Sukses


4 Pemain asal Benua Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Mohammed Salah masuk dalam daftar pemain asal Afrika dengan gol terbanyak di Liga Champions. Pemain Liverpool asal Mesir sudah mengemas 41 gol di kompetisi klub paling elit di Benua Eropa.

Salah bergabung dalam daftar pencetak gol terbanyak asal Afrika di Liga Champions usai mencetak hat-trick ketika membawa Liverpool menang atas Rangers.

Bertanding di Ibrox Stadium, Kamis (13/10/2022) dini hari WIB, The Reds sukses mempermak tim tuan rumah dengan skor 7-1.

Mo Salah dan Roberto Firmino menjadi motor kemenangan Liverpool. Bermain sebagai pemain pengganti, tiga gol diciptakan Salah pada menit 76, 80, serta 81. Sedangkan, gol-gol Firmino tercipta di menit 24 dan 55.

Khusus Salah, berkat torehan tiga golnya ke gawang Rangers, membuatnya masuk pencetak gol terbanyak kedua asal Afrika di pentas Liga Champions melewati catatan Samuel Eto'o. Termasuk Salah, berikut empat pemain Afrika dengan gol terbanyak di Liga Champions.

2 dari 5 halaman

Sadio Mane

Sadio Mane mencetak 26 gol sepanjang karier di Liga Champions sejauh ini. Dari 26 gol itu, Sadio Mane mencetak 15 gol pada fase gugur.

Penyerang asal Senegal ini telah membuat beberapa kontribusi yang menakjubkan ketika berhasil membawa Liverpool dua kali melaju ke final. Pada musim 2018/2019, Sadio Mane membawa Liverpool menjadi juara dengan mengalahkan Tottenham di final.

3 dari 5 halaman

Samuel Eto'o

Legenda Kamerun itu sepanjang kariernya telah mencetak 33 gol di Liga Champions. Eto'o adalah pemain Afrika paling sukses dalam sejarah Liga Champions, setelah memenangkan gelar bergengsi ini sebanyak tiga kali.

Samuel Eto'o merasakan dua gelar juara bersama Barcelona. Di Barcelona, Samuel Eto'o punya kombinasi yang luar biasa dengan Lionel Messi dan Ronaldinho.

Lalu, Samuel Eto'o meraih satu gelar lainnya bersama Inter Milan pada 2010. Ketika itu, bersama Diego Milito, Eto'o menjadi andalan Jose Mourinho di lini serang.

4 dari 5 halaman

Mohamed Salah

Mohamed Salah ada di posisi kedua top skor Liga Champions asal Afrika. Salah menjadi kunci di balik konsistensi Liverpool di Liga Champions beberapa musim terakhir.

Bersama Liverpool, ia telah meraih beberapa trofi bergengsi, baik di level domestik maupun kompetisi antarklub top Eropa, yakni Liga Champions.

Jumlah gol Salah di Liga Champions menunjukkan betapat hebat dirinya. Berkat catatan hat-tricknya melawan Rangers, Salah mencetak 41 gol.

5 dari 5 halaman

Didier Drogba

Didier Drogba memiliki sejarah hebat di Liga Champions. Drogba menjadi pencetak gol terbanyak pemain Afrika di Liga Champions sampai saat ini.

Kiprahnya yang diingat pada ajang Liga Champions pada saat final di tahun 2012, saat Drogba mencetak gol penyeimbang di menit-menit akhir. Lalu, penalti Drogba yang menentukan Chelsea mengalahkan Bayern Munchen.

Sepanjang kariernya, Drogba telah mencetak 44 gol di Liga Champions bersama Chelsea, Olympique Marseille, dan Galatasaray.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan, Published 13/10/2022)

Video Populer

Foto Populer