Sukses


Liga Champions: Liverpool Nyaman Banget Tampil dengan Formasi 4-3-3

Bola.com, Liverpool - Liverpool berhasil meraih kemenangan dua gol tanpa balas atas Napoli pada laga keenam Grup A Liga Champions, Rabu (2/11/2022) dini hari WIB. Hasil positif itu didapat The Reds karena kembali ke pakem awal, yakni formasi 4-3-3.

Duel yang digelar di Stadion Anfield tersebut sebenarnya tidak begitu krusial bagi kedua tim. Baik Napoli maupun Liverpool sudah sama-sama mengantongi tiket lolos ke-16 besar Liga Champions. Namun, status juara grup masih bisa diperebutkan.

The Reds harus menang dengan selisih empat gol jika ingin menggusur Napoli dari puncak Grup A. Akan tetapi, mereka hanya menang dua gol tanpa balas atas Napoli.

Sepasang gol Liverpool disarangkan Mohamed Salah pada menit ke-85 dan Darwin Nunez menit ke-90+8.

Meski hanya finis di posisi runner-up, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, puas dengan performa timnya secara keseluruhan, khususnya dengan perubahan di lini serang.

2 dari 5 halaman

Nyaman dengan Taktik 4-3-3

Klopp coba mengutak-atik formasi Liverpool pada pertandingan ini. Lini serang diubah, Darwin Nunez dicadangkan, Firmino turun sebagai striker sentral, Salah di sisi kanan seperti biasa, dan Curtis Jones di sisi kiri.

Liverpool sudah cukup lama tidak bermain dengan formasi 4-3-3 murni karena harus mengakomodasi keberadaan Firmino dan Nunez di lapangan. Eksperimen kali ini pun tampak memuaskan.

"Kami paling sering bermain dengan sistem 4-3-3. Gaya main itu lebih familier bagi kami. Kami bisa bermain lebih baik dan bisa bertahan lebih baik dengan sistem tersebut," ujar Klopp di situs resmi Liverpool.

"Akhir-akhir ini kami jarang menggunakan formasi itu ketika bermain, karena itulah kami harus membuat sejumlah penyesuaian."

 

3 dari 5 halaman

Darwin masuk dan cetak gol

Eksperimen Klopp tidak hanya berhenti di formasi tersebut. Pada babak kedua, Darwin Nunez diturunkan dan formasi tim berubah menjadi 4-4-2 Diamond. Perubahan dinamika di lapangan cukup signifikan.

"Pilihan itu selalu ada bagi kami, tapi bukan berarti kami akan terus bermain dengan formasi 4-3-3 mulai sekarang dan seterusnya," lanjut Klopp.

"Darwin masuk dan sebenarnya tidak ada masalah di sisi ofensif, tidak banyak perbedaan dengan formasi diamond. Namun, perbedaanya terlihat besar di sisi defensif."

"Kami hanya perlu mencari tahu apa yang terbaik bagi kami dan pemain mana yang harus bermain," ucap Jurgen Klopp.

 

4 dari 5 halaman

Hasil Liga Champions 2 November 2022 Grup A

Grup A

  • Liverpool 2-0 Napoli
  • Rangers 1-3 Ajax

Grup B

  • Porto 2-1 Atletico Madrid
  • Bayer Leverkusen 0-0 Club Brugge

Grup C

  • Bayern Munchen 2-0 Inter Milan
  • Viktoria Plzen 2-4 Barcelona

Grup D

  • Sporting Lisbon 1-2 Eintracht Frankfurt
  • Marseille 1-2 Tottenham Hotspur

Sumber: Liverpool

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas/Published: 02/11/2022)

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Liverpool di Liga Champions:

Video Populer

Foto Populer