Sukses


AC Milan Lolos Lagi ke 16 Besar Liga Champions, Paolo Maldini Terharu

Bola.com, Jakarta - AC Milan menutup fase grup Liga Champions 2022/2023 dengan manis. Rossoneri menang 4-0 atas FC Salzbrurg, Kamis (3/11/2022) dini hari WIB.

Kemenangan itu pun membuat AC Milan mengunci posisi runner-up Grup E dengan 10 poin. Milan hanya tertinggal tiga poin dari Chelsea.

Keberhasilan ini membuat direktur olahraga AC Milan, Paolo Maldini, sangat terharu. Maldini ingat betul bagaimana Milan membangun kembali kekuatan dalam empat tahun terakhir.

“Kami memulai proyek ini empat tahun lalu. Ini adalah tahun yang harus kami dorong dengan keras. Kami ingin menjadi protagonis di Italia untuk kemudian kembali memiliki dimensi Eropa yang selalu dinikmati Milan secara historis," kata Maldini dilansir dari Football Italia.

2 dari 5 halaman

Perjalanan Tidak Mudah

Proses yang harus dilalui AC Milan tidaklah mudah. Mereka harus selektif dalam membeli pemain. Rossoneri tak bisa mendatangkan sembarangan pemain dengan harga yang mahal.

Paolo Maldini pun menatap apa yang terjadi di babak 16 besar Liga Champions musim ini. Namun, ia merasa Milan tetap menjadi tim kuda hitam di babak 16 besar nanti.

“Ini tidak mudah, karena kami jauh dari yang lain dalam hal ekonomi, tapi saya masih berpikir Milan akan menjadi kuda hitam dalam undian babak 16 besar," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Tim Muda

Ada satu hal lagi yang membuat Paolo Maldini bangga. AC Milan saat ini banyak diperkuat pemain muda.

Skuad asuhan Stefano Pioli itu ada Rafael Leao, Sandro Tonali, Fikayo Tomori, Brahim Diaz, dan beberapa pemain penting Milan yang lain masih berusia di bawah 25 tahun.

“Kami senang, tim ini masih muda, tapi makin matang," ujarnya.

Maldini pun punya harapan besar dengan skuad muda Rossoneri. Beberapa tahun ke depan, ia berharap Milan meraih gelar yang lebih bergengsi lagi.

"Mungkin dua tahun lagi kami akan lebih merayakan hasil ini, tapi saya pikir itu pertanda yang sangat baik tentang bagaimana ambisi kami telah berubah," tandasnya.

4 dari 5 halaman

Pertama Sejak 2013/2014

Sudah sangat lama sejak terakhir kali AC Milan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Terakhir kali itu terjadi pada musim 2013/2014 silam.

Saat itu, Rossoneri menghadapi Atletico Madrid di babak 16 besar. Milan kalah dengan agregat cukup telak 1-5. Ketika itu AC Milan masih diperkuat para pemain yang kini bahkan sudah pensiun, sebut saja Ricardo Kaka

Setelah musim 2013/2014, AC Milan memang terus mengalami penurunan. Bahkan, mereka sempat menjalani beberapa musim tanpa merasakan kompetisi Eropa.

5 dari 5 halaman

Posisi AC Milan di Liga Champions 2022/2023

Video Populer

Foto Populer