Sukses


Ethan Nwaneri dan 4 Debutan Termuda di Liga-Liga Top Eropa: Gokil, Ada yang Usianya 13 Tahun

Bola.com, Jakarta - Sukses di masa tua itu biasa, tetapi sukses pada masa muda baru luar biasa. Kata-kata mutiara ini mungkin menjadi patokan bagi deretan remaja hebat di kancah sepak bola dunia. Meski masih belia, mereka sudah tampil di laga profesional, seperti yang dilakukan Ethan Nwaneri

Sebut saja pemain Arsenal, Ethan Nwaneri, yang sudah mencicipi liga profesional meski usainya baru 15 tahun. Arsenal memberinya kesempatan masuk lapangan pada pekan ketujuh Liga Inggris 2022/2023 saat menghadapi tuan rumah Brentford, Minggu (18/9/2022).

Nwaneri masuk ke lapangan Gtech Community Stadium untuk menggantikan Fabio Vieira saat kedudukan 3-0 untuk keunggulan Arsenal. Meski masuk di pengujung laga, Nwaneri sudah memecahkan rekor menjadi pemain Premier League termuda dengan usia 15 tahun 181 hari.

Nwaneri memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh pemain Liverpool Harvey Elliott (16 tahun, 30 hari), serta rekor pemain termuda klub yang dipegang Cesc Fabregas. Selain Ethan Nwaneri, masih ada sejumlah remaja yang mendapat kesempatan bermain di level profesional.

Berikut ini pemain termuda di masing-masing liga top dunia. 

 

2 dari 5 halaman

Pemain Profesional Termuda di Inggris Raya: Christopher Atherton, 13 Tahun 329 Hari

Beberapa hari sebelum Nwaneri diberi kesempatan Arsenal bermain di Liga Inggris, ada Christopher Atherton yang mengguncang sepak bola Eropa dan dunia. Glenavon FC memasukan Atherton yang berusia 13 tahun 329 hari masuk sebagai pemain pengganti saat menghadapi Dollingstown pada Piala Liga Irlandia Utara, Rabu (14/9/2022).

Dia memecahkan rekor pemain termuda Britania Raya, Eamon Collins, yang bertahan selama empat dekade saat memperkuat Blackpool pada 1980 ketika usianya 14 tahun 323 hari. Yang istimewa, Atherton menciptakan satu assist saat Glenavon FC membantai 6-0 Dallingstown.

 

3 dari 5 halaman

Liga Spanyol: Luka Romero (15 Tahun 219 Tahun)

Romero memecahkan rekor yang bertahan sejak 1939 ketika masuk sebagai pemain pengganti Real Mallorca pada menit ke-83 pertandingan La Liga melawan Real Madrid pada 2020. Dia menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga Spanyol. 

Rekor itu sebelumnya menjadi milik bek Celta Vigo Sanson, yang berusia 15 tahun 255 hari ketika  melakukan debut di Liga Spanyol untuk klub hanya beberapa bulan setelah pecahnya Perang Dunia Kedua.

 

4 dari 5 halaman

Bundesliga Jerman: Youssoufa Moukoko (16 Tahun 1 Hari)

Striker Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, melakukan debut di liga senior sehari setelah ulang tahunnya ke-16, yaitu di Bundesliga musim 2020/2021. Dia bisa tampil menghadapi Herta Berlin setelah Federasi Sepak Bola Jerman, DFB, mengubah batasan usia pemain setahun sebelumnya.

Hanya bermain lima menit saat Moukoko menggantikan Erling Haaland yang mencetak empat gol pada laga ini, sudah cukup membuatnya memecahkan rekor Nuri Sahin (16 tahun 334 hari) yang juga bermain untuk Dortmund, sebagai pemain termuda di Bundesliga. Pada laga tersebut, Dortmund menang 5-2 atas Hertha Berlin.

 

5 dari 5 halaman

Liga Italia: Wisdom Amey (15 Tahun 274 Hari)

Amey membuat terobosan baru di pengujung musim 2020/2021 ketika muncul dari bangku cadangan Bologna. Saat itu, tuan rumah Bologna tengah tertinggal 0-2 dari tim tamu, Genoa.

Hadirnya Amey yang berposisi sebagai bek kanan ini di menit ke-89 ini tidak mengubah keadaan. Meski demikian, dia menjadi pemain termuda dalam sejarah sepak bola papan atas Italia, alias Serie A.

 

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer