Sukses


5 Nomor Keramat Tapi Tetap Menyala di Panggung Sepak Bola : Milik Siapa Saja ?

Bola.com, Jakarta - Keren! Napoli kini memuncaki klasemen sementara Serie A 2022/2023 dengan torehan 23 poin. Kepastian tersebut mereka genggam setelah sukses meraup angka penuh kala melakoni giornata kesembilan kontra Cremonese, Minggu (9/10/2022).

Bertarung di Stadion Giovanni Zini, Partenopei yang diarsiteki Luciano Spalletti menang telak 4-1. Gol-gol tim tamu masing-masing tercatat atas nama Matteo Politano, Giovanni Simeone, Hirving Lozano, dan Mathias Olivera.

Musim ini, Napoli kembali menargetkan juara. Maklum, setelah musim 1989/1990, Partenopei tak pernah lagi menjadi yang terbaik di pentas tertinggi Italia. Saat itu, Napoli berjaya bersama legendanya asal Argentina, Diego Maradona.

Sebelumnya, pada musim 1986/1987, Maradona juga mempersembahkan gelar yang sama. Itulah kali pertama Napoli memenangkan Serie A.

 

2 dari 6 halaman

Sang Dewa

Napoli dan Maradona memang tak bisa dipisahkan. Bagi Napoli, Maradona tak sekadar legenda. Lebih dari itu. Oleh karena itulah, untuk menghormatinya, Napoli memutuskan memensiunkan jersey Nomor 10 yang pernah dikenakan sang "Dewa Naples".

Tak hanya itu, Napoli juga mengubah nama markasnya menjadi Stadion Diego Armando Maradona, tak lama setelah El Pibe del Oro berpulang dua tahun silam.

Selain Napoli, sederet klub lainnya juga melakukan hal yang sama. Penasaran? Lahap infonya segera di bawah yuk!

 

3 dari 6 halaman

Raul – Schalke #7

Satu di antara pemain terhebat sepanjang masa Real Madrid, Raul, mendapat kehormatan luar biasa di Schalke. Klub Bundesliga Jerman itu memensiunkan jersey nomor 7 milik Raul.

Sebenarnya, Raul tak lama membela The Royal Blues, dari 2010 hingga 2012. Meski begitu, ketajaman Raul sebagai striker belum habis. Dalam dua musim itu, dia mampu mengemas 40 gol.

 

4 dari 6 halaman

Pele – New York Cosmos #10

Dia, tak terbantahkan lagi, merupakan pesepak bola terhebat yang pernah ada. Legenda kenamaan Brasil ini sangat dihormati New York Cosmos, di mana ia menghabiskan dua tahun terakhir kariernya, 1975 - 1977.

Pele tampil dalam 107 laga dengan torehan 64 gol. Setelah pensiun, klub mempensiunkan jersey nomor 10 yang dikenakannya.

 

5 dari 6 halaman

Javier Zanetti – Inter Milan #4

Zanetti pemain vital bagi Inter Milan. Pemain asal Argentina itu menghabiskan 19 tahun di San Siro dan menikmati banyak kesuksesan.

Ia menjadi kapten Nerazzurri dari tahun 1999 hingga 2014, dan terkenal dengan sebutan 'Il Capitano' atau 'Sang Kapten'. Guna mengenang jasa-jasa serta menghormati totalitas serta loyalitasnya, klub mempensiunkan jersey #4 ikonik yang pernah dikenakan Zanetti.

 

6 dari 6 halaman

Bobby Moore – West Ham United #6

Bek Inggris terhebat yang pernah ada dan satu-satunya kapten Inggris yang mengangkat Piala Dunia 1966, Bobby Moore, menjadi warga kehormatan West Ham United. Hal itu terbukti ketika klub London Timur itu mempensiunkan nomor punggung 6-nya untuk selamanya.

Moore menghabiskan 16 tahun di West Ham dan memahat lebih dari 500 penampilan untuk The Hammers. Dia dikenal karena kemampuannya yang sangat baik membaca permainan dan disebut-sebut sebagai bek terbaik sepanjang masa oleh Pele.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer