun, hal itu tak menghapus jejak persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi lebih dari satu dekade terakhir. Bagaimana perbandingan raihan kedua pemain sepanjang karier dan rivalitas mereka?

 

2 dari 6 halaman

Jumlah Penampilan

Lionel Messi sangat lama menggunakan jersey Barcelona sejak menembus tim utama dari akademi. Sekitar 17 tahun pemain asal Argentina itu berkarier di Barcelona, di mana ia mengemas total 778 penampilan di semua kompetisi sejak debutnya pada 2004/2005 hingga laga terakhirnya pada musim 2020/2021.

Lionel Messi menjadi pemain paling sering tampil dalam musim 2011/2012, memainkan 60 pertandingan di semua kompetisi pada saat itu.

Setelah kepindahannya ke PSG pada musim panas lalu, Lionel Messi harus berjuang untuk bisa mereplikasi performanya agar seperti ketika masih membela Barcelona. Kini ia sudah tampil dalam 34 laga di semua kompetisi bersama PSG pada musim pertamanya di Prancis.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo lebih lama ketimbang Lionel Messi, di mana secara usia pemain asal Portugal itu memang lebih tua dua tahun dari Messi dan mendapatkan debut profesionalnya pada musim 2002/2003 bersama Sporting Lisbon.

Sejak saat itu, Cristiano Ronaldo tercatat sudah mencetak 941 penampilan di semua kompetisi dalam 21 musim bersama empat klub berbeda, termasuk dua periode karier di MU.

Cristiano Ronaldo membuat 31 penampilan bersama Sporting Lisbon pada musim 2002/2003, 292 penampilan bersama MU pada 2003 hingga 2009, 438 penampilan bersama Real Madrid antara 2009 hingga 2018, 134 penampilan bersama Juventus pada 2018 hingga 2020.

Sejak kembali ke MU, ada tambahan 38 pertnadingan yang datang dari musim 2021/2022, sementara ia juga sudah tampil delapan kali pada musim ini.

 

3 dari 6 halaman

Penampilan Berasma Tim Nasional

 

Lionel Messi membuat debutnya bersama Timnas Argentina pada 2005 dan selalu mendapat panggilan untuk memperkuat Albiceleste, meski sempat ingin pensiun setelah kekalahan di final Copa America 2016.

Ia telah membuat 162 penampilan untuk negaranya, dan telah tampil dalam 4 Piala Dunia dan 6 Copa America, di mana ia berhasil membawa negaranya menjuarai Copa America pada 2021.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo menjalani debutnya bersama Timnas Portugal pada 2003 dalam sebuah pertandingan persahabatan dan sejak saat itu sudah tampil dalam 189 pertandingan untuk negara asalnya.

Kapten Timnas Portugal ini merupakan pemegang rekor penampilan terbanyak untuk negaranya dan juga tampil dalam empat Piala Dunia berbeda, kemudian juga lima Euro, satu kali tampil di final UEFA NAtions League dan satu kali tampil di Piala Konfederasi.

Prestasi Cristiano Ronaldo bersama Portugal pun mulai tampak pada beberapa tahun terakhir. Ia turut membantu Portugal juara Euro 2016 dan kemudian menjuarai UEFA Nations League pada 2019.

4 dari 6 halaman

Jumlah Gol

 

Lionel Messi menghasilkan jumlah gol yang luar biasa dalam kariernya sebagai pesepak bola. Bahkan La Pulga, julukannya, mampu mewujudkan hal yang mustahil menjadi mungkin dilakukan dengan skill yang dimilikinya.

Total, Lionel Messi telah mencetak 688 gol dalam 822 laga kompetitif di semua kompetisi untuk dua klub dan menetak lebih dari 30 gol dalam satu musim untuk 13 musim beruntun antara 2008/2009 hingga 2020/2021, dengan catatan rekor 73 gol dalam 60 pertandingan sejak 2011/2012.

Bagi Messi, ia telah mencetak 86 gol internasional dalam 162 penampilan, membuat kariernya total untuk klub dan negara menjadi 774 gol dalma 984 pertandingan.

Sementara itu Cristiano Ronaldo juga beberapa kali mencetak rekor gol dan menjadi satu di antara penyelesai akhir terbaik di dunia, dengan kemampuan mencetak gol dari berbagai posisi di lapangan.

Total 699 gol dalam 941 pertandingan untuk empat klub berbeda jadi bukti, termasuk 42 gol dari 49 pertandingan untuk MU pada musim 2007/2008. Namun, kemudian CR7 mencetak lebih dari 50 gol dalam satu musim untuk enam musim beruntun bersama Real Madrid rentang 2010/2011 hingga 2015/2016.

Bersama Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo merupakan pencetak gol sepanjang masa untuk negaranya. Ia sudah mencetak 117 gol dalam 189 penampilan, menjadikan total gol dan pertandingannya di semua ajang baik klub maupun tim nasional menjadi 816 gol dalam 1.130 pertandingan.

 

5 dari 6 halaman

Trofi Juara

 

Jika digabungkan, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mungkin sudah mengemas 70 trofi juara sepanjang karier mereka, di mana Lionel Messi mengangkat 38 trofi juara sementara Cristiano Ronaldo mengangkat 32 trofi.

Messi memiliki kabinet trofi yang didominasi oleh prestasi di sepak bola Spanyol. Setelah 17 tahun di Barcelona, dan sukses memenangkan rekor klub, yaitu memiliki 34 trofi juara bersama Barcelona.

Termasuk 10 gelar juara La Liga Spanyol, 4 trofi Liga Champions, 7 gelar juara Copa America, 3 trofi Piala Super Eropa, dan 3 trofi Piala Dunia Antarklub. Ia juga berhasil meraih gelar juara Ligue 1 dan Trophee des Champions bersama PSG pada 2022.

Tiga kali berstatus sebagai runner-up Copa America akhirnya diakhiri dengan keberhasilan Lionel Messi mempersembahkan satu-satunya trofinya bersama Timnas Argentina pada 2021. Messi juga pernah menjadi runner-up Piala Dunia 2014.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo telah memenangkan trofi di tiga liga berbeda dengan tiga klub berbeda. Artinya, Cristiano Ronaldo memiliki kabinet trofi yang lebih bervariasi, termasuk 7 gelar juara liga, 5 trofi Liga Champions, dan 4 trofi Piala Dunia Antarklub.

Bersama MU, Cristiano Ronaldo juga meraih Piala FA, 2 trofi Piala Liga, dan satu Community Shield. Sementara di Real Madrid, Cristiano Ronaldo juga mendapatkan dua trofi Copa del Rey, dua trofi Piala Super Spanyol, dan dua trofi Piala Super Eropa.

Ketika bersama Juventus, Cristiano Ronaldo mempersembahkan satu trofi Coppa Italia dan dua trofi Supercoppa Italiana. Sementara gelar juara Euro 2016 dan UEFA Nations League 2019 menjadi dua gelar juara yang diraihnya bersama Timnas Portugal.

 

6 dari 6 halaman

Rekor

 

Lionel Messi merupakan penetak gol terbanyak sepanjang masa di La Liga dan juga memiliki rekor pencetak assist terbanyak di sana. Namun, Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol dan assist terbanyak sepanjang masa di Liga Champions.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo juga mendominasi penghargaan Ballon d'Or selama lebih dari satu dekade, di mana Lionel Messi berhasil menyabet tujuh trofi Ballon d'Or sementara Cristiano Ronaldo mendapatkan lima trofi juara.

Secara individu, Lionel Messi merupakan satu dari pemain terbaik dunia versi FIFA dan banyak penghargaan individu lainnya, baik yang dipersembahkan oleh FIFA maupun dari berbagai instansi terkait yang menyelenggarakan ajang apresiasi, seperti FIFA World Player of the Year award, The Best Fifa Men’s Player award, FIFA World Cup Golden Ball, Laureus World Sportsman of the Year award, Ballon d’Or dream team award, European Golden Shoe’s, La Liga Best Player awards and Argentine Footballer of the Year awards.

Sementara Cristiano Ronaldo, ia pernah mendapatkan penghargaan FIFA World Player of the Year award, Premier League Golden Boot, La Liga Best Player award, Capocannoniere, The Best FIFA Men’s Player award, PFA Players’ Player of the Year awards, Premier League Player of the Season’s, Serie A Footballer of the Year awards, Pichichi Trophies, FPF Portuguese Player of the Year awards, dan European Golden Shoes

Video Populer

Foto Populer