Sukses


10 Bek Terbaik dan Tergarang di Dunia, Virgil Van Dijk Kehilangan Takhta

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris 2022/23 bukan musim yang hebat bagi Liverpool dan Virgil van Dijk sejauh ini. Di awal musim ini, The Reds masih terseok-seok di luar enam besar Liga Inggris.

Padahal dalam beberapa tahun terakhir, lini pertahanan Liverpool begitu kukuh. Andaikan Manchester City tidak memiliki kedalaman skuad yang hebat karena faktor uang klub, Liverpool bisa mendominasi Premier League.

Sayangnya, pada awal Premier League musim ini, gawang Liverpool begitu mudah kebobolan. Dari 11 laga di Liga Inggris, The Reds hanya meraih empat kemenangan, empat kali imbang, dan tiga kekalahan.

Dari hasil 11 laga tersebut, gawang Liverpool sudah kebobolan 13 gol, artinya lebih dari satu gol tiap pertandingan. Bahkan akhir pekan lalu, tim promosi Nottingham Forest mempermalukan Liverpool 1-0.

Apakah ini terjadi karena pertahanan Liverpool sedang begitu buruk? Lalu apakah Virgil van Dijk masih masuk daftar 10 bek terbaik di dunia saat ini?

 

2 dari 5 halaman

Kualitas Van Dijk Menurun?

Permainan Virgil Van Dijk di Liverpool mdnjadi sorotan. Bahkan, dia sudah disorot semenjak laga perdana Premier League kala Liverpool ditahan 2-2 oleh tuan rumah Fulham.

Pada laga Liga Champions, gawang Liverpool juga dibobol empat kali Napoli. Sebenarnya permainan Liverpool membaik dalam tiga pekan lalu saat menang tipis 1-0 atas Manchester City dan West Ham.

Akan tetapi, akhir pekan lalu, The Reds kembali takluk dari Nottingham Forest, saat Van Dijk mengawal lini pertahanan The Reds. Bek asal Belanda ini juga gagal memanfaatkan sejumlah peluang emas set-piece untuk menjadi gol.

 

3 dari 5 halaman

Posisi Van Dijk Melorot

Buruknya performa Liverpool juga membuat Van Dijk bukan lagi dianggap sebagai bek tengah terbaik dunia. Padahal posisi ini dia dapat di akhir musim lalu.

Melansir FourFourTwo, Van Dijk hanya menempati peringkat keempat bek terbaik dunia dari yang sebelumnya berada di posisi pertama. Tidak hanya Van Dijk yang posisinya melorot tetapi ada beberapa bek lainnya.

Bahkan nama-nama seperti Jules Kounde, Joel Matip, dan Kalidou Koulibaly yang sebelumnya masuk di peringkat 10 besar kini menghilang. Posisi mereka digantikan oleh Kim Min-Jae, Cristian Romero hingga William Saliba.

 

4 dari 5 halaman

10 Besar Bek Terbaik di Dunia

Berikut daftar peringkat 10 besar bek terbaik di dunia:

10. Kim Min-Jae (Napoli)

9. Cristian Romero (Tottenham Hotspur)

8. William Saliba (Arsenal)

7. Eder Militao (Real Madrid)

6. Dayot Upamecano (Bayern Munich)

5. Antonio Rudiger (Real Madrid)

4. Virgil van Dijk (Liverpool)

3. Ruben Dias (Manchester City)

2. Marquinhos (Paris Saint-Germain)

1. David Alaba (Real Madrid)

 

 

 

5 dari 5 halaman

Alaba Gantikan Van Dijk

Pemain Real Madrid, David Alaba, kini menggantikan posisi Virgil van Dijk sebagai bek terbaik di dunia nomor wahid. Bahkan, ada tiga nama bek Real Madri yang masuk peringkat 10 besar termasuk Antonio Rudiger serta Eder Militao.

Tidak hanya Alaba, posisi Van Dijk juga disalip sejumlah bek ternama. Ada bek PSG Marquinhos serta pemain Manchester City Ruben Dias yang kemampuannya dianggap lebih hebat dari Van Dijk.

Video Populer

Foto Populer